PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA PADA BIMBINGAN KARIR BAGI SISWA SMP AKP GALANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38571Keywords:
Permainan Ular Tangga, Bimbingan KarirAbstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang di batasi sampai tiga tahap, yaitu (1) tahap analysis yang memeriksa kebutuhan dan masalah siswa, (2) tahap design yang merancang produk sesuai dengan kebutuhan (3) tahap development yaitu mengembangkan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ular tangga yang digunakan dalam pelaksanaan bimbingan karir pada siswa SMP AKP Galang. Fenomena yang ada sekarang, siswa SMP memilih sekolah lanjutannya berdasarkan pengaruh teman sebaya ataupun keinginan orang tua sedangkan siswa sendiri belum mengenal bakat dan minatnya. Akibatnya, siswa SMP sangat membutuhkan bantuan dari guru BK disekolah. Salah satu layanan yang diberikan guru BK adalah bimbingan karir, yang mencakup materi dan informasi tentang karir, dengan menggunakan metode media permainan salah satunya adalah permainan ular tangga. Hasil uji ahli materi 90%, ahli media 90%, respon guru BK 97%, sehingga media ular tangga layak digunakan pada bimbingan karir bagi siswa dalam kategori sangat baik.References
Amilia Pramita, & Rudiana Agustini. (2016). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Pada Materi Senyawa Hidrokarbon Kelas Xi Sma Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Unesa Journal of Chemical Education, 5(2), 336–344. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/15787
Atapukang, N. (2016). Kreatif Membelajarkan Pembelajar Dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Tepat Sebagai Solusi Dalam Berkomunikasi. Jurnal Media Komunikasi Geografi, 17(2), 45–52
Fanta Rosiani, B. dkk. (2021). Aqib, Zainal. 2021. A to Z Bimbingan dan Konseling Karier Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Yogyakarta: Andi.
Haqiqi, A. (2017). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Layanan Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa Kelas VII Developing of Snakes and Ladders Game As Media for Guidance and Counseling Services for Grade Vii Students. 3(6), 214–231.
Harahap, D. (2019). Konsep Dasar Bimbingan Konseling Karir dan Perspektif Islam. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, Vol.1, No. 2, 251- 270.
Hazrati, R., Hanim, W., & Setiawaty R., D. (2016). Pengaruh Media Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Pengaturan Diri Siswa Kelas Xi Di Sman 56 Jakarta. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 94. https://doi.org/10.21009/insight.051.14
Ika Sandra Dewi, Indra Fauzi. (2021). “Layanan Informasi Dengan Metode Problem Solving Bagi Guru Dalam Meningkatkan Kesiapan Kerja Siswa.” Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2021: 135–45.
Noor, J. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: KENCANA
Nurbowo & Slamet. (2022). Inovasi Media Bimbingan Dan Konseling. Yogyakarta: PARAMITRA
Pengembangan Media Layanan Bimbigan Kelompok Ular Tangga Digital Untuk Meningkatkan Pemahaman Karir Siswa Kelas IX SMP Negeri 14 Yogykarta. Jurnal Prosiding: Seminar Nasional ”Bimbingan dan Konseling Islami”, 1842-1853.
Pravitasari, E. A., & Puspasari, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Kartu Berbasis Make A Match Pada Mata Pelajaran Otomatisasi dan Tata Kelola Kepegawaian di SMKN 1 Jombang. 8, 489–495.
Prisanti, A. A., & Faidah, M. (2019). Kelayakan Media Pembelajaran Powtoon Pada Sub Kompetensi Pegeritingan Rambut Teknik Dasar Siswa Kelas XI Tata Kecantikan Rambut. E-Journal UNESA, 8(1), 14–17.
Putri, Rizqy Fadhlina, Jl Garu, No Medan, and Sumatera Utara. “SOSIALISASI PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE MEET DALAM PELAKSANAAN PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK ONLINE Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Kemajuan Teknologi Atau Kecanggihan Teknologi Merupakan Sesuatu Yang Tidak Dapat Dihindari Saat Ini Karena Kem.” (3).
Saepul Hamdi.A. dkk. (2014) Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Ygyakarta: Deepublish
Sahputra, Dika, and Dina Hidayati Hutasuhut. 2019. “Kontribusi Dukungan Orangtua Terhadap Disiplin Belajar Siswa.” ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam) 2(1): 35–39.
Samsiyah,S., Hermansyah, & Kuswidyanarko, A. (2021). EFEKTIVITAS KARTU KUARKET TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV. Jurnal ilmiah PGSD.
Sugiyono. (2010). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D. Bandung: ALFABETA.
Ulfah, U., & Arifudin, O. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146. https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.189
Ulfah, U., Asrori, M, & Umar. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO DALAM LAYANAN INFORMASI STUDI LANJUTAN DI MADRASAH
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khairina Ulfa Syaimi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.