ANALISIS PERAN CONTENT MARKETING DALAM MENINGKATKAN BRAND ENGAGEMENT PADA PLATFORM DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41605Keywords:
Content Marketing, Brand Engagement, Platform DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran content marketing dalam meningkatkan brand engagement pada platform digital. Dengan menggunakan metode studi literatur, penelitian ini mengeksplorasi elemen-elemen penting content marketing, seperti personalisasi konten, nilai edukasi, elemen visual, dan konten interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen-elemen tersebut secara signifikan meningkatkan keterlibatan merek melalui platform digital. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi pentingnya pendekatan holistik dalam strategi content marketing untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur pemasaran digital dengan menawarkan wawasan praktis untuk perusahaan dalam mengoptimalkan content marketing merekaReferences
Armina, K., Anindyasari, D., Widiarta, I. P. G. D., & Haloho, R. D. (2024). Income Analysis of Kalang Buffalo Farmers in the Tanjung Terakan Group Kutai Kartanegara Regency. Agriwar Journal, 4(2), 90–97.
Candra, C., Zahara, Z., Hakim, F., Lusono, A., & Kraugusteeliana, K. (2024). PELUANG DAN TANTANGAN MANAJEMEN SUMBER DAYA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN DI ERA SOCIETY 5.0. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(2).
Salim, D. (2024a). PENERAPAN METODE PENYUSUTAN MENURUT KETENTUAN PAJAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP PAJAK PENGHASILAN BADAN DI PT BUANA RANTAI BERKAT ABADI MEDAN. Jurnal Studi Akuntansi Pajak Keuangan, 2(3), 146–151.
Salim, D. (2024b). PROSEDUR PENYELESAIAN KLAIM PADA PT ALLIANZ INDONESIA CABANG MEDAN. Jurnal Ekonomi Manajemen, 28(1).
Siagian, M. V. S., & Tanjung, F. S. (2023). ANALISIS EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPERCAYAAN SEBAGAI INTERVENING VARIABEL PADA RESTORAN CALISTA BINJAI. Mount Hope Economic Global Journal, 1(3), 83–91.
Sitompul, P. N. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Obat-Obatan Di Apotik Nasional Medan. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan, 5(2), 75–84.
Sitompul, P. N. (2024). Metode Vector Autoregressive (VAR) dalam Menganalisis Pengaruh Inflasi Terhadap Ekspor Dan Impor Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 6541–6555.
Sitompul, P. N., Patni, N. L. P. S. S., Munir, S., Kraugusteeliana, K., & Indrianti, M. A. (2024). PENINGKATAN FINANCIAL BEHAVIOR MELALUI FINANCIAL LITERACY DAN FINANCIAL EXPERIENCE (STUDI PADA PELAKU UMKM DI INDONESIA). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(2).
Sitompul, P. N., Winata, C., Sihite, L., & Ariadi, E. (2023). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA AGEN ASURANSI (STUDI PADA PT PANIN DAI-ICHI LIFE–SUKSES AGENCY). Jurnal Kewirausahaan Bukit Pengharapan, 3(2), 33–42.
T-test, U. B., & ROA, C. A. R. (n.d.). STUDI KOMPERATIF KINERJA BANK UMUM SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL (Studi Kasus Bank Syariah dan Bank Konvensional yang terdaftar di OJK tahun 2023).
Tambunan, H. N., & Pandiangan, S. M. T. (2024). Pengaruh Kegunaan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(2), 650–658.
Tanjung, F. S., Hendarti, R., & Siagian, M. V. S. (2023). PENGARUH EXPERIENTAL MARKETING DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN UD. BSS KOTA MEDAN. Mount Hope Economic Global Journal, 1(3), 75–82.
Wardana, B. (2024). IMPLEMENTASI METODE WEIGHT PRODUCT UNTUK PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DI PT. PERTAMINA GAS. Journal of Software Engineering and Information System (SEIS), 16–22.
Wardana, B., & Hermanto, H. (2024). Implementasi Microservices di Situs Web Frontend. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (JUPTIK), 2(1), 24–27.
Wardana, B., & Sumijan, S. (2021). Perangkingan Potensi Guru dalam Penentuan Calon Kepala Sekolah Menggunakan Metode TOPSIS. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 189–196.
Widiarta, I. P. G. D., Anindyasari, D., & Wahyuningtyas, A. N. (2024). The Role of Social Media Marketing and Electronic Word of Mouth on the Purchase Intention of Frozen Meat Products. Agriwar Journal, 4(2), 25–34.
Winata, C. (2024a). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Widya Techno Abadi. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(1), 238–246.
Winata, C. (2024b). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk PF di CV. Putera Fajar Medan. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 4(2), 766–774.
Ashley, C., & Tuten, T. (2015). Creative strategies in social media marketing: An exploratory study of branded social content and consumer engagement. Psychology & Marketing, 32(1), 15–27. https://doi.org/10.1002/mar.20761
Dessart, L., Veloutsou, C., & Morgan-Thomas, A. (2016). Capturing consumer engagement: Duality, dimensionality, and measurement. Journal of Marketing Management, 32(5-6), 399–430. https://doi.org/10.1080/0267257X.2015.1130738
Hajli, N. (2019). The impact of positive valence and negative valence on social commerce purchase intention. Information Technology & People, 32(6), 1345–1370. https://doi.org/10.1108/ITP-05-2017-0150
Hollebeek, L. D., Glynn, M. S., & Brodie, R. J. (2014). Consumer brand engagement in social media: Conceptualization, scale development, and validation. Journal of Interactive Marketing, 28(2), 149–165. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2013.12.002
Kapoor, K. K., Tamilmani, K., Rana, N. P., Patil, P., Dwivedi, Y. K., & Nerur, S. (2021). Advances in social media research: Past, present, and future. Information Systems Frontiers, 23(3), 691–708. https://doi.org/10.1007/s10796-020-10087-2
Lee, J., Hosanagar, K., & Nair, H. S. (2020). Advertising content and consumer engagement on social media: Evidence from Facebook. Management Science, 66(11), 4940–4961. https://doi.org/10.1287/mnsc.2020.3715
Liu, Y., Jiang, J., & Zhao, X. (2021). The impact of visual content marketing on consumer engagement: Evidence from Instagram. Journal of Business Research, 125, 149–162. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.12.021
Pulizzi, J. (2019). Epic content marketing: How to tell a different story, break through the clutter, and win more customers by marketing less. McGraw-Hill Education.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Ambulani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.