PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA BANI NURZAINI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33338Keywords:
Anak Usia Dini, Penggunaan Media Audio Visual, Perkembangan Kognitif AnakAbstract
Penggunaan media audio visual saat pembelajaran akan mempengaruhi perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun seperti mengklasifikasikan bentuk-bentuk geometri, mengenal warna, mengetahui angka dan menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif. Media audio visual adalah perantara atau penyampaian pesan pembelajaran yang mengandung komponen atau unsur visual dan suara. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan media audio visual di RA Bani Nurzaini, mengetahui perkembangan kognitif di RA Bani Nurzaini, dan mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Bani Nurzaini. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kuasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap perkembanngan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Bani Nurzaini. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan untuk pengaruh pengunaan media audio visual terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Bani Nurzaini. Dengan pelaksanaan pembelajaran menggunakan media audio visual di RA Bani Nurzaini dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun, dikarnakan dengan media ini anak akan lebih mudah memahami karena belajar dengan menarik dan menyenangkan.References
Fridani, L. 2018. Ibuku Sibuk Antara Tuntutan dan Pilihan. Penerbit Lentera Ilmu Cendikia.
Khadijah, 2016, Pendidikan Prasekolah, Medan: Perdana Publishing.
Amini, M. (n.d.). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. UT Repository.
Montesori, Yus, A. 2014. Model Pendidikan Anak Usia Dini (Jeffry (ed.); ke-3). Prenadamedia Group.
Khadijah, 2016, Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori Dan Perkembangannya, Medan: Perdana Publishing
Nurani, Yuliani dkk, 2011. Metode Pengembangan Kognitif, Jakarta: Universitas Terbuka
Pangestika Arum Pambudi, 2017. Pengaruh Media Audio Vidual Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B di TK Pertiwi Jenggrik II, Sragen
Depdiknas, 2007. Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Fajar Interpratama
Arief S Sadiman, dkk. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anka Usia Dini, Jakarta: Prenada Media Group
Sujiono, 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta Barat: Indeks
Hj. Solatul Hayati. 2023. Potensi Cerita Anak Sebagai Penguat Pendidikan Karakter Bangsa. https://doi.org/10.26499/wdprw.v51i1.797.
Arsyad, Azhar, 2013, Media Pembelajaran, Jakarta:Raja Grafindo Persada
Fadillah, Muhammad, 2014, Desain Pembelajaran PAUD, Jogjakarta: AR-Ruzz Media
Munadi, Yudhi, 2008, Media Pembelajaran, Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.
Piaget, J. (2012). Construction of reality in the child. London: Routledge & Kegan
S Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. 2019. Metode Peelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Y Riyanto, 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.
Latan & Temalagi, 2013. Analisis Multivariate Teknik dan Aplikasi Menggunakan IBM SPSS 20.0. Bandung: Alfabeta.
Santoso, S. 2009. SPSS (Statistical Productand Servise Solutio). Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ana Fitrianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.