MENGINTEGRASIKAN LITERASI FISIOLOGI HEWAN DALAM KURIKULUM SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SAINS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36780Keywords:
Literasi, Fisiologi Hewan, Kurikulum, Minat, Pembelajaran SainsAbstract
Problematika dalam integrasi literasi fisiologi hewan dalam kurikulum sekolah berfokus pada beberapa kendala utama. Pertama, keterbatasan fasilitas dan sumber daya menjadi penghalang bagi banyak sekolah, khususnya yang berada di daerah atau dengan anggaran terbatas. Banyak sekolah belum memiliki laboratorium yang memadai atau akses ke teknologi pembelajaran interaktif yang diperlukan untuk mendalami fisiologi hewan secara praktis. Kedua, keterbatasan pelatihan bagi guru dalam memahami dan mengajarkan topik-topik fisiologi hewan mengurangi efektivitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan library research atau penelitian kepustakaan. Sumber data utama penelitian ini terdiri dari artikel jurnal ilmiah dan laporan hasil penelitian yang telah dipublikasikan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1). Bentuk integrasi literasi fisiologi hewan dalam kurikulum sekolah adalah literasi fisiologi hewan dapat diintegrasikan melalui metode pembelajaran berbasis proyek dan modul sains yang berfokus pada observasi langsung dan contoh nyata, seperti studi sistem tubuh hewan, untuk meningkatkan ketertarikan siswa pada sains. 2). Strategi mengintegrasikan literasi fisiologi hewan dalam kurikulum sekolah adalah mencakup kolaborasi dengan kebun binatang atau pusat penelitian, penggunaan teknologi interaktif, dan pelatihan guru. Pendekatan ini membuat pembelajaran lebih menarik dan relevan bagi siswa. 3). Tantangan mengintegrasikan literasi fisiologi hewan dalam kurikulum sekolah mencakup keterbatasan sumber daya, kurangnya pelatihan guru, dan waktu kurikulum yang padat. Solusi yang disarankan termasuk kolaborasi dengan institusi eksternal untuk memperkaya pembelajaran tanpa menambah beban biaya besar.References
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561
Ahied, M., Muharrami, L., Fikriyah, A., & Rosidi, I. (2020). Improving Students’ Scientific Literacy Through Distance Learning with Augmented Reality-Based Multimedia Amid the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 499-511. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.26123
Anggreni, L., Jampel, I., & Diputra, K. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Penilaian Portofolio Terhadap Literasi Sains. Mimbar Ilmu, 25(1), 41. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24475
Aqil, D. (2017). Literasi Sains Sebagai Konsep Pembelajaran Buku Ajar Biologi di Sekolah. Wacana Didaktika, 5(02), 160. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.v5i02.59
Avikasari, A., Rukayah, R., & Indriayu, M. (2018). The Influence of Science Literacy-Based Teaching Material Towards Science Achievement. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 7(3), 182. https://doi.org/10.11591/ijere.v7i3.14033
Awwalina, N., & Indana, S. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis QR Code untuk Melatihkan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA pada Materi Ekosistem. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 11(3), 712-721. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n3.p712-721
Basuni, H., Khairari, N., Farlina, B., & Junardi, H. (2022). Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa tentang Anatomi Fisiologi Tubuh Manusia. PHJ, 19(2), 92-96. https://doi.org/10.59802/phj.202219293
Damayanti, D. (2023). Evaluasi Efektivitas Penggunaan Teknologi Komunikasi dalam Pengajaran Metode Pendidikan Tradisional di Sekolah Dasar. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 208-219. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i1.130
Declara, D. (2024). Implementasi Pendidikan Hak Asasi Manusia Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. PGSD, 1(3), 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.471
Fatimah, I. (2023). Program Literasi Digital sebagai Upaya Mengembangkan Budaya Literasi di SMP. Jurnal Basicedu, 7(6), 3535-3547. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.5838
