PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS AGUMENTED REALITY PADA MATAKULIAH KEBIJAKAN MONETER DAN KEBANKSENTRALAN PRODI ILMU EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Authors

  • Putri Sari M J Silababan Universitas Negeri Medan
  • Aurora Elise Putriku Universitas Negeri Medan
  • Novita Indah Hasibuan Universitas Negeri Medan
  • Revita Yuni Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.41146

Keywords:

Pengembangan Bahan Ajar, Augmented Reality, Kebijakan Moneter

Abstract

Bahan ajar berperan penting dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah untuk mempromosikan pembelajaran mandiri. Bahan ajar memberi siswa kesempatan untuk belajar sendiri. Prestasi lulusan diperlukan untuk mata kuliah ini. Mahasiswa harus mampu memahami permasalahan ekonomi, kebijakan moneter yang relevan, dan langkah-langkah yang diambil oleh bank sentral untuk mengatasi permasalahan ekonomi, khususnya penerapan kebijakan moneter oleh bank sentral. Ruang lingkup pembahasan meliputi: pendahuluan, jumlah uang beredar, teori permintaan uang, Bank Indonesia sebagai bank sentral, dan kebijakan moneter. Bahan ajar yang inovatif dan ruang belajar mandiri diperlukan untuk mempermudah tujuan ini bagi siswa. Bahan ajar dibuat dalam bentuk augmented reality tiga dimensi. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Karena keterbatasan waktu, studi ini tidak melakukan evaluasi akhir sebelum tahap formative evaluation. 3 validators telah memverifikasi bahan pelajaran yang berbasis augmented reality, dan hasilnya menunjukkan bahwa bahan pelajaran itu berguna, tetapi perlu diubah. Sebuah penelitian dilakukan pada sebuah kelompok skala besar yang terdiri dari 25 siswa di semester kelima, yang dipilih secara random. Material pembelajaran efektif dalam proses belajar berdasarkan hasil tes.

References

Abdullah, AL-Ansi, Jaboob, Askar, Ahmed. Analyzing Augmented Reality AR and Virtual Reality VR Recent Development in Education. Journal Social Science & Humanitied. 08. 2023

Alvian Yadi Saputra. “Pengembangan Desain Media Pembelajaran Augmented Reality Untuk Komputer Pada Konsep Sistem Eskresi Manusia”. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta:2017

Ambar, Sri. Media Pembelajaran Interaktif Pada E-learning Dengan Multimedia. Jakarta: Yayasan Penerbit YATALATOP, 2015.

Angga Maulana, Wahyu Kusuma. dalam “Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media PembelajaranTata Surya”. KOMMIT. 4. 2014.

Ani, Cahyadi. Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur. Serang: Laksita Indonesia, 2019.

APJJI. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2022). Laporan Survei APJII 2022: Penetrasi & Perilaku Pengguna Inernet di Indonesia 2022. www.apjii.or.id diakses pada 30 Desember 2022

Arief. Evaluasi Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.

Arista, Anggi. Monograf Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Digital. (Bandung: Widina Bhakti Persada, 2022.

Aryadillah, Fitri. Teknologi Media Pembelajaran: Teori dan Praktik. Bogor: Herya Media, 2010.

Asnah, Said. Profil Dosen Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan. Tangerang Selatan: UNIV Terbuka, 2019.

Campbell & Reece, Biologi Edisi Kedelapan Jilid 3, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2010.

Claudio Kirner dan Christopher Shneider Cerqueira, Developing Educational Applications with a Non-Programming Augmented Reality Authoring Tool, 2012.

Direktorat Inovasi dan Pengembangan Pendidikan UNAIR. Panduan Penulisan Modul (Surabaya: UNAIR. 2022..

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Silababan, P. S. M. J., Putriku, A. E., Hasibuan, N. I., & Yuni, R. (2024). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS AGUMENTED REALITY PADA MATAKULIAH KEBIJAKAN MONETER DAN KEBANKSENTRALAN PRODI ILMU EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 18979–18987. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.41146

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.