PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSI MELALUI CIVIC ENGAGEMENT MENUJU MODERASI BERAGAMA DI SEKOLAH YAYASAN SULTAN ISKANDAR MUDA KOTA MEDAN

Authors

  • Aprianta Tarigan Universitas Negeri Medan
  • Risa Elvina Nasution Universitas Negeri Medan
  • Ulfa Fatimah Universitas Negeri Medan
  • Tawarika Maritoda Pandiangan Universitas Negeri Medan
  • Lisa Caroline Pakpahan Universitas Negeri Medan
  • Herlinda Herlinda Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42098

Keywords:

Pendidikan Inklusi, Civic Engagement, Moderasi Beragama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti penerapan pendidikan inklusi dan civic engagement menuju moderasi beragama di Sekolah Yayasan Sultan Iskandar Muda Kota Medan. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya memahami keberagaman, menerima perbedaan, dan hak untuk menerima pendidikan tanpa diskriminasi. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan sumbangan penting dalam membentuk generasi muda yang memiliki pemahaman yang mendalam mengenai pendidikan inklusi dan civic engagement untuk mewujudkan moderasi beragama yang baik. Luaran yang ditargetkan dari penelitian ini adalah menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, memperkuat toleransi dan penghargaan terhadap perbedaan, serta meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk meneliti penerapan pendidikan inklusi melalui civic engagement menuju moderasi beragama di Sekolah Yayasan Sultan Iskandar Muda Kota Medan. Subjek penelitian meliputi guru, siswa, dan orang tua siswa kelas VIII di SMP tersebut. Lokasi penelitian dipilih karena memiliki keanekaragaman agama dan budaya yang signifikan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi langsung, wawancara, dan analisis dokumentasi. Analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman.

References

Abror, M. (2020). Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi:Kajian Islam dan Keberagaman. Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 143–155.

Bahri, S. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 94–100.

Farhan Alfikri, Nyayu Khodijah, E. S. (2022). ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSI. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Hasan, M. (2021). Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa. Jurnal Mubtadiin, 7(2), 111–123. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadii

Hidayatulloh, D. S., & Hilmi, F. (2022). Pendidikan Inklusi Dalam Pembinaan Moderasi Beragama. In Gunung Djati Conference Series, Volume 10, 1– 9. Lestari, A., Setiawan, F. and Agustin, E. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Arzusin, 2(6), 602–610

Nurfadhillah, S. et al. (2022). Peran Tenaga Pendidik dan Orang Tua serta Masyarakat dalam Pendidikan Inklusi (Bimbingan dalam Pendidikan Inklusi). Tsaqofah, 2(6), 653–651.

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Roulina Sihombing, S. and Alhudawi, U. (2023). Memperkuat Civic Engagement Pada Generasi Muda. Pancasila and Civic Education Journal, 2(2), 1–8.

Downloads

Published

2025-01-25

How to Cite

Tarigan, A., Nasution, R. E., Fatimah, U., Pandiangan, T. M., Pakpahan, L. C., & Herlinda, H. (2025). PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSI MELALUI CIVIC ENGAGEMENT MENUJU MODERASI BERAGAMA DI SEKOLAH YAYASAN SULTAN ISKANDAR MUDA KOTA MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 1562–1567. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42098

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.