HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA YADIKA 11 JATIRANGGA KOTA BEKASI

Authors

  • Sherlin Tri Kusumawati Universitas Indraprasta PGRI
  • Susiati Susiati Universitas Indraprasta PGRI
  • Christine Masada H. T Universitas Indraprasta PGRI
  • Burju Ruth Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33166

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar

Abstract

Keadaan emosi sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, hal ini terbukti jika siswa tidak mampu mengelola emosi dengan baik maka emosi buruknya akan menganggu kegiatan belajar siswa di karena kan menjadi tidak memiliki dorongan atau motivasi di dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan motivasi belajar pada siswa di SMA Yadika 11 Jatirangga Kota Bekasi. Teknik pengambilan sampel dengan metode korelasional dan pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian dengan jumlah sampel sebanyak 36 siswa dijadikan sebagai subjek penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala kecerdasan emosional dan skala motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji liniearitas dengan bantuan IBM SPSS Statistics Version 29.0.2.0 (20) for windows. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar kekuatan korelasinya rendah dengan nilai 0,220 dan tingkat signifikansi = 0,000 < 0,05. Hubungan kecerdasan emosional dengan motivasi belajar sebesar 20% sisanya sebesar 80% dipengaruhi oleh variabel lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar pada siswa di SMA Yadika 11 Jatirangga Kota Bekasi.

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Kusumawati, S. T. ., Susiati, S., T, C. M. H., & Ruth, B. . (2024). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA YADIKA 11 JATIRANGGA KOTA BEKASI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11945–11951. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33166

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.