IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HIBRID DI PERGURUAN TINGGI PASCA PANDEMI COVID-19 : STUDI KASUS TENTANG TANTANGAN DAN STRATEGI MANAJEMEN PENDIDIKAN INDONESIA

Authors

  • Santy Handayani Universitas Indraprasta PGRI
  • Nandang Hidayat Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38310

Keywords:

Pembelajaran Hibrid, Pendekatan Kualitatif, Studi Kasus, Perguruan Tinggi Indonesia, Covid-19, Strategi Manajemen

Abstract

Penelitian ini menganalisis implementasi pembelajaran hibrid di perguruan tinggi Indonesia, dengan fokus pada Universitas Indraprasta PGRI, pasca pandemi Covid-19. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, penelitian ini bertujuan untuk memahami tantangan yang dihadapi serta strategi manajemen yang diterapkan dalam mengadopsi pembelajaran hibrid. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen untuk memberikan gambaran lengkap tentang faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan pembelajaran hibrid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterbatasan infrastruktur teknologi, kesenjangan literasi digital, dan keterbatasan anggaran merupakan tantangan utama yang dihadapi. Universitas merespons dengan memperkuat infrastruktur teknologi, meningkatkan pelatihan literasi digital, dan menyesuaikan kurikulum. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi manajemen yang adaptif sangat penting dalam memastikan keberlanjutan dan efektivitas pembelajaran hibrid di masa depan.

References

Aisah, A., Narinda, N., & Pratiwi, W. D. (2021). Efektivitas pembelajaran jarak jauh terhadap mahasiswa unsika pada saat pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(1), 67–72.

ANISAH, S. N. (2022). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DAN DAMPAKNYA. TEACHER?: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.51878/teacher.v2i1.1108

An-Nawaf, F. Z., Karimah, S., & ‘Adna, S. F. (2021). Penerapan Pembelajaran Google Classroom Berbantuan Video Animasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 5 Pekalongan. Journal of Instructional Mathematics, 2(1), 36–43. https://doi.org/10.37640/jim.v2i1.933

Holygina Benita, D., & Andhyka Kusuma, W. (2022). Analisis tingkat efektivitas Platform E-Learning Learning Management System (Lms) terhadap mahasiswa. Equivalent: Jurnal Ilmiah Sosial Teknik, 4(1), 8–18. https://doi.org/10.59261/jequi.v4i1.77

Kartikasari, L. P., Sari, A. N., Sandra, M., Dwikurnaningsih, Y., & Satyawati, S. T. (2021). Implementasi Manajemen Pembelajaran Daring di SD Nasional Plus BPK PENABUR Bogor. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.7255

Mufti, A. (2015). Perencanaan Strategik Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi Perguruan Tinggi Studi Kasus: Universitas Indraprasta PGRI. Faktor Exacta, 4(2), 93–106.

Patton, M. Q. (2014). Qualitative research & evaluation methods: Integrating theory and practice. Sage publications.

Purwaamijaya, I. M., Masri, R. M., & Purwaamijaya, B. M. (2021). The Effectiveness of Online Learning Methods During the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the 6th UPI International Conference on TVET 2020 (TVET 2020). https://doi.org/10.2991/assehr.k.210203.093

Ririen, D., & Daryanes, F. (2022). ANALISIS LITERASI DIGITAL MAHASISWA. Research and Development Journal of Education, 8(1), 210. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11738

Rosmiati, M. (2021). ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KULIAH DARING (ONLINE) SELAMA PANDEMI COVID-19 DI POLITEKNIK NEGERI BANDUNG. Jurnal Administrasi Publik, 12(1). https://doi.org/10.31506/jap.v12i1.11467

Sutrio, S., Sahidu, H., Harjono, A., Hikmawati, H., & Verawati, N. N. S. P. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pembelajaran Berbasis Proyek bagi Guru-guru SD di Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmsi.v3i2.158

w Creswell, J. (2016). Research Design.: Qualitative, Quantitative, Mixed Methods Approaches. University Of Nebraska-Lincoln.

Yin, R. K. (2018). Case study research and applications. Sage Thousand Oaks, CA.

Downloads

Published

2024-11-26

How to Cite

Handayani, S. ., & Hidayat, N. . (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HIBRID DI PERGURUAN TINGGI PASCA PANDEMI COVID-19 : STUDI KASUS TENTANG TANTANGAN DAN STRATEGI MANAJEMEN PENDIDIKAN INDONESIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 16804–16809. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38310

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.