PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET MULTIMEDIA BERBASIS KODE QR PADA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Authors

  • Rizwan Rohaeri Anwar Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25617

Keywords:

Pembelajaran Sejarah, Media Pembelajaran, Booklet Multimedia Berbasis Kode QR

Abstract

Media pembelajaran yang bervariasi dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran sejarah agar pembelajaran sejarah berlangsung lebih menarik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mengetahui pembelajaran Sejarah Indonesia di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta, (2) mengembangkan media pembelajaran booklet multimedia berbasis kode QR pada pembelajaran Sejarah Indonesia di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta, (3) mengetahui kelayakan media pembelajaran booklet multimedia berbasis kode QR pada pembelajaran Sejarah Indonesia di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta menurut ahli materi, ahli media, guru sejarah dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan tujuh langkah-langkah penelitian dan pengembangan model Borg and Gall yang diadaptasi Sugiyono. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi tidak terstruktur, wawancara tidak terstruktur dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan teknik Miles dan Huberman untuk menganalisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan skala likert untuk menganalisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini, yaitu (1) pada pembelajaran sejarah peserta didik kurang tertarik mengikuti pembelajaran sejarah dikarenakan kurang variasi media pembelajaran dan peserta didik berasumsi materi sejarah masih terlalu banyak. (2) Diperoleh produk akhir berupa booklet multimedia berbasis kode QR. (3) Validasi  ahli materi tahap I diperoleh skor sebesar 90,77% dengan kategori sangat layak namun masih terdapat revisi mengalami peningkatan setelah dilakukan perbaikan dan validasi materi tahap II menjadi  92,31%. Validasi ahli media tahap I diperoleh skor sebesar 94,74% dengan kategori sangat layak namun masih terdapat revisi. Setelah dilakukan perbaikan dan validasi ahli media tahap II mendapatkan hasil yang sama sebesar 94,74% dengan kategori sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi. Validasi menurut guru sejarah diperoleh skor sebesar 85,43% dengan kategori sangat layak dan tanpa revisi. Validasi menurut peserta didik diperoleh skor sebesar 90,53% dengan kategori sangat layak dan tanpa revisi. Sehingga menurut ahli materi, ahli media, guru sejarah dan peserta didik booklet multimedia berbasis kode QR sangat layak digunakan. Berdasarkan hasil yang diperoleh, menunjukkan bahwa booklet multimedia berbasis kode QR sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran sejarah.

References

Anah Suhaenah Nurohmat. (2021). “Motif Jepang Sebelum Menginvasi Hindia-Belanda Tahun 1942-1945)”. Jurnal: Pendidikan Sejarah dan Sejarah FKIP Universitas Jambi. Vol. 1 No. 2

Delila Khoiriyah Mashuri dan Budiyono. (2020). “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang Untuk SD Kelas V”. JPGSD. Vol. 8 No. 5

Hanifah Salsabila, dkk. (2020). “Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Di Tengah Pandemi Siswa SMA”. Ilmu-ilmu Terapan Universitas Jambi. Vol. 4 No. 2

Haryono Rinardi. (2017). “Proklamasi 17 Agustus 1945 : Revolusi Politik Bangsa Indonesia”. Jurnal Sejarah Citra Lekha, Vol. 2 No. 1.

Haryono Rinardi. (2017). “Proklamasi 17 Agustus 1945: Revolusi Politik Bangsa Indonesia”. Sejarah Citra Lekha. Vol. 2 No. 1

Heri Rohayuningsih. (2009) “Peranan BPUPKI dan PPKI dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia”. Forum Ilmu Sosial. Vol. 36 No. 2

Herlina Pusparani. (2020). “Media Quizizz sebagai aplikasi Evaluasi Pembelajaran Kelas VI Di SDN Guntur Kota Cirebon”. Jurnal Tunas Nusantara Vol. 2 No. 2

Hotma P. Sibuea. (2002). “Memahami Jiwa dan Semangat Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia”. Jurnal YUSTITIA. Vol. 2 No. 2

Isran Rasyid dan Rohani. (2018). “Manfaat Media Dalam Pembelajaran”. AXIOM. Vol. 7 No. 1

Ivan Prapanca Wardhana dan Siti Samsiyah. (2019). “Content Analysis Of High school History Textbook From Hans Kohn’s Nasionlism Perspective”. Jurnal Historika. Vol. 22 No. 2

Joko Sayono. (2013). “Pembelajaran Sejarah Di Sekolah: Dari Pragmatis Ke Idealis”. Sejarah dan Budaya. Vol. 7 No. 1

Kusniawati, dkk. (2021). “Dampak Sosial dan Keamanan Masyarakat Hiroshima dan Nagasaki Pasca dijatuhkannya Bom Atom Tahun 1945”. POSKO LEGNAS. Vol. 3 No. 4

Lutfi Ali Muharom. (2016). “Penerapan Model Presensi Ujian Semester Berbasis Quick Response Code (QR Code) di Universitas Muhammadiyah”. Jurnal Sistem & Teknologi Informasi Indonesia. Vol. 1 No. 2

