PENGARUH PERILAKU BELAJAR, LINGKUNGAN SEKOLAH, PERAN ORANG TUA, KECERDASAN EMOSIONAL, MENTALITAS PEMBANGUNAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 5 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.33008Keywords:
Pengaruh Perilaku Belajar, Lingkungan Sekolah, Peran Orang Tua, Kecerdasan Emosional, Mentalitas Pembangunan, Prestasi Belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perilaku belajar, lingkungan sekolah, peran orang tua, kecerdasan emosional, mentalitas pembangunan terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Padang secara parsial dan simultan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Padang yang terdaftar pada tahun 2023-2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Pertama perilaku belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Kedua lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Ketiga peran orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Keempat kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap prestasi. Kelima mentalitas pembangunan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. keenam terdapat pengaruh perilaku belajar, lingkungan sekolah, peran orang tua, kecerdasan emosiona, mentalitas pembangunan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar.References
Berkowits, Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). The Influence of Visual, Auditory, and Kinesthetic Learning Styles on Student Learning Achievement. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 291–296.
Berlianti, D. F., Abid, A. Al, & Ruby, A. C. (2024). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, Volume 7 Nomor 1, 2024 | 1861. 7, 1861–1864.
Kurnia, H. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Emosional Dan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Academy of Education Journal, 10(01), 1–21. https://doi.org/10.47200/aoej.v10i01.267
Murti, W. (2019). Pengaruh Perilaku Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ipa Biologi Siswa Kelas Viii Smpn 4 Bantimurung. Jurnal Binomial, 2(1), 54.
Permata Sari, L., Asiyah, A., & Salamah, S. (2023). Hubungan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 5(1), 17. https://doi.org/10.29300/ijsse.v5i1.7669
Poerwati, T. (2015). Pengaruh Perilaku Belajar Dan Motivasi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi Di Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas STIKUBANK, 8(16), 1–25.
Rama, K. S. (2023). Hubungan Perhatian Orang Tua, Lingkungan Sekolah dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar IPS Siswa di SMPN Kec. Muara Beliti Kab. Musi Rawas, Sumsel. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(03), 87–92. https://doi.org/10.58812/spp.v1i03.223
Sulaeman, Kr. N. U. M. U. (2023). PENGARUH KESEHATAN MENTAL TERHADAP HASIL BELAJAR DARING Peminatan Kesehatan Lingkungan , Fakultas Kesehatan Masyarakat , Universitas Muslim Indonesia. 4(4), 621–629.
Sulani, S., & Palupi, R. H. (2020). Pengaruh Sikap Belajar Dan Peran Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Campurdarat Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 1(2), 46. https://doi.org/10.29100/jp2m.v1i2.199
Zuliani, S., Aini, Q., & Lailiyah, N. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Pai Siswa Smp Di Jombang. ILJ: Islamic Learning Journal, 1(1), 191–205. https://doi.org/10.54437/iljjislamiclearningjournal.v1i1.1043
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Munyati Shafrina, Ansofino Ansofino, Stevani Stevani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.