PENGARUH MEDIA BOARD GAME TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKIT KIPAS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34656Keywords:
Anak Usia Dini, Perkembangan Kognitif, Media Board Game.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh observasi secara langsung yang menunjukkan banyak anak yang tidak memiliki kemampuan kognitif yang baik. Di TKIT KIPAS yang diamati ada beberapa masalah yakni : kurangnya media pembelajaran, pembelajaran yang kaku, kurang menarik, dan terpaku dengan majalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media board game terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TKIT KIPAS. Variabel bebas adalah media board game, variabel terikat adalah perkembangan kognitif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan Pretest Posttest Control Design, dengan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dan kelas kontrol tanpa diberikan perlakuan. Pengaruh perlakukan diukur dari perbedaan antar pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode analisis statistik parametrik yaitu Paired Sample t-Test dengan bantuan SPSS realese 25. Dari hasil analisis data diperoleh nilai sig. (2 tailed) kelas eksperimen sebesar 0,000 < 0,005 dan uji-t pada kelas eksperimen pretest dan posttest sebesar (7,543) > (1,708), hal ini berarti ditolak. Disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan media board game terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TKIT KIPAS terbukti kebenarannya. Hal ini dapat diketahui dari perkembangan kognitif pada posttest lebih baik daripada pretest.References
Abdurahman, Astuti. 2021. Pengaruh Permainan Maze Terhadap Kemampuan Kognitif Di TK Nurul Talakalabbua Kabupaten Takalar.
Ahmad Susanto. 2016. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kusama Perdana Media Group.
Depdiknas. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 58. Jakarta : Direktorat PAUD.
Hakim, Lukman. 2019. Pengaruh Media Board Game Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik.
Hayati, H. S., Mynawati, C., & Asmawi, M. (2017). Effect of traditional games, learning motivation and learning style on childhollds gross motor skills. International Journal of Education and Research, 5(7).
Hayati, Sholatul. 2018. Tangkas Fisik-Motorik dengan Permainan Tradisional. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Iswandi. 2021. Pengembangan Media Board Games Labirin Pada Pelajaran Biologi Materi Sistem Pencernaan Siswa Kelas XI IPA SMAN 9 Maros.
Khadijah. 2016. Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori dan Pengembangannya. Medan : Perdana Publishing.
Mardhotillah, Idho. 2018. Pengembangan Media Maze Matematika Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak.
Septiyani, Kultum, Peduk R, dan Siti. 2017. Pengaruh Board Games Terhadap Mathematic Ability Dalam Pengenalan Konsen Penjumlahan dan Pengurangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun.
Shafariya, Sellya; Yuliansyah, Hendy; Triyadi, Agus. 2020. Perancangan Board Game Sebagai Media Bantu Edukasi Untuk Anak Usia 4-5 Tahun.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : CV Alfabeta.
Suyadi dan Maulidya Ulfa. 2012. Konsep Dasar PAUD. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Yulistari, Novita.2018. Pengaruh Penggunaan Alat Permainan Edukatif Maze Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Atika Islami Utami Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.