PENGARUH KEGIATAN MEMBATIK ECOPRINT TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK CEMARA ISLAMI PLUS LUBUK PAKAM T.A 2024/2025

Authors

  • Desna Indriyani Br Sembiring Universitas Negeri Medan
  • Dorlince Simatupang Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37200

Keywords:

Kegiatan Membatik Ecoprint, Perkembangan Kreativitas, Anak usia 5-6 Tahun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kegiatan membatik ecoprint terhadap perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Cemara Islamic Plus Lubuk Pakam.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre-experimental design dengan desain one group pretest-posttest design. Sampel dari penelitian ini sebanyak 15 anak kelas B usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dengan bentuk pernyataan sebanyak 5. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil rata-rata nilai sebelumnya dilakukan kegiatan membatik ecoprint (pre-tetst) dengan sesudah dilakukan kegiatan membatik ecoprint (post-test), yaitu hasil rata-rata nilai sebelum dilakukan kegiatan membatik ecoprint (pre-test) sebesar 9 dan untuk hasil rata-rata sesudah dilakukan kegiatan membatik ecoprint (post-test) sebesar 17. Data tersebut menunjukkan bahwa kegiatan membatik ecoprint memberikan pengaruh terhadap perkembangan kreativitas anak kelas B usia 5-6 tahun di TK Cemara Islamic Plus Lubuk Pakam. Berdasarkan hasil SPSS, nilai signifikansi nilai Asymp.Sig (0,001) lebih kecil dari nilai ? (0,05), sehingga Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikansi melalui kegiatan membatik ecoprint terhadap perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Cemara Islamic Plus Lubuk Pakam.

References

Adhe, K. R., Widayati, S., Simatupang, N. D., & Maulidah, E. C. (2023). Pengaruh Kegiatan Membatik Teknik Cap Berbasis Loosepart terhadap Kreativitas di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7777–7784. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5492

Fajrin, L. P., & Khoyimah, A. N. (2020). Meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak melalui batik jumputan. Journal of Islamic Early Chilhood Education, 1(1), 72–92.

Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusari, 4(2), 1143–1155.

Husnu, U. (2021). Analisis Kreativitas Kegiatan Menggambar pada Anak Usia Dini. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 1(2), 383–401. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i2.123

Kemendiknas. (2014). Permendikbud No 146 Tahun 2014. Permendikbud Repblik Indonesia, 8(33), 37.

Lismayani, A., Pratama, M. I., Amriani, R., Dzulfadillah, F., Pendidikan, C. A., & Pendidikan, G. (2023). CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education Pengaruh Media Loose Part terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. 6 Nomor 2. https://e-journal.my.id/cjpe

Sukaeti, A. T. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Membatik Di Kelompok B Taman Kanak Kanak Muslimat N.U Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 5(2), 253–263.

Sugoyono,(2019).Metode Penelitian Pendidikan(Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D).

Susanto,(2011).Perkembangan Anak Usia Dini:pengantar dalam setiap aspeknya.Kencana.

Wijayanti, A. N., Tengah, J., Info, A., Tisu, M., Pecing, B. A. V, Wijayanti, A. N., & Tengah, J. (2022). Upaya Meningkatkan Kreativitas Melalui Membatik Dengan Media Tisu Pada Anak Kelompok B Di Tk. 2(November), 1531–1539.

Winarsih, W. (2021). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Membatik. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 1(1), 24–35. https://doi.org/10.23960/jiip.v1i1.18010

Downloads

Published

2024-11-09

How to Cite

Sembiring, D. I. B. ., & Simatupang, D. . (2024). PENGARUH KEGIATAN MEMBATIK ECOPRINT TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK CEMARA ISLAMI PLUS LUBUK PAKAM T.A 2024/2025. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16119–16123. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37200