IMPLEMENTASI KEGIATAN MARKET DAY DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK-IT AL-HIKMAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37510Keywords:
Anak Usia 5-6 tahun, Perkembangan Sosial, Kegiatan Market DayAbstract
Perkembangan anak usia dini akan mempengaruhi periode berikutnya yaitu pencapaian kematangan dalam hubungan bermakhluk sosial. Kegiatan market day adalah kegiatan jual beli yang merupakan perwujudan dari manusia sebagai makhluk sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kegiatan market day di TK-IT Al-Hikmah, menjelaskan kondisi perkembangan sosial anak di TK-IT Al-Hikmah, dan menjelaskan implementasi kegiatan market day dalam meningkatkan perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK-IT Al-Hikmah.Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan: kegiatan market day di TK-IT Al-Hikmah berupa kegiatan jual beli yang dilakukan oleh anak didik secara langsung dengan menjual macam-macam makanan kepada teman, guru maupun pihak lainnya seperti wali murid. Adapun kondisi perkembangan sosial yang tumbuh dalam anak didik TK-IT Al-Hikmah terlihat melalui sikap bersosialisasi dan komunikasi, bekerja sama, bersabar, bertanggung jawab, peduli dan menghargai orang lain. Dan dalam implementasinya kegiatan market day di TK-IT Al-Hikmah dalam meningkatkan perkembangan sosial dilaksanakan dengan menggunakan metode pembiasaan yang diterapkan.Dengan prinsip bermain sambil belajar, pengalaman langsung dan pembelajaran PAKEM.References
Choiriyah, Annisa’i. 2016. “Model Pembelajaran Pengalaman Langsung Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti.” Nur El- Islam 3(2). https://www.neliti.com/publications/226425/model-pembelajaran- pengalaman-langsung-dalam-meningkatkan-pembelajaran-pendidika.
Dachlan, abd malik, Nasrul Fuad Erfansyah, and Taseman. 2019. Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish.
Departemen Agama RI. 2019. Mushaf Hafalan Ustmani Madinah. Bekasi: Maana Publishing.
El-Khairity, Enno. 2018. “Menghafal Hadis Pendek.” In Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan.
Hayati, Sholatul. 2018. Tangkas Fisik-Motorik Dengan Permainan Tradisional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hidayati, Sri. 2021. Srategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Kanaka Media. Hildayani, Rini, and dkk. 2008. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hurlock, Elizabeth B. 2015. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Leksono, Ibut Priono. 2014. “Implikasi Penerapan PAIKEM Dalam Proses Pembelajaran. https://scholar.google.com/scholar?q=related:zfpmXaAhNm0J:scholar.google.com/ &scioq=implikasi+penerapan+paikem+dalam+proses+pembelajaran&hl=id&as_sdt=0,5.
Lestariningrum, Anik. 2017. Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Nganjuk: Anjie Media Nusantara.
Mahmud. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Nugraha, Ali, and Yeni Rachmawati. 2008. Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurdyansyah, and Eni Fariyatul Fahyuni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamial Learning Center.
Putri, Vian Andri Bimantari. 2020. “Implementasi Program Market Day Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Di MTs Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo.” UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/42572/ (November 21, 2021).
Rasjid, Sulaiman. 2013. Fiqh Islam. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sohari, A. Djalil Afif, and M Syafi’i. 2006. Hadis Tematik. Jakarta: Diadit Media. Susanto, Ahmad. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai
Aspeknya. Jakarta: Kencana.
Suyanto, Agus. 1981. Bimbingan Ke Arah Belajar Sukses. Jakarta: Aksara Baru. Wahyuni, Fitri. 2020. “Bermain Dan Belajar Pada Anak Usia Dini.” Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan 15(1). https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/adabiya/article/view/257.
Wiyani, Novan Ardy. 2017. Mengelola & Mengembangkan Kecerdasan Sosial & Emosi Anak Usia Ddini. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Is Nurhayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.