EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SPINNING WHEEL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36861Keywords:
Media Spinning Wheel , Maharah Kitabah, EfektivitasAbstract
Berdasarkan observasi peneliti, permasalahan yang teridentifikasi di MAN 9 kelas 11 Jakarta Timur adalah rendahnya kemampuan menulis dan guru kurang inovatif dalam penggunaan media pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penggunaan media pembelajaran Spinning Wheel dalam pembelajaran maharah kitabah dan untuk mengetahui seberapa jauh efektivitas penggunaan media pembelajaran Spinning Wheel dalam pembelajaran maharah kitabah Bahasa Arab untuk siswa kelas 11 MAN 9 Jakarta Timur. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif.Adapun sampel data dari penelitian ini berjumlah 35 siswa dari kelas 11A yang seluruhnya berjumlah 214 Siswa. Peneliti mengadakan pre-test untuk mengetahui kemampuan awal mereka dalam pembelajaran maharah kitabah, dan post-test untuk mengetahui kemampuan mereka terhadap maharah kitabah setelah selesainya pembelajaran menggunakan media Spinning Wheel. Peneliti memilih t-test untuk mengetahui tingkat keefektifitasan belajar peserta didik dalam pembelajaran maharah kitabah menggunakan media pembelajaran ini. Penelitian ini menghasilkan perbedaan dalam perhitungan statistik antara nilai rata-rata Pre-test dan nilai rata-rata Post-test dengan menggunakan media Spinning Wheel pada siswa kelas 11A, dilihat dari nilai rata-rata pre-test sebesar 54,2857 dan nilai rata-rata Post-test 84,1429. Dan dari data tersebut dapat diketahui bahwa nilai t hitung sebesar 23,180 dan nilai t tabel yaitu 1.69092 dari hasil penelitian tersebut diketahui (Ha) diterima dan (H0) ditolak.Oleh karena itu,dapat disimpulkan bahwa pengajaran maharah kitabah dengan menggunakan media Spinning Wheel ini Efektif.References
Abd al-Rahman ‘Abd Latif al-Dihan, Mamduh Nur al-Din ‘Abd Rabb al-Nabiy, Mudakkirah fi Tadris al-Kitabah, (Jakarta : Ma’had al-Ulum al-Islamiyah wa al-Arabiyah bi Indunisiya, tt.
Amalia, Z. L. (2020). Pengembangan Media Aksi Roda Berputar (Si Rotar) untuk Pembelajaran Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA. Ejournal Unesa, 6(1), 1-11.
Anshor, A. M. (2009). Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode-metodenya. Yogyakarta: Teras.
Arbiah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Spinning Wheel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ski Kelas Iv Mi Al-Madaniyah Jempong Mataram Tahun 2020/2021 (Doctoral dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram).
Arikunto, Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Azizah, S. L. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Permainan Spinning Wheel Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Penguasaan Jumlah Ismiiyyah (Penelitian Eksperimen di MIN 25 Aceh Besar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry).
Dr. H. Dalman, M. (2021). Keterampilan Menulis. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.
Fakhrurrozi, Aziz, and Erta Mahyudin. “Pembelajaran Bahasa Arab,” 2nd ed., 347. jakarta pusat: Direktoral Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama, 2012.
Fauzi, M. (2020). Peningkatan Maharah Kitabah dengan pembelajaran kaligrafi: Bgaimana Relevansinya. Jurnal keislaman dan pendidikan, 13(2).
Fauziah, E. R. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Berbasis dengan Menggunakan Media Puzzle. Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 5(1), 24-32.
Hasan Syahatah, Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah Baina an-Nazhariyyah wa al-Tathbiq, alQahirah: al-Dar al-Mashriyah al-Lubnaniyah, 2002.
Henry Guntur Tarigan. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung : Angkasa
Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Khairunnisa, W. (2017). Pengembangan Media Permainan Roda Putar Berbasis Website Untuk Keterampilan Membaca Bahasa Prancis Siswa Kelas XI SMA AngkasaAdisutjipto. Skripsi.Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Yogyakarta.
