MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI ADMINISTRATOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU

Authors

  • Jauhari Jauhari Universitas Almuslim
  • Saiful Bahri Universitas Almuslim
  • Suparta Rasyid Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32812

Keywords:

Manajemen, Pedagogik, Kinerja Guru.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis  perencanaan kepala sekolah sebagai administrator dapat meningkatkan kompetensi guru, (2) menganalisis pengarahan kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru, (3) menganalisis proses pelaksanaan kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru, dan (4) menganalisis pengawasan kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mendeskripsikan bentuk manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan teknik pengumpulan data degan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kompetensi guru yang meliputi 1) rapat awal tahun guna menganalisis kebutuhan guru dan membentuk program yang akan dijalankan dan rapat akhir tahun sebagai bahan evaluasi. 2) memberikan pengarahan terhadap guru melalui  motivasi, membangun suasana yang nyaman, musyawarah dan komunikasi yang baik. 3) melaksanakan perencanaan yang telah disepaki sebelumnya di antaranya melaksanakan bimbingan teknologi, membuat pelatihan guru, guru diwajibkan mengajar sesuai dengan bidangnya, mendelegasikan ke dalam Kelompok Kerja Guru (KKG), melakukan penelitian tindakan kelas, Mengembangkan kurikulum dengan melibatkan peserta didik secara aktif. (4) pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah meliputi rutinitas praktik kelas, supervisi, kunjungan kelas dan evaluasi.

References

Anugerah Pratama Press, 2021). 36-37. 25 Eliyyil Akbar, “Metode Belajar Anak Usia Dini.” (Jakarta: Kencana, 2020). 64. Page 4. 13. 3).

Handayani, P., Astaivada, T., Aisyah, N., Isa Anshori, M., Raya Telang, J., Telang Indah, P., Kamal, K., Bangkalan, K., & Timur, J. (2023). Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Manajemen Kreatif Dan Inovasi, 1(3), 84–101. https://doi.org/10.59581/jmki-widyakarya.v1i3.695

Hidayat, Rahmat. 2019. Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya”. Penerbit Buku Umum dan Perguruan Tinggi. Medan

Iqbal, M. (2021). Kepemimpinan Transformasional Dalam Upaya Pengembangan Sekolah/Madrasah. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(3), 119–129. https://doi.org/10.22373/pjp.v10i3.12187

Marpaung, H. (2016). Pengetahuan Kepariwisataan. Bandung: Arfino Raya.

Mulyati, A. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Pendidikan. Jurnal El-Idarah Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 1–16. https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah

Susiani, I. R., & Abadiah, N. D. (2021). Kualitas Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Modeling, 8(2), 293–294.

Permendikbud Nomor 28 Tahun 2019,Rincian Tugas Unit Kerja di Lingkungan Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah

Pramudyo, Anung. 2010. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja Dosen Negeri Pada Kopertis Wilayah V Yogyakarta, Vol 1. No 1.

Robbins, Stephen P. & Timothy A. Judge. 2008. Organizational Behavior Edisi 12. Salemba Empat. Jakarta

Tamin, S. (2020). Kepala Sekolah yang Bermutu. Misykat Al-Anwar: Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 3(2), 165–192. https://doi.org/10.24853/ma.3.

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Jauhari, J., Bahri, S. ., & Rasyid, S. . (2024). MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI ADMINISTRATOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11760–11765. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32812