DARI PERMAINAN KE PEMBELAJARAN: BISAKAH TGT MEMOTIVASI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN PANCASILA SD

Authors

  • Nina Wirdiyana Universitas Sebelas Maret
  • Isnaini Nurul Hidayati Universitas Sebelas Maret
  • Winda Putri Setyorini Universitas Sebelas Maret
  • Deni Zein Tarsidi Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38376

Keywords:

Permainan, Turnamen Permainan Tim, Minat Belajar, Pendidikan Pancasila SD

Abstract

Pendidikan di tingkat sekolah dasar (SD) memiliki peran penting dalam membentuk potensi akademik dan sosial peserta didik, termasuk melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila. Peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pembentukan karakter bangsa sangat dipengaruhi oleh pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur merupakan semua teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data penelitian ini. Hasil penelitian membuktikan bahwa minat peserta didik terhadap pembelajaran ini cenderung rendah. Pembelajaran Pendidikan Pancasila sering dianggap sulit dan kurang menyenangkan karena materi yang berfokus pada hukum, pasal-pasal, serta hafalan yang rumit, ditambah dengan metode pengajaran yang monoton dan kurang bervariasi. Oleh karena itu, model pembelajaran turnamen permainan tim (TGT) menggabungkan kerja sama tim dan kompetisi akademik, yang dirancang untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan. Melalui model ini, peserta didik didorong untuk lebih terlibat aktif dalam proses pembelajaran, sehingga dapat mengatasi permasalahan rendahnya minat belajar peserta didik. Turnamen permainan tim mampu menciptakan suasana belajar yang dinamis, meningkatkan motivasi belajar, serta mendukung pengembangan keterampilan sosial seperti kerja sama, tanggung jawab, dan kejujuran. Dengan model ini, peserta didik yang awalnya kurang termotivasi menjadi lebih aktif dan antusias. TGT terbukti efektif sebagai strategi pembelajaran yang tidak hanya meningkatkan hasil akademik, tetapi juga membangun karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Penerapan model ini dapat membantu pendidik menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan bagi peserta didik.

References

Al Maulidah, N., Dhari, F. S. W., Widodo, S. T., & Aristiyowati, H. (2023). Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) dalam Mengembangkan Sikap Taat Peraturan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3781–3792.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN?: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Ariani, T., & Agustini, D. (2018). Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT): Dampak terhadap Hasil Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(2), 65–77.

Dzulkhairani, I., & Mizwar, I. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar PKN Peserta Didik Kelas II-B SDN 1 Bengkel. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 5(4), 691–697.

Iswanto, T., Qomariyah, Q., & Noipah, N. (2022). Peningkatan Minat Belajar PKn Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 4(3), 162–172. https://doi.org/10.61227/arji.v4i3.84.

Nuryanti, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bilangan Romawi bagi Siswa Tunarungu Kelas IV SDLB. Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 20(1), 40–51.

Parawangsa, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar (SD). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8050–8054.

Prasetya, H. R., & Rokhman, M. N. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dengan Permainan Duel Sejarah Untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Indonesia Siswa Kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. PT Remaja Rosdakarya, 76.

Zaeni, Johara, A., Hidayah, & Fitria, F. (2017). Analisis keaktifan siswa melalui penerapan model teams games tournaments (TGT) pada materi termokimia kelas XI IPA 5 di SMA N 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional & Internasional Universitas Muhammadiyah Semarang, 416–425.

Downloads

Published

2024-11-27

How to Cite

Wirdiyana, N. ., Hidayati, I. N. ., Setyorini, W. P. ., & Tarsidi, D. Z. . (2024). DARI PERMAINAN KE PEMBELAJARAN: BISAKAH TGT MEMOTIVASI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN PANCASILA SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16825–16829. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38376

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.