MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI ADMINISTRATOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32812Keywords:
Manajemen, Pedagogik, Kinerja Guru.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis perencanaan kepala sekolah sebagai administrator dapat meningkatkan kompetensi guru, (2) menganalisis pengarahan kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru, (3) menganalisis proses pelaksanaan kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru, dan (4) menganalisis pengawasan kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mendeskripsikan bentuk manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan teknik pengumpulan data degan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kompetensi guru yang meliputi 1) rapat awal tahun guna menganalisis kebutuhan guru dan membentuk program yang akan dijalankan dan rapat akhir tahun sebagai bahan evaluasi. 2) memberikan pengarahan terhadap guru melalui motivasi, membangun suasana yang nyaman, musyawarah dan komunikasi yang baik. 3) melaksanakan perencanaan yang telah disepaki sebelumnya di antaranya melaksanakan bimbingan teknologi, membuat pelatihan guru, guru diwajibkan mengajar sesuai dengan bidangnya, mendelegasikan ke dalam Kelompok Kerja Guru (KKG), melakukan penelitian tindakan kelas, Mengembangkan kurikulum dengan melibatkan peserta didik secara aktif. (4) pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah meliputi rutinitas praktik kelas, supervisi, kunjungan kelas dan evaluasi.References
Anugerah Pratama Press, 2021). 36-37. 25 Eliyyil Akbar, “Metode Belajar Anak Usia Dini.” (Jakarta: Kencana, 2020). 64. Page 4. 13. 3).
Handayani, P., Astaivada, T., Aisyah, N., Isa Anshori, M., Raya Telang, J., Telang Indah, P., Kamal, K., Bangkalan, K., & Timur, J. (2023). Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Manajemen Kreatif Dan Inovasi, 1(3), 84–101. https://doi.org/10.59581/jmki-widyakarya.v1i3.695
Hidayat, Rahmat. 2019. Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya”. Penerbit Buku Umum dan Perguruan Tinggi. Medan
Iqbal, M. (2021). Kepemimpinan Transformasional Dalam Upaya Pengembangan Sekolah/Madrasah. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(3), 119–129. https://doi.org/10.22373/pjp.v10i3.12187
Marpaung, H. (2016). Pengetahuan Kepariwisataan. Bandung: Arfino Raya.
Mulyati, A. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Pendidikan. Jurnal El-Idarah Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 1–16. https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah
Susiani, I. R., & Abadiah, N. D. (2021). Kualitas Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Modeling, 8(2), 293–294.
Permendikbud Nomor 28 Tahun 2019,Rincian Tugas Unit Kerja di Lingkungan Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah
Pramudyo, Anung. 2010. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja Dosen Negeri Pada Kopertis Wilayah V Yogyakarta, Vol 1. No 1.
Robbins, Stephen P. & Timothy A. Judge. 2008. Organizational Behavior Edisi 12. Salemba Empat. Jakarta
Tamin, S. (2020). Kepala Sekolah yang Bermutu. Misykat Al-Anwar: Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 3(2), 165–192. https://doi.org/10.24853/ma.3.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jauhari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.