PENGARUH KOPETENSI GURU DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMAN 6 KOTA JAMBI

Authors

  • Wila Yurnita [email protected]
  • Mohammad Muspawi Universitas Jambi
  • K.A Rahman Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36235

Keywords:

Kompetensi Guru, Minat Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMAN 6 Kota Jambi. Kompetensi guru yang baik dan minat belajar yang tinggi pada siswa akan mampu meningkatkan prestasi belasar pada siswa. Prestasi belajar siswa merupakan hasil yang dicapai setelah mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu kompetensi dan minat belajar pada siswa wajib di miliki untuk ketercapian dalam proses Pendidikan. Metode penelitian ini menggunkan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan  115 siswa kelas XI IPS, dan sampel diambil sebanyak 53 responden menggunakan purposive sampling. Analisis yang digunakan regresi linear berganda, uji t , uji f dan koefesien determinasi.  Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa kompetensi guru Dan minat belajar siswa mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas IX IPS di SMA N 6 Kota Jambi . Hal ini di tunjukkan dengan Nilai Fhitung Kopetensi Guru dan Minat Belajar Siswa  sebesar 25.694 artinya 25.694 > 3.18  atau nilai Fhitung > Ftabel. Selain itu, nilai signifikan 0,000 kurang dari 0,05 Hasil uji F menggunakan SPSS.24 for Windows disajikan.

Downloads

Published

2024-10-21

How to Cite

Yurnita, W. ., Muspawi, M. ., & Rahman, K. . (2024). PENGARUH KOPETENSI GURU DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMAN 6 KOTA JAMBI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15042–15049. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36235