PENGARUH PERMAINAN SENSORY PATH TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD AZZAHRA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32744Keywords:
Sensory Path, Motorik Kasar, Anak Usia 4-5 tahunAbstract
Salah satu aspek perkembangan anak yang perlu dioptimalkan sejak dini adalah keterampilan motorik. Perkembangan motorik termasuk usaha untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan tumbuh anak, sehingga mendukung untuk mengoptimalkan perkembangan aspek lainnya. Banyak anak yang kesulitan dalam melakukan gerakan melompat, berlari dan melempar. Hal ini dikarenakan kurangnya stimulasi yang diberikan dan media yang digunakan dalam pembelajaran masih kurang menarik minat anak. Tujuan penlitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh permainan sensory path terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di kota Cilegon. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan sampel 37 anak sampel penelitian ini adalah non probability sampling dengan jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: Observasi, wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan Analisis regresi linear sederhana data di analisis menggunakan SPSS versi 29. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode One way ANOVA. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh permainan sensory path terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di PAUD Azzahra. Hal ini dibuktikan dari hasil uji one way ANOVA memiliki nilai f hitung 3,883 > f tabel 2,85 pengujian hipotesis dilakukan dengan ketentuan f hitung > f tabel maka H0 di tolak,. Sehingga di dapatkan nilai uji R square sebesar 39.5%. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan media permainan sensory path terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di PAUD Azzahra Cilegon.References
Adinda Desi. 2020. Penggunaan Media Permainan Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak di TK Al- Khairat Maku Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi. Skripsi
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Asfinolia, dkk. 2022. “Penerapan Sensory Path dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun”. JEPKM: Jurnal Edukasi dan Pengabdian kepada Masyarakat. Vol. 1, No. 2, Desember 2022
Hayati, Sholatul. 2018. Tangkas Fisik-Motorik dengan Permainan Tradisional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kusumah, Wijaya & Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks
Mujib, Fathul & Nailur Rahmawati. 2013. Metode Permainan-Permainan Edukatif dalam Belajar Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press
Ndaru, dkk. 2017. “Pengembangan Permainan Aku dan Hewan Menggunakan Multimedia Interaktif Untuk Guru Anak Usia Dini”. GPJI: Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia. Vol.1, No. 1, tahun 2017
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
________. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
________. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
________. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
________. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
________. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Yuliani Nuraini. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks
Wahidah, Anita Solihatul & Indri Sulistyani. 2022. Penerapan Alat Permainan Edukatif Sensory Path dalam Meningkatkan Aspek Perkembangan Kognitif Anak Kelompok A (Usia 4-5 Tahun) di TK PGRI 3 Ngawi, DS. Mangunharjo, Kec. Ngawi, Kab. Ngawi. Jurnal Pendidikan. KURIKULA Vol. 07, No. 01 Tahun 2022 P-ISSN 2548-6063
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Azqiyatul Mukaromah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.