PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Raka Ismaya Universitas Pamulang
  • Savira Salshabila Universitas Pamulang
  • Indri Dwi Ariyani Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34016

Keywords:

Hasil belajar, Media pembelajaran digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran digital terhadap hasil belajar siswa di SD Ragunan 08. Menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei, data dikumpulkan dari 100 siswa melalui kuesioner yang mengukur frekuensi penggunaan, jenis media, dan persepsi efektivitas media. Hasil analisis menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara penggunaan media digital dan hasil belajar siswa. Frekuensi penggunaan media, jenis media yang digunakan, dan persepsi efektivitas media semuanya menunjukkan hubungan yang kuat dengan nilai akademik siswa. Penelitian ini mendukung teori pembelajaran multimedia dan model kognitif pembelajaran, serta menekankan pentingnya motivasi dan penerimaan teknologi dalam konteks pembelajaran digital. Temuan ini juga menunjukkan bahwa efektivitas media digital sangat dipengaruhi oleh adaptasi terhadap konteks lokal, seperti budaya belajar dan infrastruktur sekolah. Kesimpulannya, media pembelajaran digital dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa jika diimplementasikan dengan benar dan sesuai dengan kondisi setempat. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pembelajaran berbasis teknologi di sekolah dasar, khususnya di Indonesia.

References

Afidah, V. N. (2015). Prinsip-prinsip Teori Beban Kognitif dalam Merancang Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(2). doi:https://doi.org/10.29100/jp2m.v1i2.195

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319-340.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. Berlin: Springer Science & Business Media.

Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. T. (2010). Teacher technology change: How knowledge, confidence, beliefs, and culture intersect. Journal of Research on Technology in Education, 42(3), 255-284. doi:https://doi.org/10.1080/15391523.2010.10782551

Firmansyah, H. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah di Sekolah Menengah Atas. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(2). doi:http://doi.org/10.24815/jimps.v9i2.30416

Hillmayr, D., Ziernwald, L., Reinhold, F., & Hofer, S. (2020). The potential of digital tools to enhance mathematics and science learning in secondary schools: A context-specific meta-analysis. Computers & Education, 153. doi:http://dx.doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103897

Kandia, I. W., Suarningsih, N. M., Wahdah, Arifin, Jenuri, & Suwarma, D. M. (2023). The Strategic Role of Learning Media in Optimizing Student Learning Outcomes. Journal of Education Research, 508-514.

Mayer, R. E. (2001). Multimedia learning. Cambridge University Press. doi:https://psycnet.apa.org/doi/10.1017/CBO9781139164603

Miftah, M. (2022). Strategi Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 237-243. doi:10.54259/diajar.v1i3.900

Ningrum, C. C. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa di SD Negeri Kaliputih. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Putri, R. A. (2023). Pengaruh Teknologi dalam Perubahan Pembelajaran di Era DIgital. Journal of Computers and Digital Business, 2(3), 105-111. doi:10.56427/jcbd.v2i3.233

Siregar, A., & Sumantri, P. (2024). Pemanfaatan Media Digital dalam Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu di Sekolah Dasar Kak Seto. Education & Learning, 4(1), 17-22. doi:https://doi.org/10.57251/el.v4i1.1242

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Sweller, J. (1998). Cognitive load during problem solving: Effects on learning. Cognitive Science, 12(2), 257-285.

Wahyuni, M. (2020). Statistik Deskriptif untuk Penelitian Olah Data Manual dan SPSS versi 25. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.

Downloads

Published

2024-09-23

How to Cite

Ismaya, R. ., Salshabila, S. ., & Ariyani, I. D. . (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13779–13785. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34016

Most read articles by the same author(s)