IMPLEMENTASI PERKEMBANGAN MORAL DAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Wanda Citra Dewi Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Ayda Fitria Balqis Universitas Sunan Giri
  • M. Nur Wahid Universitas Sunan Giri
  • Irfan Nofa Sagita Universitas Sunan Giri
  • Farhan Farhan Universitas Sunan Giri
  • M. Sholehuddin Sulaiman Universitas Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32022

Keywords:

Konsep Moral Dan Akhlak Dalam Islam

Abstract

Moral serta akhlak jaman sekarang dipandang ilmu belaka tiada memerlukan adanya relasi nyata, pada intinya moral dan akhlak sangat penting dalam kehidupan sehari-hari bagi anak. Supaya pendidikan moral serta akhlak anak disekolah lebih baik, maka dari itu banyak sekolah yang mengedepankan aspek kognitif akan menjadi tumpuan, lebih diamati. Aspek moral sebenarnya merupakan bagian dari pengembangan keterampilan emosional semakin terpinggirkan dengan adanya moderisasi, dengan penekanan pada keterampilan kognitif dan penguasaan teknologi (keterampilan psikomotorik). Semua itu bukan karena tuntutan gaya hidup yang matrialistis, melainkan segala sesuatu diukur dengan materi, dan juga menjadi tujuan utamanya, maka tidak heran jika penurunan dan dekadensi moral tidak bisa dihindari hentikan kerusakan moral. Supaya moral serta akhlak bisa baik maka penelitian ini yakni pendekatan kualitatif teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui studi literatur yang mengambil teori dari buku-buku dan refrensi lainnya. Hasil pembahasan tersubut dijelaskan beberapa masalah tentang konsep moral dan akhlak anak dalam islam mempengaruhi anak, dan juga membahas metode atau pendekatan yang digunakan dalam pendidikan agama Islam untuk mengembangkan moral dan akhlak anak. Moral dalam bahasa latin yaitu mores, yang bermakna adat, kebiasaan ataupun gayaa hidup seseorang. Moral ialah prinsip baik serta buruk yang melekat pada diri seseorang. Menurut Kohlburg (Monks et al., 2002), ada tiga tahapan perkembangan moral yakni pra-konvensional, konvensional, dan pasca-konvensional. Banyak sekali metode serta pendekatan yang bisa digunakan dalam pembelajaran khususnya dalam meningkatkan moral anak usia dini, dan ada beberapa strategi guna mengembangkan moral serta akhlak didalam nilai islam yakni termasuk memberikan rasa aman kepada anak-anak, mencium dan membelai mereka, menanamkan rasa cinta kepada tanah air mereka, mengajarkan mereka untuk meneliti dan melihat apa yang diciptakan Tuhan. Berdasarkan pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwaperkembangan moral dan akhlak dalam prespektif pendidikan agama islam. Melalui konsep moral serta akhlak dalam mempengaruhi anak serta metode pendekatan yang digunakan dalam pendidikan agama islam untuk mengembangkan moral dan akhlak anak yang dapat mengubah anak menjadi lebih baikdan positif. Salah satu aspek terebut ialah metode pendekatan untuk mengembangkan moral dan akhlak anak, pembelajaran PAI dengan memberikan pengalaman belajar bagaimana cara menanamkan moral dan akhlak lebih baik, sehingga dengan menggunakan metode pendekatan hasil moral dan akhlak anakdapat meningkat.

Downloads

Published

2024-08-12

How to Cite

Dewi , W. C. ., Balqis, A. F. ., Wahid, M. N. ., Sagita, I. N. ., Farhan, F., & Sulaiman, M. S. . (2024). IMPLEMENTASI PERKEMBANGAN MORAL DAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11859–11865. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32022