EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN KIMIA

Authors

  • Fatwa Patimah Nursa’adah Universitas Indraprasta PGRI
  • Novrita Mulya Rosa Universitas Indraprasta PGRI
  • Silvia Septhiani Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39142

Keywords:

Diskusi, Pembelajaran Kimia, Pemahaman Konsep, Berpikir Kritis, Partisipasi Siswa, Motivasi Belajar, Efektivitas Metode, Strategi Pembelajaran.

Abstract

Efektivitas metode diskusi dalam pembelajaran kimia telah banyak diakui karena meningkatkan pemahaman konsep yang kompleks, keterampilan berpikir kritis, partisipasi, dan motivasi siswa. Metode ini menciptakan lingkungan belajar interaktif di mana siswa saling bertukar ide dan mengklarifikasi pemahaman secara kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa, dengan skor post-test meningkat rata-rata 30%. Selain itu, keterampilan berpikir kritis siswa juga berkembang melalui analisis dan penyelesaian masalah kimia. Tingkat partisipasi mencapai 90%, mencerminkan keterlibatan aktif dan motivasi tinggi. Namun, tantangan seperti kesenjangan partisipasi dan keterbatasan waktu ditemukan. Peran guru sebagai fasilitator sangat penting untuk memastikan diskusi berjalan efektif. Panduan yang terstruktur dan manajemen waktu yang baik dapat mengatasi hambatan ini. Secara keseluruhan, metode diskusi merupakan strategi yang sangat efektif untuk memperdalam pemahaman konsep kimia dan mempromosikan pembelajaran kolaboratif dan dinamis.

References

Ahmad, F. , R. A. , &, & Syamsuddin, M. (2022). The Effectiveness of Discussion Methods in Enhancing Students’ Conceptual Understanding in Chemistry. Journal of Chemical Education Research, 10(2), 112–121. Journal of Chemical Education Research, , 10(2), 112–121.

Aji, L. S., Susiani, T. S., & Joharman, J. J. (2020). PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN KUTOWINANGUN TAHUN AJARAN 2019/2020. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v8i2.38913

Al Idrus, S. W., Purwoko, A. A., Hadisaputra, S., & Junaidi, E. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Lingkungan Berbasis Green Chemistry Pada Mata Kuliah Kimia Lngkungan. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 541–547. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.2171

Ariwibowo, B., Prasetyani, H., Atika, A., & Marlis, A. (2021). Urgensi self-directed learning dan komunikasi peserta didik pada virtual based learning. Taman Vokasi, 9(2), 133–139. https://doi.org/10.30738/jtvok.v9i2.11403

Donasari, A., & Silaban, R. (2021a). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 3(1), 86. https://doi.org/10.24114/jipk.v3i1.23056

Donasari, A., & Silaban, R. (2021b). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 3(1), 86. https://doi.org/10.24114/jipk.v3i1.23056

Handayani, R., Saharudin, S., Mustopa, A. M. Z., & Trikandi, S. (2022). Teachers’ Experiences in Evaluating Learning Process: A Case Study of Online Learning. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 2061. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2802

Hardjo, F. N., Permanasari, A., & Permana, I. (2019). MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS 7 MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI MENGGUNAKAN BAHAN AJAR BERBASIS PROYEK PADA MATERI ENERGI. JOURNAL OF SCIENCE EDUCATION AND PRACTICE, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.33751/jsep.v2i2.1393

Herlina, H. (2020). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning di Kelas X SMAN 7 Rejang Lebong. PENDIPA Journal of Science Education, 4(1), 24–30. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.1.24-30

Khainingsih, F. G., Maimunah, M., & Roza, Y. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 266. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2566

Kusuma, A. C., & Mujiono, D. S. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 4(2), 102–114. https://doi.org/10.15642/jrpm.2019.4.2.102-114

Marjasuwati, M. (2021). Peningkatan pembelajaran keterampilan berbicara melalui media gambar seri. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 90. https://doi.org/10.29210/02943jpgi0005

Menrisal, M., & Wijaya, I. (2022). Pengembangan aplikasi media pembelajaran perangkat komputer berbasis augmented reality (AR). Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 10(1), 119. https://doi.org/10.29210/177400

Mirja, H. (2022). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 MANDAU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING GUIDE. Perspektif Ilmu Pendidikan, 36(2), 129–133. https://doi.org/10.21009/PIP.362.4

Nindy Frima Yonansa, E., Kusairi, S., & Suwasono, P. (2021). Pengembangan media pembelajaran video teranimasi pada materi elastisitas untuk siswa kelas X SMA. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 1(8), 639–648. https://doi.org/10.17977/um067v1i8p639-648

Nuraeni, N. (2014). STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI. Prisma Sains?: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 2(2), 143. https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i2.1069

Octavia, V., Narti, S., & Indria, I. (2023). Teachers’ Efforts In Creating Effective Face-To-Face Learning Communications During The PPKM Era. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 3(1). https://doi.org/10.53697/iso.v3i1.1158

Oktavia, F., & Alfurqan, A. (2021). Analisi Pemanfaatan Media Pembelajaran TIK Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. An-Nuha, 1(2), 60–68. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i2.31

Panjaitan, R. Y., Sirait, J., Saragih, V. R., Gusar, M. R. S., & Tambunan, M. A. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(02), 153–163. https://doi.org/10.47709/jbsi.v2i02.1839

Rukajat, A., Gusniar, I. N., & Abas, T. T. (2022). Workshop Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Duren Kabupaten Karawang. Al-DYAS, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.58578/aldyas.v1i1.569

Sawitri Pratiwi, N. Pt. D., Putra, Md., & Sastra Agustika, Gst. N. (2020a). Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Multimedia terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 33. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24277

Sawitri Pratiwi, N. Pt. D., Putra, Md., & Sastra Agustika, Gst. N. (2020b). Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Multimedia terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 33. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24277

Sholihah, N. U., Sadieda, L. U., & Sutini, S. (2021). Kemampuan Argumentasi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Pembuktian Kongruensi Segitiga Ditinjau dari Perbedaan Gender. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(1), 24–38. https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.1.24-38

Silaban, R., Panggabean, F. T. M., Simanjuntak, H., & Sihombing, D. F. P. (2022). ANDROID-BASED LEARNING MEDIA ON STUDENTS’ LEARNING OUTCOMES ON THERMOCYMIA MATERIALS. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 10(3), 142–152. https://doi.org/10.31957/jipi.v10i3.2411

Supadmi, N. L., Wiratma, I. G. L., & Merta, L. M. (2017). PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MIA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(2), 48. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i2.12811

Susilo, A. , &, & Hartanti, R. (2021). Implementasi Metode Diskusi dalam Pembelajaran Kimia: Studi Kasus di SMA Negeri 1 Bandung. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(3), 245–255. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, , 4(3), 245–255.

Widaraeni, F. S., & Vivianti. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Augmented Reality Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. TEMATIK, 8(2), 186–201. https://doi.org/10.38204/tematik.v8i2.685

Widiastuti, S. (2022). Pembelajaran Sosial Emosional dalam Domain Pendidikan: Implementasi dan Asesmen. JUPE?: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4). https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4427

Downloads

Published

2024-12-13

How to Cite

Nursa’adah, F. P. ., Rosa, N. M. ., & Septhiani, S. . (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN KIMIA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 17667–17675. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39142

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.