PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ANAK TUNANETRA DI SLB KOTA PEKANBARU

Authors

  • Rifqi Abdillah Universitas Islam Riau
  • Merlina Sari Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36840

Keywords:

Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Anak Tunanetra

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani anak tunanetra di SLB Kota Pekanbaru. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah guru SLB Kota Pekanbaru yang berjumlah 9 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 9 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani anak tunanetra di SLB Kota Pekanbaru termasuk pada rentang nilai 81-100% atau dalam kategori sangat kuat dengan persentase sebesar 81.01%. Harapan penelitian ini adalah agar hasil yang diperoleh dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pendekatan, strategi, dan metode yang paling efektif dalam pembelajaran pendidikan jasmani bagi anak tunanetra di sekolah luar biasa (SLB). Selain itu, penelitian ini juga diharapkan memberikan kontribusi dalam merumuskan kebijakan pendidikan yang lebih baik, khususnya dalam bidang olahraga bagi siswa berkebutuhan khusus, guna meningkatkan kualitas pendidikan jasmani di SLB, khususnya di Kota Pekanbaru.

References

Apriani, L., Sari, M., & Alpen, J. (2021). Studi Eksperimen Pada Unit Kegiatan Mahasiswa Petanque Universitas Islam Riau: Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Permainan Hadang dan Bentengan. Jurnal MensSana, 6(1), 50–55. https://doi.org/10.24036/menssana.06012021.19

Gazali, N. (2016). Pengaruh Metode Kooperatif dan Komando Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Bermain Sepakbola. Journal Sport Area, 1(1), 56. https://doi.org/10.30814/sportarea.v1i1.373

Nababan, Y. R., Suwarni, & Ferdima, F. E. (2021). Analysis of Online Learning in Physical Education, Sports and Health on Learning Outcomes of Class III Students at SD Negeri 03 Air Rami Muko-Muko. Sinar Sport Jurnal, 2, 1. https://doi.org/10.53697/ssjv1i2

Ramadhan, F., Yulianti, M., & Henjilito, R. (2020). Penerapan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar dribble bolabasket. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 1(1), 50–59. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(1).5122

Rohman, A., & Hakim. (2017). Memuliakan Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendidikan Jasmani Adaptif. Urnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 17.

Santy, S., & Daharis, D. (2023). The Relationship between Arm Muscle Strength and Hand-Eye Coordination on Underpassing Skills in Volleyball Extracurricular Students at SMK Taruna Satria Pekanbaru. Jurnal Olahraga Indragiri, 7(1), 75–83. https://doi.org/10.61672/joi.v7i1.2610

Sari, M. (2016). Kontribusi Lingkungan Keluarga dan Aktivitas Fisik Terhadap Kesegaran Jasmani Anak Tunagrahita. Journal Sport Area, 1(1), 38. https://doi.org/10.30814/sportarea.v1i1.374

Siregar, A. S., & Yani, A. (2023). Kontribusi Kelincahan dan Kelenturan Tubuh Terhadap Keterampilan Menggiring Bola Futsal Pada Siswa Ekstrakurikuler SMK Taruna Satria Kota Pekanbaru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 782–792. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19159

Surahni. (n.d.). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) sebagai Sarana Pendidikan Moral.

Titania, A., & Zulrafli. (2022). Tingkat VO2 Max Pemain Tim Futsal Putri Accasia. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 3(1), 56–66. https://doi.org/10.43231/jpt.v3i1.3314

Downloads

Published

2024-10-29

How to Cite

Abdillah, R. ., & Sari, M. . (2024). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ANAK TUNANETRA DI SLB KOTA PEKANBARU . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15757–15764. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36840

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.