MEMBUDAYAKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM BUDAYA ORGANISASI SEBAGAI PEMBENTUKAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33929Keywords:
Pendidikan Agama Kristen, Nilai, Budaya, MotivasiAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai Pendidikan Agama Kristen dalam budaya organisasi sebagai pembentuk motivasi kerja karyawan. Nilai-nilai kejujuran, keadilan, saling menghargai, saling percaya sama lain, digunakan untuk menghadapi tantangan dan mengatasi masalah-masalah dalam kehidupan berorganisasi, khususnya yang timbul dari perubahan budaya organisasi dalam sistem kontrak kerja karyawan yang mempengaruhi motivasi mereka. Motivasi, sebagai kekuatan internal yang mendorong seseorang untuk bertindak mencapai tujuan tertentu, menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Metode kualitatif deskripsi naratif digunakan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan agama Kristen seperti kejujuran, keadilan, dan saling menghargai,saling percaya satu masa lain dalam membentuk motivasi kerja karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembudayaan nilai-nilai pendidikan agama Kristen dalam budaya organisasi efektif dalam membentuk sistem yang mampu meningkatkan motivasi kerja karyawan. Kesimpulan Nilai-nilai seperti kejujuran, keadilan, dan saling menghargai, saling percaya satu sama lain memberikan fondasi yang kuat untuk meningkatkan motivasi internal karyawan, sehingga mampu menghadapi tantangan dan mengatasi masalah dalam kehidupan berorganisasi. Strategi ini terbukti relevan dan bermanfaat dalam konteks organisasi modern.References
Andriani, M., & Widiawati, K. (2017). Penerapan Motivasi Karyawan Menurut Teori Dua Faktor Frederick Herzberg Pada PT Aristika Kreasi Mandiri. 5(1), 83–98.
Buyung, H., & Safrizal, A. (n.d.). No Title.
Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(2).
Ellys, E., & Ie, M. (2020). Pengaruh kepuasan kerja dan budaya organisasi terhadap komitmen organisasi karyawan. Jurnal Manajemen Maranatha, 20(1), 75–84.
Harianto. (2012). Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab dan Dunia Pendidikan Masa Kini. ANDI.
Lamri, -. (2019). Menanamkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Mempererat Integrasi Bangsa. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 9(2), 55–68. https://doi.org/10.33363/ba.v9i2.276
Mangampa, R. (2020). Implementasi nilai-nilai Kristiani dalam Pendidikan Agama Kristen pada SDN.297 Inpres Kambuno dan Sekolah Minggu Jemaat Kambuno. 2. https://doi.org/10.31219/osf.io/vg53r
Marta, J. D. W. I., & Triwijayanti, D. (2016). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT . X. 8(2), 218–236.
Muliadi, D. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi dan Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia pada Kantor Hukum Dedi Muliadi, SH & Rekan di Masa Pademi Covid …. Kompak: Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 14(2), 443–452. http://ujicoba.stekom.ac.id/index.php/kompak/article/download/947/680
Nuhamara, D. (2018). Pengutamaan Dimensi Karakter Dalam Pendidikan Agama Kristen Prioritizing Character Dimensions in Christian Religious Education. 1(1). https://doi.org/10.25278/jj71.v16i1.278
Permatasari, D. A. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(4), 1353–1361.
Putri, N. (2014). Budaya Organisasi Pada Sekolah Dasar Negeri Kenagarian Panyakalan Kecamatan Kubung Kabupaten Solok. Bahana Manajemen Pendidikan | Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 440–831.
Rantung, D. A. (2017). Pendidikan Agama Kristen dalam Mayarakat Majemuk. Lintang Rasi Aksara Books.
Santoso, M. (2005). Magdalena Pranata Santoso - karakteristik pendidikan Kristen. Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 2(Oktober), 291–305.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ferderika Toulasik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.