PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ANAK TUNANETRA DI SLB KOTA PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36840Keywords:
Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Anak TunanetraAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani anak tunanetra di SLB Kota Pekanbaru. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah guru SLB Kota Pekanbaru yang berjumlah 9 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 9 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani anak tunanetra di SLB Kota Pekanbaru termasuk pada rentang nilai 81-100% atau dalam kategori sangat kuat dengan persentase sebesar 81.01%. Harapan penelitian ini adalah agar hasil yang diperoleh dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pendekatan, strategi, dan metode yang paling efektif dalam pembelajaran pendidikan jasmani bagi anak tunanetra di sekolah luar biasa (SLB). Selain itu, penelitian ini juga diharapkan memberikan kontribusi dalam merumuskan kebijakan pendidikan yang lebih baik, khususnya dalam bidang olahraga bagi siswa berkebutuhan khusus, guna meningkatkan kualitas pendidikan jasmani di SLB, khususnya di Kota Pekanbaru.References
Apriani, L., Sari, M., & Alpen, J. (2021). Studi Eksperimen Pada Unit Kegiatan Mahasiswa Petanque Universitas Islam Riau: Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Permainan Hadang dan Bentengan. Jurnal MensSana, 6(1), 50–55. https://doi.org/10.24036/menssana.06012021.19
Gazali, N. (2016). Pengaruh Metode Kooperatif dan Komando Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Bermain Sepakbola. Journal Sport Area, 1(1), 56. https://doi.org/10.30814/sportarea.v1i1.373
Nababan, Y. R., Suwarni, & Ferdima, F. E. (2021). Analysis of Online Learning in Physical Education, Sports and Health on Learning Outcomes of Class III Students at SD Negeri 03 Air Rami Muko-Muko. Sinar Sport Jurnal, 2, 1. https://doi.org/10.53697/ssjv1i2
Ramadhan, F., Yulianti, M., & Henjilito, R. (2020). Penerapan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar dribble bolabasket. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 1(1), 50–59. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(1).5122
Rohman, A., & Hakim. (2017). Memuliakan Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendidikan Jasmani Adaptif. Urnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 17.
Santy, S., & Daharis, D. (2023). The Relationship between Arm Muscle Strength and Hand-Eye Coordination on Underpassing Skills in Volleyball Extracurricular Students at SMK Taruna Satria Pekanbaru. Jurnal Olahraga Indragiri, 7(1), 75–83. https://doi.org/10.61672/joi.v7i1.2610
Sari, M. (2016). Kontribusi Lingkungan Keluarga dan Aktivitas Fisik Terhadap Kesegaran Jasmani Anak Tunagrahita. Journal Sport Area, 1(1), 38. https://doi.org/10.30814/sportarea.v1i1.374
Siregar, A. S., & Yani, A. (2023). Kontribusi Kelincahan dan Kelenturan Tubuh Terhadap Keterampilan Menggiring Bola Futsal Pada Siswa Ekstrakurikuler SMK Taruna Satria Kota Pekanbaru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 782–792. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19159
Surahni. (n.d.). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) sebagai Sarana Pendidikan Moral.
Titania, A., & Zulrafli. (2022). Tingkat VO2 Max Pemain Tim Futsal Putri Accasia. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 3(1), 56–66. https://doi.org/10.43231/jpt.v3i1.3314
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rifqi Abdillah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.