PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSI MELALUI CIVIC ENGAGEMENT MENUJU MODERASI BERAGAMA DI SEKOLAH YAYASAN SULTAN ISKANDAR MUDA KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42098Keywords:
Pendidikan Inklusi, Civic Engagement, Moderasi BeragamaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti penerapan pendidikan inklusi dan civic engagement menuju moderasi beragama di Sekolah Yayasan Sultan Iskandar Muda Kota Medan. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya memahami keberagaman, menerima perbedaan, dan hak untuk menerima pendidikan tanpa diskriminasi. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan sumbangan penting dalam membentuk generasi muda yang memiliki pemahaman yang mendalam mengenai pendidikan inklusi dan civic engagement untuk mewujudkan moderasi beragama yang baik. Luaran yang ditargetkan dari penelitian ini adalah menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, memperkuat toleransi dan penghargaan terhadap perbedaan, serta meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk meneliti penerapan pendidikan inklusi melalui civic engagement menuju moderasi beragama di Sekolah Yayasan Sultan Iskandar Muda Kota Medan. Subjek penelitian meliputi guru, siswa, dan orang tua siswa kelas VIII di SMP tersebut. Lokasi penelitian dipilih karena memiliki keanekaragaman agama dan budaya yang signifikan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi langsung, wawancara, dan analisis dokumentasi. Analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman.References
Abror, M. (2020). Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi:Kajian Islam dan Keberagaman. Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 143–155.
Bahri, S. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 94–100.
Farhan Alfikri, Nyayu Khodijah, E. S. (2022). ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSI. Braz Dent J., 33(1), 1–12.
Hasan, M. (2021). Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa. Jurnal Mubtadiin, 7(2), 111–123. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadii
Hidayatulloh, D. S., & Hilmi, F. (2022). Pendidikan Inklusi Dalam Pembinaan Moderasi Beragama. In Gunung Djati Conference Series, Volume 10, 1– 9. Lestari, A., Setiawan, F. and Agustin, E. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Arzusin, 2(6), 602–610
Nurfadhillah, S. et al. (2022). Peran Tenaga Pendidik dan Orang Tua serta Masyarakat dalam Pendidikan Inklusi (Bimbingan dalam Pendidikan Inklusi). Tsaqofah, 2(6), 653–651.
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Roulina Sihombing, S. and Alhudawi, U. (2023). Memperkuat Civic Engagement Pada Generasi Muda. Pancasila and Civic Education Journal, 2(2), 1–8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aprianta Tarigan, Risa Elvina Nasution, Ulfa Fatimah, Tawarika Maritoda Pandiangan, Lisa Caroline Pakpahan, Herlinda Herlinda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.