EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN KIMIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39142Keywords:
Diskusi, Pembelajaran Kimia, Pemahaman Konsep, Berpikir Kritis, Partisipasi Siswa, Motivasi Belajar, Efektivitas Metode, Strategi Pembelajaran.Abstract
Efektivitas metode diskusi dalam pembelajaran kimia telah banyak diakui karena meningkatkan pemahaman konsep yang kompleks, keterampilan berpikir kritis, partisipasi, dan motivasi siswa. Metode ini menciptakan lingkungan belajar interaktif di mana siswa saling bertukar ide dan mengklarifikasi pemahaman secara kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa, dengan skor post-test meningkat rata-rata 30%. Selain itu, keterampilan berpikir kritis siswa juga berkembang melalui analisis dan penyelesaian masalah kimia. Tingkat partisipasi mencapai 90%, mencerminkan keterlibatan aktif dan motivasi tinggi. Namun, tantangan seperti kesenjangan partisipasi dan keterbatasan waktu ditemukan. Peran guru sebagai fasilitator sangat penting untuk memastikan diskusi berjalan efektif. Panduan yang terstruktur dan manajemen waktu yang baik dapat mengatasi hambatan ini. Secara keseluruhan, metode diskusi merupakan strategi yang sangat efektif untuk memperdalam pemahaman konsep kimia dan mempromosikan pembelajaran kolaboratif dan dinamis.References
Ahmad, F. , R. A. , &, & Syamsuddin, M. (2022). The Effectiveness of Discussion Methods in Enhancing Students’ Conceptual Understanding in Chemistry. Journal of Chemical Education Research, 10(2), 112–121. Journal of Chemical Education Research, , 10(2), 112–121.
Aji, L. S., Susiani, T. S., & Joharman, J. J. (2020). PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN KUTOWINANGUN TAHUN AJARAN 2019/2020. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v8i2.38913
Al Idrus, S. W., Purwoko, A. A., Hadisaputra, S., & Junaidi, E. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Lingkungan Berbasis Green Chemistry Pada Mata Kuliah Kimia Lngkungan. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 541–547. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.2171
Ariwibowo, B., Prasetyani, H., Atika, A., & Marlis, A. (2021). Urgensi self-directed learning dan komunikasi peserta didik pada virtual based learning. Taman Vokasi, 9(2), 133–139. https://doi.org/10.30738/jtvok.v9i2.11403
Donasari, A., & Silaban, R. (2021a). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 3(1), 86. https://doi.org/10.24114/jipk.v3i1.23056
Donasari, A., & Silaban, R. (2021b). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 3(1), 86. https://doi.org/10.24114/jipk.v3i1.23056
Handayani, R., Saharudin, S., Mustopa, A. M. Z., & Trikandi, S. (2022). Teachers’ Experiences in Evaluating Learning Process: A Case Study of Online Learning. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 2061. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2802
Hardjo, F. N., Permanasari, A., & Permana, I. (2019). MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS 7 MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI MENGGUNAKAN BAHAN AJAR BERBASIS PROYEK PADA MATERI ENERGI. JOURNAL OF SCIENCE EDUCATION AND PRACTICE, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.33751/jsep.v2i2.1393
Herlina, H. (2020). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning di Kelas X SMAN 7 Rejang Lebong. PENDIPA Journal of Science Education, 4(1), 24–30. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.1.24-30
Khainingsih, F. G., Maimunah, M., & Roza, Y. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 266. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2566
Kusuma, A. C., & Mujiono, D. S. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 4(2), 102–114. https://doi.org/10.15642/jrpm.2019.4.2.102-114
Marjasuwati, M. (2021). Peningkatan pembelajaran keterampilan berbicara melalui media gambar seri. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 90. https://doi.org/10.29210/02943jpgi0005
Menrisal, M., & Wijaya, I. (2022). Pengembangan aplikasi media pembelajaran perangkat komputer berbasis augmented reality (AR). Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 10(1), 119. https://doi.org/10.29210/177400
Mirja, H. (2022). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 MANDAU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING GUIDE. Perspektif Ilmu Pendidikan, 36(2), 129–133. https://doi.org/10.21009/PIP.362.4
Nindy Frima Yonansa, E., Kusairi, S., & Suwasono, P. (2021). Pengembangan media pembelajaran video teranimasi pada materi elastisitas untuk siswa kelas X SMA. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 1(8), 639–648. https://doi.org/10.17977/um067v1i8p639-648
Nuraeni, N. (2014). STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI. Prisma Sains?: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 2(2), 143. https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i2.1069
Octavia, V., Narti, S., & Indria, I. (2023). Teachers’ Efforts In Creating Effective Face-To-Face Learning Communications During The PPKM Era. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 3(1). https://doi.org/10.53697/iso.v3i1.1158
Oktavia, F., & Alfurqan, A. (2021). Analisi Pemanfaatan Media Pembelajaran TIK Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. An-Nuha, 1(2), 60–68. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i2.31
Panjaitan, R. Y., Sirait, J., Saragih, V. R., Gusar, M. R. S., & Tambunan, M. A. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(02), 153–163. https://doi.org/10.47709/jbsi.v2i02.1839
Rukajat, A., Gusniar, I. N., & Abas, T. T. (2022). Workshop Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Duren Kabupaten Karawang. Al-DYAS, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.58578/aldyas.v1i1.569
Sawitri Pratiwi, N. Pt. D., Putra, Md., & Sastra Agustika, Gst. N. (2020a). Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Multimedia terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 33. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24277
Sawitri Pratiwi, N. Pt. D., Putra, Md., & Sastra Agustika, Gst. N. (2020b). Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Multimedia terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 33. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24277
Sholihah, N. U., Sadieda, L. U., & Sutini, S. (2021). Kemampuan Argumentasi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Pembuktian Kongruensi Segitiga Ditinjau dari Perbedaan Gender. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(1), 24–38. https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.1.24-38
Silaban, R., Panggabean, F. T. M., Simanjuntak, H., & Sihombing, D. F. P. (2022). ANDROID-BASED LEARNING MEDIA ON STUDENTS’ LEARNING OUTCOMES ON THERMOCYMIA MATERIALS. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 10(3), 142–152. https://doi.org/10.31957/jipi.v10i3.2411
Supadmi, N. L., Wiratma, I. G. L., & Merta, L. M. (2017). PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MIA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(2), 48. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i2.12811
Susilo, A. , &, & Hartanti, R. (2021). Implementasi Metode Diskusi dalam Pembelajaran Kimia: Studi Kasus di SMA Negeri 1 Bandung. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(3), 245–255. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, , 4(3), 245–255.
Widaraeni, F. S., & Vivianti. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Augmented Reality Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. TEMATIK, 8(2), 186–201. https://doi.org/10.38204/tematik.v8i2.685
Widiastuti, S. (2022). Pembelajaran Sosial Emosional dalam Domain Pendidikan: Implementasi dan Asesmen. JUPE?: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4). https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4427
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fatwa Patimah Nursa’adah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




