PENALARAN DEDUKTIF, INDUKTIF DAN BAHASA DALAM PENULISAN ILMIAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38312Keywords:
Penalaran Deduktif, Penalaran Induktif, Bahasa Ilmiah, Penulisan Ilmiah, Library Research.Abstract
Penulisan ilmiah membutuhkan kerangka berpikir logis dan sistematis untuk menghasilkan karya yang berkualitas. Penalaran deduktif dan induktif merupakan metode utama yang mendasari pengembangan argumen dalam penulisan ilmiah. Penalaran deduktif digunakan untuk menarik kesimpulan spesifik dari prinsip umum, sedangkan penalaran induktif memungkinkan penulis membangun generalisasi berdasarkan pengamatan atau data spesifik. Selain itu, bahasa memainkan peran strategis dalam menyampaikan argumen agar dapat dipahami oleh pembaca dengan latar belakang yang beragam. Penelitian ini menggunakan metode library research untuk menganalisis teori-teori terkait hubungan antara penalaran deduktif, induktif, dan peran bahasa dalam penulisan ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergi antara ketiga elemen tersebut dapat memperkuat validitas logis, keberterimaan ilmiah, dan efektivitas komunikasi dalam tulisan ilmiah.References
Anuke, O., & Fitroh, I. (2023). Tuna (Mo Luna) dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran IPS. Journal on Education, 5(4), 16712–16719. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2829
Barus, G. (2022). Mengulik Tiga Faktor Pendukung Percepatan Penulisan Skripsi Mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 96–108. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p96-108
Daud Rodi Palimbong, & Jen Chris Tiku Pasang. (2022). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 2-5 Tahun di Lembang Marinding Kecamatan Mengkendek (Tinjauan Fonologi). DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(4), 594–606. https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i4.499
Hernadi, J. (2008). Metoda pembuktian dalam matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–14.
Husna, A., & Eliza, D. (2021). Strategi Perkembangan dan Indikator Pencapaian Bahasa Reseptif dan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini. Jurnal Family Education, 1(4), 38–46. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i4.21
Idris, M., Abubakar, A., Irham, M., Widodo, P., & Rahim, Y. (2022). Pemikiran Anre Gurutta Muhammad Abduh Pabadja Tentang Lailatul Qadr Dalam Rekaman Suara Di Radio Mesra Pare-Pare. TAFAHUS: JURNAL PENGKAJIAN ISLAM, 2(2), 109–121. https://doi.org/10.58573/tafahus.v2i2.35
Indrawati, K. A. D., & Febrilia, B. R. A. (2019). POLA ARGUMENTASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV). FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2), 141. https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.141-154
Kurniawan, K. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Komunitas Sosial Berbasis Lierasi Bahasa Dalam Penulisan Buku Teks. Kode: Jurnal Bahasa, 9(3). https://doi.org/10.24114/kjb.v9i3.19976
Kusuma, A. C., & Mujiono, D. S. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 4(2), 102–114. https://doi.org/10.15642/jrpm.2019.4.2.102-114
Natasya, A., Putri, T., Siahaan, R. P. J., & Khoirunnisa, A. (2022a). Filsafat Ilmu dan Pengembangan Metode Ilmiah. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 167–179. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3932
Natasya, A., Putri, T., Siahaan, R. P. J., & Khoirunnisa, A. (2022b). Filsafat Ilmu dan Pengembangan Metode Ilmiah. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 167–179. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3932
Nesi, A., Subyantoro, S., & Pristiwati, R. (2022). VARIASI ARGUMEN SAKSI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ILMIAH BAGI MAHASISWA. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 18(1), 36–46. https://doi.org/10.25134/fon.v18i1.4739
Purwanti, C. (2020). EKSISTENSI BAHASA DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL: SEBUAH PENDEKATAN INTERDISIPLINER [LANGUAGE EXISTENCE IN INTERPERSONAL COMMUNICATION: AN INTERDICIPLINARY APPROACH]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 266. https://doi.org/10.19166/pji.v16i2.2261
Santri, C. A., Fadillah, F., & Lukmanulhakim, L. (2021). PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK BRUDER NUSA INDAH. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(1). https://doi.org/10.26418/jppk.v10i1.44177
Subekti, I., Suhartono, S., & Suyanto, I. (2020). Penerapan Model Visualization Auditory Kinesthetic (Vak) Dengan Media Flip Chart untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Peserta Didik Kelas III SDN 2 Kebulusan Tahun Ajaran 2017/2018. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v7i1.40693
Suhita Wirakusuma, A. A. G. (2020). Bentuk Tabu Bahasa Korea. Pustaka?: Jurnal Ilmu-Ilmu Budaya, 20(2), 84. https://doi.org/10.24843/PJIIB.2020.v20.i02.p03
Tiani, R. (2017). Kesantunan Pragmatik Buya Hamka dalam Refleksi Novel Ayah Karya Irfan Hamka. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 12(1), 46. https://doi.org/10.14710/nusa.12.1.46-54
Yakub Tangdibiri’, & Febe Tandisau. (2022a). Penggunaan Tindak Tutur Tidak Langsung Literal dalam Rukun Kampung Tiroallo Lembang Marante (Tinjauan Pragmatik). DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(4), 632–636. https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i4.504
Yakub Tangdibiri’, & Febe Tandisau. (2022b). Penggunaan Tindak Tutur Tidak Langsung Literal dalam Rukun Kampung Tiroallo Lembang Marante (Tinjauan Pragmatik). DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(4), 632–636. https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i4.504
Zen Munawar, Herru Soerjono, Novianti Indah Putri, Hernawati, & Andina Dwijayanti. (2023). Manfaat Kecerdasan Buatan ChatGPT Untuk Membantu Penulisan Ilmiah. TEMATIK, 10(1), 54–60. https://doi.org/10.38204/tematik.v10i1.1291
Zulfadhli, M. (2022). Pengetahuan tentang Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa Baru. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.10
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rini Sriyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.