LAYANAN INFORMSI DENGAN MEDIA PUZZEL UNTUK MENINGKATKAN WPKNS (WAWASAN, PENGETAHUAN, KETERAMPILAN, NILAI SERTA SIKAP) SISWA DALAM MEMAHAMI BULLYING

Authors

  • Anisa Melamita Universitas Indraprasta PGRI
  • Ainul Husna Universitas Indraprasta PGRI
  • Riska Andriani Universitas Indraprasta PGRI
  • Risma Kumara Rani Universitas Indraprasta PGRI
  • Susiati Susiati Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33165

Keywords:

Bullying, Layanan Informasi, Media Puzzel, WPKNS, Siswa, Pendidikan

Abstract

Bullying merupakan salah satu masalah serius di lingkungan sekolah yang dapat mempengaruhi kesejahteraan psikologis dan perkembangan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas layanan informasi dengan menggunakan media puzzel dalam meningkatkan Wawasan, Pengetahuan, Keterampilan, Nilai, serta Sikap (WPKNS) siswa terhadap bullying. Melalui pendekatan interaktif, media puzzel digunakan untuk menyampaikan informasi penting mengenai bullying dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman, keterampilan, serta internalisasi nilai-nilai positif oleh siswa terkait bullying. Media puzzel terbukti efektif dalam membentuk sikap proaktif siswa dalam mencegah dan menangani bullying di sekolah.

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Melamita, A. ., Husna, A. ., Andriani, R. ., Rani, R. K. ., & Susiati, S. (2024). LAYANAN INFORMSI DENGAN MEDIA PUZZEL UNTUK MENINGKATKAN WPKNS (WAWASAN, PENGETAHUAN, KETERAMPILAN, NILAI SERTA SIKAP) SISWA DALAM MEMAHAMI BULLYING. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11940–11944. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33165