PERAN BRAND LOVE MEMEDIASI PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP REPURCHASE INTENTION STUDI PADA KONSUMEN H&M DI KOTA DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.32728Keywords:
Brand Image, Brand Love, Repurchase IntentionAbstract
Fashion merupakan salah satu industri yang terus berkembang pesat di era globalisasi. Salah satu merek fashion terkemuka yang ada di Indonesia adalah H&M. Penelitian ini dilakukan di H&M Kota Denpasar. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh brand love memediasi pengaruh brand image terhadap repurchase intention. Penelitian ini menggunakan teori Perilaku Konsumen dengan jumlah sampel 120 orang dan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik Path Analysis, Uji Asumsi Klasik, Uji Sobel dan Uji VAF. Temuan penelitian menunjukkan bahwa brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang (repurchase intention), serta memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand love dan brand loyalty. Selain itu, brand love juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang, dengan berperan sebagai mediator antara pengaruh brand image dan niat beli ulang. Implikasi pada penelitian ini terhadap pengembangan dapat digunakan oleh H&M Kota Denpasar dalam mengembangkan strategi yang tepat sesuai dengan pola perilaku konsumen.References
Adnan. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, 7 (2), hal. 1-9.
Anggraini, R., dan Sumiati, S. (2022). Analisis Pengaruh Faktor Brand Image, Food Quality, Price dan E-Wom terhadap Repurchase Intention pada Oleh-Oleh Khas Kota Batam. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5 (2), hal. 1214-1226. DOI: 10.36778/jesya.v5i2.715
Arvianti, R., Mulyaningsih, H. D., & Nugraha, Y. D. (2023). Pengaruh Electronic Service Quality terhadap Repurchase Intention yang Dimoderasi oleh Kepercayaan Konsumen. Bandung Conference Series Business and Management, 3(2), hal. 736-740.
Aulinda, M. (2020). Pengaruh Brand Experience dan Brand Image Terhadap Willingness to Pay a Price Premium Dengan Brand Love Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pemilik Mobil Merek Honda HRV di Samarinda). Jurnal Riset Entrepreneurship, 3 (2), hal. 71-79. http://dx.doi.org/10.30587/jre.v3i2.1475
Devi, N. W. C., & Jatra, I. M., 2020. Positive Emotion Memediasi Sales Promotion dan Store Environment Terhadap Impulse Buying. E-Jurnal Manajemen, 9 (5), hal. 1942-1961.
Dewi, I. G. A. P. R. P., & Ekawati, N. W. (2019). Peran Kepuasan Konsumen Memediasi Pengaruh Brand Image Terhadap Repurchase Intention. E-Jurnal Manajemen, 8 (5), hal. 2722-2752. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i05.p05
Dewi, K. A. A., & Aksari, N. M. A. (2017). Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6 (11), hal. 6029-6060.
Farzin, M., & Fattahi, M. (2018). E-wom Through Social Networking Sites and Impact on Purchase Intention and Brand Image in Iran. Journal of Advances in Management Research, 15 (2), pp. 161-183.
Firmansyah, M. A. (2019). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Qiara Media.
Giantari, I. G. A. K., Utama, I. P. H. B., & Wardani, N. L. D. A. (2020). Peran Brand Love Memediasi Pengaruh Brand Image Terhadap Word of Mouth. Juima: Jurnal Ilmu Management, 10 (1), hal. 54-61. https://doi.org/10.36733/juima.v10i1.1072
Girsang, N. M., Rini, E. S., & Gultom, P. (2020). The Effect of Brand image and Product Quality on Repurchase Intention With Customer Satisfaction As Intervening Variables in Consumers of Skincare Oriflame Users – a Study on Students of North Sumatra University, Faculty of Economics and Business. European Journal of Management and Marketing Studies, 5 (1), pp. 40-57.
Handika, M. R., & Darma, G. S. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Bisnis, 15 (2), hal. 192-203.
