PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 KEMA

Authors

  • Ifke Hildayanti Kuheba Universitas Trinita
  • Lumimuut Pinkan Rambitan Universitas Trinita
  • Natanael Geral Mirah Universitas Trinita

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38666

Keywords:

Metode, Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini membahas rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas VI SD Negeri 2 Kema, dimana hanya 21% yang mampu melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas penerapan pembelajaran berdiferensiasi sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, obeservasi, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus 1, nilai rata-rata siswa mencapai 63,9 % dan meningkat menjadi 81,7% pada siklus 2. Dengan demikian, pembelajaran berdiferensiasi, khususnya pada materi rantai makanan, terbukti mampu meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa secara keseluruhan.

References

Ahmad Thobroni dan Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.

Arends, Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Pustaka Bumi.

Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Basri, M., & Lestari, N. I. (2019). Strategi Pembelajaran Sejarah (I). Graha Ilmu.

Dewi Sopianti, Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata. Pelajaran Seni Budaya, Journal of Music Education

Dina Irdhina, 2021. Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) Pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar Di SD Cikal Cilandak. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi

Endang Sri Wahyuni, 2020 Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta : CV. Adanu Utama.

Guruinovatif 12 Oktober 2022 Kurikulum Merdeka Sebagai Pemulihan Pembelajaran https://guruinovatif.id/artikel/kurikulum-merdeka-sebagai-pemulihan-pembelajaran?username=redaksiguruinovatif

Hamalik, Oemar. 2019. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Haniza Pitaloka, Meilan Arsanti : Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Home > Vol 4 (2022) > Pitaloka ://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa /article/view/27283

Intan Pulungan. 2017. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada.

Lutfi Sheykal 2024. Mengenal Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka.https://mediaindonesia.com/humaniora/649611/mengenal-pembelajaran-berdiferensiasi-dalam-kurikulum-merdeka

Main Sufanti, Tantangan pembelajaran berdiferensiasi : Suara Merdeka edisi 07 November 2022 oleh Dr. Main Sufanti, M.Hum, dosen PBSI FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta https://fkip.ums.ac.id/2022/11/07/tantangan-pembelajaran-berdiferensiasi-oleh-dr-main-sufanti-m-hum/

Marlina. (2020). Strategi pembelajaran berdiferensiasi di sekolah inklusif.

CV. Afifa Utama

Rahajeng Shafira 11 Juni 2023. Serba-serbi tantangan dan kendala pembelajaran berdiferensiasi https://www.kompasiana.com/rahajengs/648544614d498a3c8e48d672/serba-serbi-tantangan-dan-kendala-pembelajaran-berdiferensiasi

Rencana Induk Riset Nasional Tahun 2017-2045, Edisi 28 Feb 2017, Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi 2017

Rusman. 2017. Hasil Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Sudjana, Nana. 2010. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugianto. (2020). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pendidikan. Diakses dari https://bgpsumsel.kemdikbud.go.id

Suyanto, dan Asep Jihad.2013. Menjadi Guru Profesional, Strategi meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta : Esensi Erlangga

Sutrisno. 2021. Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi

Jaringan Dengan Media Pembelajaran. Malang: Ahlimedia Press.

Teuku Husni 2022, Memerdekakan Peserta Didik Belajar Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi: Widyaprada Ahli Madya BPMP Provinsi Aceh) Email: [email protected]

Tomlinson, C. A. (1999). The differentiated classroom: Responding to the needs Of all learners (H. Houtz, D. Simpson, & R. Bahrenfuss (eds.)). Association For Supervision and Curriculum Development. https://www.ascd.org

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Bumi Aksara

Widia Wahyuni. 2022. Kajian Pemanfaatan Mediaa Pembelajaran Leaflet

Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi. https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/biolokus/article/view/1009/935

Yunus, M. (2009). Model Kurikulum Dan Pembelajaran Berdiferensiasi (Penelitian Pengembangan Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMA Wilayah Kota Bogor). Universitas Pendidikan Indonesia. https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/manageria/article/download/7126//

Downloads

Published

2024-12-07

How to Cite

Kuheba, I. H. ., Rambitan, L. P. ., & Mirah, N. G. . (2024). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 KEMA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 17228–17236. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38666

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.