NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA (ANALISIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM MERDEKA JENJANG SEKOLAH DASAR)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36993Keywords:
Buku Teks; Sekolah Dasar; Moderasi BeragamaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat menganalisis nilai-nilai moderasi beragama (analisis pada mata pelajaran agama Islam dan budi pekerti kurikulum merdeka jenjang sekolah dasar). Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Proses pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan sumber data primer yaitu buku teks siswa mata pelajaran agama Islam dan budi pekerti kurikulum merdeka terdiri dari kelas I sampai kelas IV jenjang sekolah dasar, dan sumber data sekunder yaitu berupa jurnal-jurnal penelitian yang relevan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan, nilai-nilai moderasi beragama pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas rendah mulai kelas I terdapat pada Bab 2, 3, 4, 5, 7, 8, 9, dan 10; lanjut kelas II terdapat pada Bab 3, 7, dan 10; serta kelas III terdapat pada Bab 3, berisikan pembahasan tentang sikap berbagi, saling tolong menolong, toleransi beragama, gotong royong, tidak memilih teman, ungkapan terima kasih, disiplin, dan menghargai orang yang lebih tua. Sedangkan untuk kelas tinggi mulai dari kelas IV terdapat pada Bab 1, 2, 3, 8, dan 10; lanjut kelas V terdapat pada Bab 1, 2, 3, 4, 6, dan 8; serta kelas VI terdapat pada Bab 1, 2, 3, dan 8, berisikan pembahasan tentang penalaran, berbhinekaan global, berani mengambil keputusan, tanggung jawab, menghargai perbedaan, membangun komitmen kebangsaan yang kuat dari jiwa, menggalakkan anti kekerasan, dan membentuk sikap yang akomodatif.References
Asshidiqi, et all. (2023). Analisis Implementasi Nilai-nilai Moderasi Beragama di SDIT Cendekia Kabupaten Purwakarta. 14(2).
Chadidjah, sitti et all. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI(Tinjauan Analisis Pada Pendidikan Dasar,Menengah Dan Tinggi). Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 115.
Dewi, S., Zamroni, M. A., & Leksono, A. A. (2024). Penanaman Sikap Moderasi Beragama Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran PAI. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v4i1.1558
Dirman, A. G. T. (2024). Menggali Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Buku Ajar PAI dan Budi Pekerti Jenjang SMA. Jurnal Pemikiran Islam Vol.10, No.1, Juli 2024, 10(1), 93–106.
Hakim, L., Meria, A., & Suryadinata, S. (2023). Religious Moderation in Indonesian Context. Al-Albab, 12(1), 95–112. https://doi.org/10.24260/alalbab.v12i1.2619
Hamdi Pranata, Z. S. (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS MODERASI BERAGAMA DI PONDOK PESANTREN ISLAM AL MUKMIN. 11(2), 250–263.
Hasan, M. (2021). Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa. Jurnal Mubtadiin, 7(2), 111–123. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadii
Julianto, I. R., Nugroho, Y. E., & Supriyanto, T. (2023). Studi Literatur?: Teori Reader Response Sebagai Alternatif Metode Sastra. Sinau, 9(1), 86–92.
Mubarok, A. R., & Sunarto, S. (2024). Moderasi Beragama di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Journal of Islamic Communication Studies (JICoS), 2(1), 1–11. https://doi.org/10.15642/jicos.2024.2.1.1-11
MuhidinMuhammad Makky. (2021). Moderasi Dalam Pendidikan Islam dan Perspektif Pendidikan Nasional. Reslaj?: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 22–33. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.456
Nurdin, F. (2021). Moderasi Beragama menurut Al-Qur’an dan Hadist. Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah, 18(1), 59. https://doi.org/10.22373/jim.v18i1.10525
Nurullah, A., Panggayuh, B. P., & Shidiq, S. (2022). Implementasi Moderasi Beragama di Madrasah Aliyah Tahdzibun Nufus Jakarta dalam Terbentuknya Nilai-Nilai Moderasi Beragama. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 3(02), 175–186. https://doi.org/10.21154/maalim.v3i2.4950
OK, A. H., Al-Farabi, M., & Firmansyah, F. (2023). Internalization of Multicultural Islamic Education Values In High School Students. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(3), 221–228. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i3.265
Romlah, L. S., Hasanah, U., Alhafiz, F., Purnama, R., & Z, W. J. (2024). Strategi Pengembangan Pemahaman Moderasi Beragama Pada Kurikulum Madrasah. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 67–75. https://doi.org/10.24252/idaarah.v8i1.45319
Ruswandi, U. (2022). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. 5, 3194–3203.
Wahyudi, D., & Kurniasih, N. (2021). Literasi Moderasi Beragama Sebagai Reaktualisasi “Jihad Milenial” Era 4.0. Moderatio: Jurnal Moderasi Beragama, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.32332/moderatio.v1i1.3287
Yesi Arikarani, et all. (2024). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENGUATAN MODERASI BERAGAMA. Edification Journal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 71–88.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arfiana Sihombing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.