Hartanto, R. (2019). Brand and Personal Branding. Bekasi: Denokan Pustaka.
Hegner, S. M., Fenko, A., & Teravest, A. (2017). Using the Theory Of Planned Behaviour to Understand Brand Love. Journal of Product & Brand Management, 26 (1), pp. 26-41.
Ismail, R. A., & Spinelli, G. (2012). Effects Of Brand Love, Personality And Image On Word Of Mouth: The Case Of Fashion Brands Among Young Consumers. Journal of Fashion Marketing and Management, 16 (4), pp. 386-398. https://doi.org/10.1108/13612021211265791
Joshi, R., & Garg, P. (2021). Role of Brand Experience in Shaping Brand Love. International Journal of Consumer Studies, 45 (2), pp. 259-272. https://doi.org/10.1111/ijcs.12618
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kotler, P., & Armstrong, G., (2018). Principles of Marketing. 17th Edition. United Kingdom: Pearson Education.
Machado, E., & Rodhiah, R. (2021). Pengaruh Self-Expression dan Brand Trust Terhadap Electronic-Word Of Mouth Dengan Brand Love Sebagai Mediasi Pada Konsumen Vans Di Jakarta. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 5 (1), hal. 49-58.
Mudiantono, M., & Andhike, D. (2019). Factors Influencing Customer’s Repurchase Intention of Go-Jek in Semarang, Indonesia. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2 (4), hal. 458-472.
Nilasari, R. (2019). Pengaruh Trust dan E-Service Terhadap Repurchase Intention Bagi Pengguna Aplikasi Shopee. E-Jurnal Akuntansi, 29 (2), hal. 755-764.
Nilawati, W. (2019). Pengaruh Brand Image dan Word Of Mouth Terhadap Minat Pembelian Ulang (Studi Pada Konsumen Kopi ABC di Desa Pancoran Bondowoso). Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, 9 (1), hal. 74-78.
Nugroho, A., Rofianto, W., Surjaatmadja, S., & Andriani, M. (2022). Faktor Pembentuk Brand Love, Word Of Mouth, dan Repurchase Intention Atas Produk Hedonis: Telaah Pada Pelanggan Produk Gunpla Merek Bandai. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, 4 (2), hal. 496-507. https://doi.org/10.36407/jmsab.v4i2.441.
Pangestu, T. (2018). Pengaruh Brand Loyalty, Brand Love, Brand Commitment Terhadap Willingness to Pay a Premium Price. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 2 (1), hal. 89-96.
Rahyuda, I. K. (2016). Metode Penelitian Bisnis. 1 ed. Udayana Press.
Rokhmawati, H. N., Kuncorowati, H., & Supardin, L. (2022). Pengaruh Harga, Iklan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Honda Scoopy di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11 (1), hal. 515-526.
Safitri, A. N. (2020). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Lazada. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1 (1), hal. 1-9. https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i1.212
Samatha, P. G. (2018). Pengaruh Excitement, Brand Image, Brand Love Terhadap Word Of Mouth Merek H&M Di Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 7 (1), hal. 1714-1729.
Santi, I. G. A. P. C., & Suasana, I. G. A. K. G. (2021). The Role of Brand Image Mediates The Effect of Electronic Word Of Mouth on Repurchase Intention in Starbucks Coffee. International Journal of Management and Commerce Innovations, 9 (1), pp. 328-338.
Sholihin, M. & Ratmono, D. (2013). Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 3.0. Yogyakarta: Penerbit ANDI
Song, H., Wang, J., & Han, H. (2019). Effect of Image, Satisfaction, Trust, Love, and Respect on Loyalty Formation for Name-Brand Coffee shops. International Journal of Hospitality Management, 79, pp. 50-59.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Wayan Dode Sudiartana, Komang Agus Satria Pramudana, Ni Made Rastini, Ni Wayan Ekawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.