Miftah Farid Adiwisastra. (2015). “Perancangan Game Kuis Interaktif Sebagai Multimedia Pembelajaran Drill and Practice Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Informatika. Vol. 2 No. 1

Muhammad Ridwan Apriyansyah, dkk. (2020). “Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta”. Jpensil. Vol. 9 No. 1

Mustika Zahro. (2017). “The Implementation Of The Character Education In History Teaching”. Jurnal Historica. Vol. 1 No. 1

Nabilah Hamudiana Saski dan Tri Sudarwanto. (2021). “Kelayakan Media Pembelajaran Market Learning Berbasis Digital Pada Mata Kuliah Strategi Pemasaran”. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Vol. 9 No. 1

Nanik Purwanti. (2018). “Pendudukan Jepang Pada Tahun 1942-1945 di Rembang”. Jurnal Noken. Vol. 3 No. 2

Nirmalasari Meilia Putri. (2020). “Pengembangan Booklet Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel Materi Perlindungan Konsumen Kelas XI BDP Di SMKN Mojoagung”. Jurnal Pendidikan Tata Niaga. Vol. 8 No.3

Nisrina Najikhah, dkk. (2021). “Perancangan Alat Peraga Kincir Air Berbasis Android Pada Pembelajaran Fluida Dinamis”. JIPS. Vol. 2 No. 1

Novia Elmoza Putri dan Aisiah. (2021). “Efektivitas Pelaksanaan Evaluasi Hasil Belajar Sejarah Menggunakan Quizizz di SMA Negeri 2 Padang”. Jurnal Kronologi. Vol. 3 No. 4

Nuhaerul Hikam. (2017). “Pengibaran Bendera Merah Putih Oleh Pemuda Disepanjang Jalan Kembang Jepun Surabaya Pasca Proklamasi Tahun 1945”. Jurnal AVATARA. Vol. 5 No. 3

Nur Azizah Bana Tussifa, dkk. (2021). “Pegembangan Media Pembelajaran Wayang Kartun Pada Materi Cerita Fabel Kelas II SDN 1 Grogol Kabupaten Cirebon”. Jurnal Education and Development. Vol. 9 No. 3

Nurkholis. (2013). “Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi”. Jurnal Kependidikan Vol. 1 No. 1

Ramli Abdullah. (2016). “Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran”. Lantanida. Vol. 4 No. 1

Ratna Paramita, dkk. (2018). “Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati”. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA. Vol. 2 No. 2

Rosma Fitriasih dkk. (2019). “Pengembangan Booklet Keanekaragaman Pteridophyta Di Kawasan Suban Air Panas Untuk Peserta didik SMA”. Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. Vol. 3 No. 1

Septy Nurfadhillah, dkk. (2021). “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Melalui Aplikasi Quizizz Pada Pelajaran Matematika VI SD Karang Tengah 06”. Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol. 3 No. 2

Sigit Purnama. (2013). “Metode Penelitian dan Pengembangan (Pengenalan untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab)”. LITERASI. Vol. 4 No. 1

Sri Mulyati dan Haniv Efendi. (2020). “Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegara”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 3 No. 1

Sri Wilda Alfabeta, dkk. (2020). “Peranan Turnamen Berbasis ICT dengan Aplikasi Quizizz Terhadap Pembelajaran Kimia”. Ejournal of PJK. Vol. 5 No. 1

Supriyono. (2018). “Pentingnya media pembelajaran untuk Meningkatkan minat belajar peserta didik SD”. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 2 No. 1

Talizaro Tafonao. (2018). “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahapeserta didik”. Komunikasi Pendidikan. Vol. 2 No. 2

Teguh Prasetiyo, dkk. (2015). “Kebangkitan Jepang Pasca Pendudukan Amerika Serikat Tahun 1952-1964. Jurnal Artikel Ilmiah Mahasiswa. Vol. 1 No. 1

Tejo Nurseto. (2011). “Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik”. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Vol. 8 No. 1

Unik Hanifah Salsabila, dkk. (2020). “Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Di Tengah Pandemi Pada Peserta didik SMA”. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi. Vol. 4 No. 2

Wimona Talitha Fendya dan Setya Chendra Wibawa. (2018). “Pengembangan Sistem Kuisioner Daring Dengan Metode Weight Product Untuk Mengetahui Kepuasan Pendidikan Komputer Pada LPK Cyber Computer”. Jurnal IT-Edu Vol. 3 No. 1

Yasmis. (2007). “Jepang dan Perjuangan Kemerdekaan Indonesia”. Jurnal Sejarah Lontar. Vol. 4 No. 2

Yayan Alpian dan Sri Wulan Anggraeni. (2019). “Pentingya Pendidikan Bagi Manusia. Buana Pengabdian”. Vol. 1 No. 1.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Anwar, R. R. . (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET MULTIMEDIA BERBASIS KODE QR PADA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2017–2029. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25617