PERAN ARIE DWI NINGSIH TERHADAP ORGANISASI HIMPUNAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN ANAK USIA DINI INDONESIA (HIMPAUDI) WILAYAH DELI SERDANG SUMATERA UTARA

Authors

  • Arfiana Sihombing Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Solihah Titin Sumanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38176

Keywords:

Peran, Arie Dwi Ningsih, Organisasi.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran Arie Dwi Ningsih terhadap organisasi himpunan pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini Indonesia (HIMPAUDI) wilayah Deli Serdang Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi tokoh. Proses pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan sumber data primer adalah Arie Dwi Ningsih, kemudian sumber sekunder pada penelitian ini adalah jurnal, website, buku, dan karya ilmiah lainnya yang memiliki relevansi dengan judul penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa Arie sebagai ketua organisasi, memberikan pengaruh yang positif terhadap organisasi ini. HIMPAUDI DS termasuk salah satu organisasi terbesar di Sumatera Utara, dan Arie dapat menjadi seorang ketua pada organisasi tersebut tentunya sangat pantas. Hal ini dikarenakan pendidikan terakhir Arie S3 dengan Prodi Manajemen Pendidikan, sudah menjadi bekal bagi Beliau untuk mengelola HIMPAUDI DS, dalam melakukan perubahan, penginovasian, dan pengembangan organisasi tersebut.

References

Abijaya. (2021). Peranan Kepemimpinan dalam Organisasi (Studi Kasus Peran Pimpinan dalam Menjaga Soliditas Karyawan di PT. Nippon Indosari Corpindo). Jurnal Soshum Insentif, 4(1), 17–26. https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalsoshum/article/view/442/156

Amin, S., & Siregar, F. M. (2015). Pemimpin Dan Kepemimpinan Dalam Al-Qur’an. Tanzil?: Jurnal Studi Al-Qur’an, 1(1), 27. https://doi.org/10.20871/tjsq.v1i1.78

Asep Munajat, & Ibnu Hurri. (2019). Implementation of Himpaudi Chairperson’s Leadership in Strengthening the Competence of PAUD Teachers in the City of Sukabumi. Journal Civics and Social Studies, 3(2), 1–12.

Aynun Nurul Ulufah, Achmad Patoni, & Binti Maunah. (2024). Komponen Kepemimpinan Transformatif Di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Arjuna?: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(3), 97–109. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i3.811

Choir, A. (2016). Urgensi Manajemen Pendidikan Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 1(1). https://doi.org/10.18860/jmpi.v1i1.3371

Daswati. (2012). Implementasi Peran Kepemimpinan Dengan Gaya Kepemimpinan Menuju Kesusksesan OrganisasiJurnal Academia Fisip Untad. Jurnal Academia Fisip Untad, 04(01), 783–798.

Irawati, A. K. (2008). Konsep Kepemimpinan dalam Perubahan Organisasi (Organizational Change) pada Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Studi Perpustakaan Dan Informasi, Vol.4, No.(1), 1–7. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/39666084/1984081820101210042014-06-09-14-16-29-01-libre.pdf?1446623147=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3D1984081820101210042014_06_09_14_16_29_01.pdf&Expires=1679237312&Signature=F3bJBaQmBX4IpdigigB-w

Lubis, D., Fatimah, S., Subandi, S., & Makbuloh, D. (2024). Strategi Pengembangan Budaya Organisasi Dalam Lembaga Pendidikan Islam. POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, 4(1), 66–76. https://doi.org/10.24127/poace.v4i1.5284

Madyarti, G. M. (2021). Peran Pemimpin Dalam Memotivasi dan Meningkatkan Kinerja Pegawai. Proceeding: Islamic University of Kalimantan, 291–297. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/PIUOK/article/view/4728

Markuri, P., Yetri, Y., & Fakhri, J. (2023). Efektifitas Organisasi Himpaudi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Bandar Lampung. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 149–155. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i1.19475

Marliah, & Kartika, P. (2018). PERAN HIMPAUDI DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN PAUD DI KOBER DARUL FAROHI. Jurnal Comm-Edu, 1(3), 14–19.

Nudin, B. (2017). Peran Budaya Organisasi IPNU-IPPNUdalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Sleman. El-Tarbawi, 10(1), 91–104. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol9.iss1.art5

Pertiwi, N., & Atmaja, H. E. (2021). Literature Review: Peran Kepemimpinan Dalam Manajemen Perubahan Di Organisasi. Jurnal EK&BI, 4, 2620–7443. https://doi.org/10.37600/ekbi.v4i2.324

Rezeki Hasibuan, S., Titin Sumanti, S., & Rozi, F. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pola Perilaku Komunikasi Siswa Sma Ar-Rahman Medan. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(5), 1411–1418. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i5.803

Rosilawati, Y., et. . a. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KAPASITAS ORGANISASI HIMPAUDI DIY (pp. 1–19).

Safri, H. (2017). Manajemen dan Organisasi dalam Pandangan Islam. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2(2), 154–166. https://doi.org/10.24256/kelola.v2i2.437

Syihabuddin, M. A. (2021). Budaya Organisasi Lembaga Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Menara, 12(2), 1–4.

Tedjawati, J. (2011). Peran HIMPAUDI Dalam Pengembangan PAUD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(1), 123–133. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i1.12

Downloads

Published

2024-11-23

How to Cite

Sihombing, A. ., & Sumanti, S. T. . (2024). PERAN ARIE DWI NINGSIH TERHADAP ORGANISASI HIMPUNAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN ANAK USIA DINI INDONESIA (HIMPAUDI) WILAYAH DELI SERDANG SUMATERA UTARA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16688–16696. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38176