IMPLEMENTASI MODUL AJAR MATEMATIKA BERBASIS MAKANAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36672Keywords:
Modul Ajar, Hasil Belajar, Makanan TradisionalAbstract
Rendahnya hasil belajar matematika khususnya menentukan keliling bangun datar dipengaruhi oleh rendahnya minat belajar siswa. Selama ini pembelajaran matematika di sekolah dasar terkesan menakutkan. Sehingga proses belajar mengajar tidak dapat berjalan maksimal. Oleh karena itu, peneliti berusaha menumbuhkan minat belajar matematika. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan makanan tradisional. Makanan tradisional dapat menumbuhkan minat belajar matematika khususnya menentukan keliling bangun datar sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 6 yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Melalui penelitian tersebut ditemukan bahwa proses belajar mengajar yang menyenangkan dapat menumbuhkan minat belajar yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Belajar matematika yang awalnya terkesan menakutkan, ternyata bisa berubah menjadi pembelajaran yang menyenangkan. Hal ini ditandai dengan pembelajaran interaktif. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan tercapainya nilai siswa pada saat pretest dan posttest. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari 19 siswa sebesar 51,35% menjadi 32 siswa sebesar 86,49%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 67,84 menjadi 83,92References
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Fitriyani, Y., Supriatna, N., & Sari, M. Z. (2021). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 97. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3462
Hasriadi. (n.d.). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. In Jurnal Sinestesia (Vol. 12, Issue 1). https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/161
Kasih, S., Marzuki, S., & Silvia, M. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas XI IPS 1 di SMA.
Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik IKIP PGRI Bojonegoro, U., Vitriana Indofah, A., & Hasanudin, C. (n.d.). 110 Prosiding Seminar Nasional Daring Prosiding Seminar Nasional Daring Anggapan Siswa Tentang Pelajaran Matematika yang Sulit dan Menakutkan.
Magdalena, I., Wahyuni, A., & Hartana, D. D. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Daring Yang Efektif Selama Pandemi Di Sdn 1 Tanah Tinggi. In EDISI?: Jurnal Edukasi dan Sains (Vol. 2, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925
Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Ardiansyah, P., Jailani, Ms., Negeri, S., Provinsi Jambi, B., & Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (n.d.). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan
Perwita Sari, S., & Aprilia, S. (2020). EJoES Educational Journal of Elementary School Penggunaan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. In Educational Journal of Elementary School (Vol. 1). http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/EJoES/index
Piska, O.?:, Andira, A., Utami, A., Astriana, M., & Walid, A. (n.d.). Analisis Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA. 11, 2022.
Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 1(2), 17–22.
Qiptiyyah, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Pkn Materi Kedudukan Dan Fungsi Pancasila Melalui Metode Jigsaw Kelas Viii F Mts Negeri 5 Demak. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1).
Sahira Lestary, V. (2023). Analisis Bibliometrik: Fokus Penelitian Problem Based Learnig Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(1), 120–125.
Tinggi, S., & Islam Binamadani, A. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Utami Maulida. In Agustus (Vol. 5, Issue 2). https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi
Vilian Utama, L., Widodo, N., Catur Wilujeng, E., Universitas Muhammadiyah Malang, F., & Ngaglik, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Melalui Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas Iv-A Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 7(1). http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd
Wahyuni, V. (2022). Validity and Reliability of Mathematical Communication Ability Test Instruments Relation and Function Materials. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 89–99. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2232
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Henri Mustofa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.