PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN LITERASI EMOSI SISWA KELAS XI SMAN 1 KEDUNGWUNI

Authors

  • Sayla Nafilatul Maula Universitas PGRI Semarang
  • Yovitha Yulieajantiningsih Universitas PGRI Semarang
  • Padmi Dhyah Yulianti Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38940

Keywords:

Literasi Emosi, Multimedia Interakatif, Pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa multimedia interaktif untuk meningkatkan literasi emosi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development) Model penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Kedungwuni. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kebutuhan guru BK, angket kebutuhan siswa, lembar validasi ahli media dan ahli materi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif.  Berdasarkan hasil penelitian yaitu validator  ahli media dengan perolehan nilai sebesar 100%, ahli materi dengan perolehan nilai sebesar 95%. Kepraktisan media didapatkan dari hasil angket tanggapan guru BK yang memperoleh nilai sebesar 96,6%, tanggapan siswa dengan nilai 96,3%. Dengan demikian multimedia interaktif untuk meningkatkan literasi emosi nyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam layanan BK.  Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan multimedia interaktif pada materi lain.

References

Afnisah, N., Ananda, L. J., Siregar, A., Simanjuntak, E. B., & Gandamana, A. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Ekosistem Kelas V SD Negeri 066054 Kec. Medan Denai. Journal of Student Development Information System (JoSDIS), 3(2), 211-219.

Apriliya, S., & Cyntia, C. 2023. The Urgency of Emotional Literacy Education for Elementary School Students. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, Vol. 6, No. 1, pp. 321-328.

Baqi, S. A. 2015. Ekspresi Emosi Marah. Buletin Psikologi, 23(1), 22.

Cyntia, C. Seni A., Resa, R. 2022. Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Anak Bermuatan Literasi Emosi Terhadap Literasi Emosi Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(6), 1090-1096.

Goleman, D. 2007. Kecerdasan Emosional: Mengapa EI Lebih Penting Daripada IQ. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Norsidi, N., & Suwarno, A. 2024. Efektivitas dan Kelemahan Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XII IPS SMA Wisuda Pontianak. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 8(1), 32-40.

Pangastuti, S. C., &, Wiryo Nuryono 2019. Pengembangan buku cerita untuk meningkatkan literasi emosional dengan teknik metafora pada siswa kelas X di SMA Trimurti Surabaya. Jurnal BK UNESA, 9(3), 31-36.

Safitri, W., & Desi Susanti . 2023. The Development of Teaching Media Based on Interactive Multimedia towards Economic Courses to Enhance Students’ Learning Outcomes at Senior High School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 5337-5352.

Shrivastav, D. S., & Shailaja, S. J. 2022. Experimental & Analytical Study on Effect of Emotional Literacy Programme Through Emotional Awareness on Social Skill Development of Primary Grade Children (3rd & 4th Standard) Students. International Journal of Scientific Research. 11(3), 45-49.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Surjono, H. D. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: UNY Press.

Downloads

Published

2024-12-11

How to Cite

Maula, S. N. ., Yulieajantiningsih, Y. ., & Yulianti, P. D. . (2024). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN LITERASI EMOSI SISWA KELAS XI SMAN 1 KEDUNGWUNI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 17460–17464. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38940

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.