PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA UNTUK SISWA KELAS IV SD INPRES TAPPANJENG KABUPATEN BANTAENG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21902Keywords:
Multimedia Pembelajaran Interaktif, Mata Pelajaran IPA, Allesi dan TrollipAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian termasuk kedalam model penelitian Riset dan Pengembangan dengan model pengembangan Alessi dan Trollip. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVA. Pengambilan data dalam penelitian menggunakan teknik angket dan wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil analisis kebutuhan siswa menggunakan metode angket menunjukkan bahwa siswa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan melalui buku teks dibandingkan melalui media pembelajaran. Siswa juga sudah memiliki smartphone tersendiri dan mampu mengoperasikannya dengan baik. Sedangkan analisis kebutuhan guru menunjukkan bahwa guru membutuhkan pengembangan produk Multimedia Pembelajaran Interaktif yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi wujud benda dan perubahannya secara fleksibel. Proses pembuatan, produk meliputi pengembangan ide, identifikasi karakteristik siswa, hingga penyusunan produk menjadi aplikasi android. Produk kemudian melalui 2 tahapan pengujian kelayakan. Hasil Uji alpha yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, menyatakan bahwa produk termasuk dalam kategori “Sangat Layak.” Hasil uji beta yang dilakukan guru dan siswa kelas IVA juga menempatkan produk dalam kategori “Sangat Layak.” Baik siswa maupun guru setuju jika produk akhir dapat digunakan dalam proses pembelajaran sebagai faktor penunjang pembelajaran terutama untuk materi wujud benda dan perubahannya.References
Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1), 18–25.
Ariyana, R. Y. (2022). PENGANTAR SISTEM MULTIMEDIA. AKPRIND Press.
Hidayat, R., Ag, S., & Pd, M. (2019). Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah.
Hilyana, N. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian. 9. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/58550/1/11160183000053_NINA HILYANA - NINA HILYANA.pdf
Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan?: Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2), 144–155. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.32
Lasari, Y. L. (2018). Peran Sekolah Dalam Mengatasi Dampak Negatif Handphone Terhadap Perilaku Anak Sd. 3rd International Conference on Education 2018 Teachers in the Digital Age, 353–358.
Lestari, N. C., Hidayah, Y., & Zannah, F. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Permainan Edukatif Terhadap Hasil Belajar IPA di SDN 1 Sungai Miai 7 Banjarmasin. Journal on Education, 5(3), 7095–7103. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1497
Mulia, H. R. (2019). Pembelajaran Berbasis Multimedia: Upaya Memahami Keberagaman Gaya Belajar Anak. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(2), 144. https://doi.org/10.25078/jpm.v5i2.857
Munawaroh, I., Sulthoni, S., & Susilaningsih, S. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas V Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 190–199. https://doi.org/10.17977/um038v5i22022p190
Mutmainnah, H., Uswatun, D. A., & Wardana, A. E. (2020). Meningkatkan Pemahaman Konsep Perubahan Wujud Benda pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Eksperimen di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 87. https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i1.102887
Nurmilah, N., & Sulistyaningsih, D. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN POE2WE MENGGUNAKAN FLIPBOOK MAKER PADA. 6(2), 107–118.
Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Putri, N. N. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 141–151. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062
Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Sugiyono, S., Sutarman, S., & Rochmadi, T. (2019). School Level Computer Based Test (CBT) System Development. Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), 2(1), 1.
Suparya, I. K., I Wayan Suastra, & Putu Arnyana, I. B. (2022). Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab Dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153–166. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.580
Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan (U. Press (ed.)). UNY Press.
Tri, N. M., Hoang, P. D., & Dung, N. T. (2021). Impact of the industrial revolution 4.0 on higher education in Vietnam: challenges and opportunities. Linguistics and Culture Review, 5(S3), 1–15. https://doi.org/10.21744/lingcure.v5ns3.1350
Widianto, E., Husna, A. A., Sasami, A. N., Rizkia, E. F., Dewi, F. K., & Cahyani, S. A. I. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707
Yunus, Y., & Fransisca, M. (2020). Analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran kewirausahaan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 118–127. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32424
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Nur Rizqy, Muhammad Irfan, Abdul Rahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.