EFEKTIVITAS METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI PKPPS ALJAMIL KUTAI KARTANEGARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37111Keywords:
Mind Mapping, Hasil Belajar IPA, Pendidikan DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas metode Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA siswa di PKPPS Aljamil Kutai Kartanegara melalui metode studi literatur. Metode Mind Mapping adalah teknik pembelajaran visual yang dapat membantu siswa dalam mengorganisasikan informasi, meningkatkan daya ingat, dan memperdalam pemahaman konsep-konsep yang kompleks. Dalam konteks pembelajaran IPA, metode ini memungkinkan siswa memahami keterkaitan antarkonsep secara lebih jelas, sehingga mendukung pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur, di mana data diperoleh dari berbagai sumber ilmiah seperti jurnal, buku, dan artikel yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan pada mata pelajaran IPA, terutama dalam hal pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis. Namun, penelitian juga menemukan bahwa efektivitas metode ini sangat bergantung pada kemampuan guru dalam mengimplementasikannya serta kondisi fasilitas yang tersedia di sekolah. Studi ini mengisi kesenjangan penelitian terkait efektivitas Mind Mapping di sekolah dengan keterbatasan fasilitas, serta menyoroti pentingnya pelatihan bagi guru untuk mengoptimalkan penerapan metode ini. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan adaptif di lingkungan pendidikan dasar.References
Adilah, N. (2017). Perbedaan hasil belajar IPA melalui penerapan metode mind map dengan metode ceramah. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 98–103.
Amin, M. (2016). Pengaruh mind map dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 85–92.
Baeti, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 58–62.
Darmayoga, I. W., Lasmawan, I. W., & Marhaeni, A. (2013). Pengaruh implementasi metode mind mapping terhadap hasil belajar ips ditinjau dari minat siswa kelas IV SD Sathya Sai Denpasar. Ganesha University of Education.
Djunaedi, Marzuki, RAHMAWATI, Suryadi, I. G. I., & Pahmi. (2024). METODE PENELITIAN ADMINISTRASI. YPAD Penerbit, 1(1). https://journal.yayasanpad.org/index.php/ypadbook/article/view/153
Ekawati, N. M., & Kusumaningrum, D. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberrejo. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 31–35.
Imaduddin, M. C., & Utomo, U. H. N. (2012). Efektifitas metode mind mapping untuk meningkatkan prestasi belajar fisika pada siswa kelas VIII. Humanitas, 9(1), 62.
Kustian, N. G. (2021). Penggunaan metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 30–37.
Lukman, L. A., Martini, K. S., & Utami, B. (2015). Efektivitas Metode Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Disertai Media Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Di…. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1).
Marxy, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(2), 173–182.
Priantini, D. A. M. M. O. (2016). Pengaruh metode mind mapping terhadap keterampilan berpikir kreatif dan prestasi belajar IPS. Widya Accarya, 6(2).
Putri, I. Y., & Damayanti, P. V. (2022). Analisis Penggunaan Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Epistema, 3(2), 108–111.
Ruhama, I. A., & Erwin, E. (2021). Pengaruh penerapan model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar di masa pandemi covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 3841–3849.
Saputra, J., Triyogo, A., & Frima, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5133–5141.
Sari, E. N., Ridlo, S., & Utami, N. R. (2016). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sel di sma. Unnes Science Education Journal, 5(3).
Setyarini, D. (2018). Metode pembelajaran mind map untuk meningkatkan prestasi belajar anak didik sekolah dasar. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar, 6(2), 30–44.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suhada, S., Bahu, K., & Amali, L. N. (2020). Pengaruh metode pembelajaran mind map terhadap hasil belajar siswa. Jambura Journal of Informatics, 2(2), 86–94.
Sulichah, E. (2018). Efektivitas model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar ipa ditinjau dari motivasi belajar siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2), 71–77.
Susanti, S. (2016). Metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar IPS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 25–37.
Wijayanti, R., Lestari, P. B., & Rochsun, R. (2022). Efektivitas Pembelajaran Psikologi Pendidikan Dengan Mind Mapping Bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika Diukur Dengan Korelasi. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(2), 81–87.
Yakob, M., Marzuki, Tamagola, R. H. A., & Jon, E. (2024). Inovasi Dalam Pembelajaran Model, Metode, dan Aplikasi. PT Media Penerbit Indonesia.
Zahro, F., Degeng, I. N. S., & Mudiono, A. (2018). Pengaruh model pembelajaran student team achievement devision (STAD) dan mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 196.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Maksudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.