Gumilar, G., Rosid, D., Sumardjoko, B., & Erviana, V. (2023). Urgensi Penggantian Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 148-155. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4528
Hastapatria, E. (2023). Peningkatan Efisiensi Pembelajaran Mandiri Anatomi Veteriner dengan Bantuan Teknologi Virtual. Jurnal Veteriner, 24(4), 515-524. https://doi.org/10.19087/jveteriner.2023.24.4.515
Husna, A. (2023). Analisis Kesulitan Guru Selama Proses Pembelajaran pada Saat Pergantian Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 3018-3026. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5799
Lai, H., & Wei, D. (2013). Collaboration Between Teachers and Librarians for Information Literacy Curriculum: A Case Study of a Hong Kong Secondary School. Journal of Studies in Education, 3(3), 75. https://doi.org/10.5296/jse.v3i3.3859
Latip, A., & Permanasari, A. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains untuk Siswa SMP pada Tema Teknologi. Edusains, 7(2). https://doi.org/10.15408/es.v7i2.1761
Latip, A., Rahmaniar, A., Burhanudin, B., & Permatasari, D. (2021). Analisis Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru IPA Tingkat Pertama Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan SMA dan SMK. Phenomenon Jurnal Pendidikan MIPA, 11(2), 189-202. https://doi.org/10.21580/phen.2021.11.2.9667
Leasa, M. (2023). Pendampingan Kurikulum Merdeka bagi Guru SD dan SMP di Negeri Sanahu, Kabupaten Seram Bagian Barat. Ajad: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3). https://doi.org/10.59431/ajad.v3i3.211
Mahendra, Y. (2024). The Role of School Libraries in Enhancing the Interest and Initial Reading Abilities of Elementary School Students. West Science Interdisciplinary Studies, 2(03), 495-501. https://doi.org/10.58812/wsis.v2i03.693
Maya. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran. https://doi.org/10.31219/osf.io/erkh7
Meyanti, I. (2023). Tuntutan Digital Literasi pada Kurikulum Pendidikan IPS. Media Komunikasi FPIPS, 22(2), 115-122. https://doi.org/10.23887/mkfis.v22i2.62514
Putra, I., Nasrulloh, M., Aini, A., Naajichiyyah, L., & Fitriyah, L. (2021). Sosialisasi Gerakan Literasi bagi Siswa di MI Roudhotul Ulum 1 Desa Brangkal untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa dalam Membaca. Un-Penmas, 1(1), 16-22. https://doi.org/10.29138/un-penmas.v1i1.1584
Riza, F. (2023). Membangun Kecerdasan Emosional Siswa SMK untuk Menjawab Tantangan Industri Modern. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 8(4), 940. https://doi.org/10.28926/briliant.v8i4.1643
Setiawan, B., Innatesari, D., Sabtiawan, W., & Sudarmin, S. (2017). The Development of Local Wisdom-Based Natural Science Module to Improve Science Literation of Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.9595
Setiawan, I., Putra, R., & Sugiartawan, P. (2023). Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Klasifikasi Hewan untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(3), 588-598. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.56641
Shabrina, L. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916-924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041
Sijabat, D., & Djayanto, A. (2022). Pengembangan Aplikasi Penunjang Pembelajaran Hewan pada Buku Kelas IV Menggunakan Teknologi Augmented Reality. J-Intech, 10(1), 30-36. https://doi.org/10.32664/j-intech.v10i1.674
Sugiana, A. (2018). Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum di Indonesia. El-Hikmah: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 12(1), 91-103. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v12i1.229
Togia, A., Korobili, S., Malliari, A., & Nitsos, I. (2014). Teachers’ Views of Information Literacy Practices in Secondary Education: A Qualitative Study in the Greek Educational Setting. Journal of Librarianship and Information Science, 47(3), 226-241. https://doi.org/10.1177/0961000614532485
Zukmadini, A., Karyadi, B., & Rochman, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Workshop Model Integrasi Terpadu Literasi Sains dan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPA. Publikasi Pendidikan, 11(2), 107. https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.18378
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zulvia Maika Letis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.