Khalilullah, M. (2012). Media Pembelajaran bahasa Arab. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Mahmud Kamil an-Naqah, Ta’lim Lughah al-Arabiyah Lin-Naatiqin bilughatin Ukhra, Mekkah: Jamiah Ummul Qura, 1985.
Muna, F. K. (2023). Penggunaan Media Spinning Wheel Pada Pembelajaran Maharah Kalam (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan).
Munawarah, M., & Zulkiflih, Z. (2021). Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) dalam Bahasa Arab. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 22-34.
Muradi, A. (2016). Pembelajaran Menulis Bahasa Arab: Dalam Perspektif Komunikatif. Prenada Media.
Mustofa, S. (2011). Strategi pembelajaran bahasa Arab inovatif. UIN-Maliki Press.
Najwa Lutfiah (2023). Metode Pembelajaran Writing yang Paling Tepat.Diakses pada 25/10/2023, dari https://takterlihat.com/artikel-tentang-metode-pembelajaran-writing-yang-paling-tepat/
Pratiwi, N. N. A., & Suhartono, S. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN RODA BERPUTAR TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMAN 2 TRENGGALEK.
Purnama, W. W. (2021). Penggunaan media Spinning Wheel dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan kosa kata bahasa Arab siswa:Studi Quasi Eksperimen di kelas 8 Madrasah Tsanawiyah Ar-Raudloh Cileunyi Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Qori’ah, E. E., & Abdul, M. (2023). Penggunaan Media Instagram@ Arabiyahtalk Dalam Maharah Kitabah Mahasiswa Bahasa Arab. Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 11(1), 225-237.
Ratni Dewi Sawitri (2023).Keterampilan Menulis.Diakses pada 10/05/2023, dari https://parboaboa.com/keterampilan-menulis
Sa’diyah, H. (2021). Peluang Pembelajaran Maharah Al-Kitabah Berbantu Media Whatsapp bagi Mahasiswa di Masa Daring. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4 (1), 1–16.
Simbolon, R. (2019). Penggunaan roda pintar untuk kemampuan membaca anak. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(2), 66-71.
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2011). Instructional Technology and Media for Learning (9th ed.). Pearson Education.
Subakti, H. (2024). Hasil belajar muatan bahasa indonesia tema lingkungan sahabat menggunakan media spinning wheel kelas v sdn 007 samarinda ulu. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 192-206.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syahrani, A., Susilawati, S., & Hernawati, K. (2023). Penggunaan Media Spinning Wheel untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 27-35.
Tarigan, H.G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wati, Ega Rima. (2016). Strategi Pembelajaran di Abad 21. Jakarta: Bumi Aksara.
Wulansari, Y., & Durinta, P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Roda Pintar Pada Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Kelas XI. Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP). Unesa, 5(1).
Yusuf, Y., Ibrahim, R., & Iskandar, D. (2017). Keterampilan menulis: pengantar pencapaian kemampuan epistemik. Syiah Kuala University Press.
Zulhannan, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif, Jakarta : Rajawali Pers,
Puspitasari, Yuliana, Fatwa Arifah, and Andri Ilham. "????? ??????? ????????? ???? ??????? ???????? ???? ????? (Spinning Wheel)." 'ARABIYYA: JURNAL STUDI BAHASA ARAB 12.02 (2023): 284-289.
Munawaroh, S. F. Fa'aliyah Istikhdam Wasilah'Ajalah al-Dawwarah (Spinning Wheel) fi Ta'lim al-Mufradat lada Talamidz al-Shaff al-Rabi'bi Madrasah Ruhama al-Ibtida'iyyah al-Islamiyah Ciputat (Bachelor's thesis, Jaktarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Niswah, Isniyatun. "????? ????? ????? ?????? ????? ??????? ??????? ????? ??????" ??????" ?? ?????? ???????? ?????? ???? ????? ???????: Penerapan Pembelajaran Nahwu dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Santri Kelas 2 Ibtida’Madrasah Diniyyah di Pondok Pesantren Walisongo Cukir Jombang." FASHOHAH: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab 3.2 (2023): 98-103.
Diakses dari https://penerbitdeepublish.com/hipotesis-statistik/ pada tanggal 10 maret 2023
Sugiyono, D. (2020). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Arikunto, S. (2017). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. (No Title).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anisah Eka Aulia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.