PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM GERAKAN LITERASI DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29583Keywords:
Pendidikan karakter, Kearifan Lokal, Gerakan LiterasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal dalam gerakan literasi di sekolah. Melalui integrasi kearifan lokal dalam strategi literasi, siswa diharapkan dapat memahami isi teks dengan lebih baik dan mengaitkannya dengan kehidupan nyata. Pengenalan kearifan lokal diharapkan dapat menjadi kekuatan budaya literasi siswa sehingga mereka tidak mudah terpengaruh oleh budaya asing yang saat ini mudah diakses. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literasi pustaka. Hasil Penelitian ini menunjukkan Pengembangan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal dalam gerakan literasi di sekolah merupakan strategi yang efektif untuk membentuk siswa yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan nilai moral yang tinggi. Dengan mengintegrasikan kearifan lokal dalam pendidikan, siswa dapat tumbuh menjadi individu yang bangga dengan budayanya, memiliki identitas yang kuat, dan siap menghadapi tantangan global tanpa kehilangan jati diri mereka. Gerakan literasi di sekolah bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa serta mengembangkan minat baca. Dengan mengintegrasikan kearifan lokal ke dalam gerakan literasi, siswa tidak hanya belajar keterampilan literasi dasar tetapi juga mengenal dan menghargai budaya mereka sendiri.References
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Cetakan Kelimabelas). Jakarta: Rineka Cipta.
Dharmaputera, G. B. K. (2018). Kearifan Lokal dan Pendidikan Karakter: Studi Tentang Implementasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 66-73.
Fauza, M. R., Inganah, S., Sugianto, R., & Darmayanti, R. (2023). Urgensi Kebutuhan Komik: Desain Pengembangan Media Matematika Berwawasan Kearifan Lokal di Medan. Jurnal Pendidiikan Matematika, 1(2).
Hartono, H., & Sumarti, T. (2020). Strategi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 145-156.
Irfan, M., Firmansyah, E., Setiyadi, M. W., Al, S., & Dompu, A. (2021). Pembentukan Karakter Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Educatio, 7(1), 244–251. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.938
Joyo, A. (2018). GERAKAN LITERASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL MENUJU SISWA BERKARAKTER Aceng. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 1, 159–170.
Johnson, A. (2019). The Role of Community Involvement in Character Education: A Case Study of Local Wisdom-Based Character Education in Indonesian Schools. Journal of Educational Research and Practice, 10(2), 215-228
Jusmawati, Baharuddin, I., Mahdi, & W, M. F. (2024). Pengembangan pendidikan karakter dan profil pelajar pancasila berwawasan kearifan lokal. Jurnal Education Development, 12(1), 1–7.
Kosim, M. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter. Pemekasan: STAIN Pemekasan.
Mulyasa, E. (2017). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tambunan, J. R. (2020). PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN BUDAYA BANGSA BERWAWASAN KEARIFAN LOKAL. Jurnal Widya Jurnal Widya, 1, 1–14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Moh Faridl Darmawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.