IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH ALAM BENGKULU MAHIRA KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27446Keywords:
Implementasi Pendidikan Inklusif, Anak Berkebutuhan Khusus.Abstract
Pendidikan inklusif berarti bahwa anak-anak dengan kebutuhan khusus memiliki kesempatan untuk belajar di sekolah dan di kelas yang sama dengan siswa biasa. Ini memastikan bahwa setiap anak memiliki kebebasan untuk belajar. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskaan bagaimana implementasi pendidikan inklusif di sekolah alam bengkulu mahira. (2) menganalisis faktor apa saja yang menghambat dalam keberhasilan pendidikan inklusif di sekolah alam bengkulu mahira. (3) dan untuk mengetahui faktor apa yang mendukung keberhasilan pendidikan inklusif di sekolah alam bengkulu mahira. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptip, menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan data collection (pengumpulan data), data reducation (reduksi data), data display (penyajian data), dan verification (kesimpulan). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Di sekolah alam Bengkulu Mahira, implementasi pendidikan inklusif dilaksanakan dengan lancar dan sesuai dengan buku pedoman, dengan sarana dan prasarana yang memadai. (2) Sekolah alam di Bengkulu memiliki banyak faktor pendukung, seperti penggunaan kurikulum yang dimodifikasi, peran guru dan guru pendamping dalam pelaksanaan pendidikan inklusif, sekolah memiliki program-program yang memenuhi kebutuhan anak berkebutuhan khusus, lingkungan sekolah penyelenggara pendidikan inklusif saling bekerja sama, ketersediaan sarana dan perlengkapan yang memenuhi kebutuhan anak berkebutuhan khusus, dan evaluasi pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. (3) Sekolah alam Bengkulu mahira menghadapi beberapa tantangan, seperti kurangnya pemahaman guru dan guru pendamping tentang anak berkebutuhan khusus, kurangnya guru dengan gelar pendidikan luar biasa (PLB), dan kurangnya kepercayaan orang tua peserta didik kepada sekolah. Untuk mengatasi masalah ini, sekolah memberikan pelatihan dan komunikasi secara rutin dengan orang tua murid.References
Ardhika, Roan, and Muhammad Syaifudin. 2023. “Analisis Kebijakan Pemerintah Mengenai Sekolah Inklusif.” Jurnal Inovasi Penelitian 3(8):7242–58.
Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa. 2011. “Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Insklusif.” Departement Pendidikan Nasional (70):1–36.
Farah, Arriani. 2022. “Panduan Pendidikan Inklusif.” Plt. Kepala Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi 1–50.
Ilahi, mohammad takdir. 2013. Pendidikan Inklusif Konsep & Aplikasi. jogjakarta: Ar-ruzz media.
Mansir, Firman. 2021. “Pendidikan Inklusi Dalam Perspektif Pendidikan Islam: Dinamika Pada Sekolah Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 7(1):1–17.
Nurwan, tryas wardani. 2019. “Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Di Sekolah Dasar.” Journal of Education on Social Science 3(2):201–12.
Sahrudin, Mirna, Novianti Djafri, and Arifin Sukung. 2023. “Pengelolaan Pendidikan Inklusif.” Jambura Journal of Education Management 4(1):162–79.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. bandung: alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. bandung: alfabeta.
Suwandayani, beti istanti. 2019. “Penerapan Pendidikan Inklusi Berbasisi Kontektual Di Sekolah Dasar.” ELSE (Elementary School Education Journal 3(1).
Wardani, k. sri kusuma, ni luh putu nina Sriwarthini, aisa nikmah Rahmati, fitri puji Astria, and Nurwahidah. 2020. “Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SDN 20 Mataram.” Progres Pendidikan 1(2):99–105.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sentia Alisah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.