PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 KEMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38666Keywords:
Metode, Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar.Abstract
Penelitian ini membahas rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas VI SD Negeri 2 Kema, dimana hanya 21% yang mampu melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas penerapan pembelajaran berdiferensiasi sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, obeservasi, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus 1, nilai rata-rata siswa mencapai 63,9 % dan meningkat menjadi 81,7% pada siklus 2. Dengan demikian, pembelajaran berdiferensiasi, khususnya pada materi rantai makanan, terbukti mampu meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa secara keseluruhan.References
Ahmad Thobroni dan Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.
Arends, Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Pustaka Bumi.
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Basri, M., & Lestari, N. I. (2019). Strategi Pembelajaran Sejarah (I). Graha Ilmu.
Dewi Sopianti, Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata. Pelajaran Seni Budaya, Journal of Music Education
Dina Irdhina, 2021. Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) Pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar Di SD Cikal Cilandak. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi
Endang Sri Wahyuni, 2020 Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta : CV. Adanu Utama.
Guruinovatif 12 Oktober 2022 Kurikulum Merdeka Sebagai Pemulihan Pembelajaran https://guruinovatif.id/artikel/kurikulum-merdeka-sebagai-pemulihan-pembelajaran?username=redaksiguruinovatif
Hamalik, Oemar. 2019. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Haniza Pitaloka, Meilan Arsanti : Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Home > Vol 4 (2022) > Pitaloka ://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa /article/view/27283
Intan Pulungan. 2017. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada.
Lutfi Sheykal 2024. Mengenal Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka.https://mediaindonesia.com/humaniora/649611/mengenal-pembelajaran-berdiferensiasi-dalam-kurikulum-merdeka
Main Sufanti, Tantangan pembelajaran berdiferensiasi : Suara Merdeka edisi 07 November 2022 oleh Dr. Main Sufanti, M.Hum, dosen PBSI FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta https://fkip.ums.ac.id/2022/11/07/tantangan-pembelajaran-berdiferensiasi-oleh-dr-main-sufanti-m-hum/
Marlina. (2020). Strategi pembelajaran berdiferensiasi di sekolah inklusif.
CV. Afifa Utama
Rahajeng Shafira 11 Juni 2023. Serba-serbi tantangan dan kendala pembelajaran berdiferensiasi https://www.kompasiana.com/rahajengs/648544614d498a3c8e48d672/serba-serbi-tantangan-dan-kendala-pembelajaran-berdiferensiasi
Rencana Induk Riset Nasional Tahun 2017-2045, Edisi 28 Feb 2017, Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi 2017
Rusman. 2017. Hasil Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Kompetensi. Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana. 2010. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugianto. (2020). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pendidikan. Diakses dari https://bgpsumsel.kemdikbud.go.id
Suyanto, dan Asep Jihad.2013. Menjadi Guru Profesional, Strategi meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta : Esensi Erlangga
Sutrisno. 2021. Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi
Jaringan Dengan Media Pembelajaran. Malang: Ahlimedia Press.
Teuku Husni 2022, Memerdekakan Peserta Didik Belajar Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi: Widyaprada Ahli Madya BPMP Provinsi Aceh) Email: [email protected]
Tomlinson, C. A. (1999). The differentiated classroom: Responding to the needs Of all learners (H. Houtz, D. Simpson, & R. Bahrenfuss (eds.)). Association For Supervision and Curriculum Development. https://www.ascd.org
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Bumi Aksara
Widia Wahyuni. 2022. Kajian Pemanfaatan Mediaa Pembelajaran Leaflet
Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi. https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/biolokus/article/view/1009/935
Yunus, M. (2009). Model Kurikulum Dan Pembelajaran Berdiferensiasi (Penelitian Pengembangan Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMA Wilayah Kota Bogor). Universitas Pendidikan Indonesia. https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/manageria/article/download/7126//
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ifke Hildayanti Kuheba

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




