PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND AMBASSADOR DAN E-WOM TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK BENING’S SKINCARE

Authors

  • Annisaa Ermi Salsabila Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ida Ayu Sri Brahmayanti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41260

Keywords:

Brand Image, Brand Ambassador, e-Wom dan Purchase Intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh brand image, brand ambassador dan e-wom terhadap purchase intention produk Bening’s Skincare. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, teknik pengumpulan data yaitu dengan menyebarkan kuesioner melalui google form, analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Sampelnya terdiri dari 97 responden. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa semua indikator valid dan reliabel. Hasil dari uji T menyatakan bahwa brand image, brand ambassador dan e-wom berpengaruh signifikan terhadap purchase intention. Hasil dari uji F menyatakan bahwa brand image, brand ambassador dan e-wom berpengaruh secara simultan terhadap purchase intention produk Bening’s Skincare. Sedangkan hasil dari uji R² menunjukkan bahwa pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 97,2% sedangkan sisanya 2,8% dipengaruhi variabel lain diluar model penelitian.

References

Adri$an, J., Bulle$ti$n, S., Xi$aohong, W., Mi$ngji$e$, X., Ji$an, J., Baoli$ng, Y., Yanlong, S., We$i$, H., Li$, L., & Yi$, Z. (2020). Jurnal Manaje$me$n Unud, Vol. 5, No.8, 2016: 4951-4982 I$SSN : 2302-8912 Pe$ngaruh Ke$putusan Pe$mbe$li$an Se$patu Conve$rse$. Agora, i$. 29(3), 190–195.

Che$vali$e$r, J. A., & Mayzli$n, D. (2021). The$ e$ffe$ct of word of mouth on sale$s: Onli$ne$ book re$vi$e$ws. Journal of Marke$ti$ng Re$se$arch, 43(3), 345–354.

Fakhrudi$n, A., Vale$ri$a, M., & Awan. (2022). Bauran Pe$masaran. Bauran Pe$masaran, 3, 2013–2015. Jurnal I$nspi$rasi$ Bi$sni$s Dan Manaje$me$n, 1(2), 99. https://doi$.org/10.36703/ji$bm.v1i$2.965

He$ri$ Mahyuzar, & Tundo, T. (2022). Pe$ngaruh E$-Wom Dalam Me$me$di$asi$ Hubungan Antara Di$gi$tal Marke$ti$ng Acti$vi$ti$e$s Dan I$nte$nti$on To Buy Di$ Tokope$di$a. Journal of Di$gi$tal Busi$ne$ss and Manage$me$nt, 1(2), 104–113. https://doi$.org/10.32639/jdbm.v1i$2.182

Hanjani$, A., 12prodi$, W., Bi$sni$s, A., Komuni$kasi$, F., & Bi$sni$s, D. (2019). Consume$r Purchase$ I$nte$nti$on: The$ E$ffe$ct of Gre$e$n Brand and Gre$e$n Knowle$dge$ on I$ndone$si$an Ne$stle$ Company Mi$nat Be$li$ Konsume$n: Dampak Gre$e$n Brand dan Gre$e$n Knowle$dge$ pada Pe$rusahaan Ne$stle$ I$ndone$si$a. JURNAL SE$KRE$TARI$S & ADMI$NI$STRASI$ BI$SNI$S Journal Home$page$, I$I$I$(1), 39–50. http://jurnal.asmtb.ac.i$d/i$nde$x.php/jsab

Kotle$r, P., & Ke$lle$r, L. (2020). Marke$ti$ng Manage$me$nt 15th e$di$ti$on. Ne$w Je$rse$y : Pre$ti$nce$ Hall. https://doi$.org/60.36703/jph.v1i$2.647

Kotle$r, P., & Ke$lle$r, K. L. (2019). MARKE$TI$NG MANAJE$ME$N. I$n Solde$ri$ng & Surface$ Mount Te$chnology (Vol. 13, I$ssue$ 3). Https://Doi$.Org/10.1108/Ssmt.2001.21913cab.040

Ke$lle$r, Ke$vi$n Lane$. (2019). Strate$gi$c Brand Manage$me$nt: Journal of Product & Brand Manage$me$nt (Onli$ne$). 14/1, 2005, 4-13 https://doi$.org/1061-0421.html/jop.2020,12

Li$yono, A. (2022). Pe$ngaruh Brand I$mage$, E$le$ctroni$c Word of Mouth (E$-Wom) Dan Harga Te$rhadap Ke$putusan Pe$mbe$li$an Produk Ai$r Mi$num Galon Crystalli$ne$ Pada Pt. Pancaran Kasi$h Abadi$. Jurnal E$konomi$ Manaje$me$n Dan Bi$sni$s, 3(1), 73–91. https://doi$.org/10.32815/jubi$s.v3i$1.1089

Le$a-Gre$e$nwood, G. (2012). Fashi$on marke$ti$ng communi$cati$ons. John Wi$le$y & Sons. Manage$me$nt Sci$e$nce$ Le$tte$rs, 10, 2139–2146. https://doi$.org/10.5267/j.msl.2020.3.023

Luki$tani$ngsi$h, A., Cahya, A. D., & Octavi$an, P. (2024). Pe$ngaruh Brand Ambassador NCT Dre$am, E$-WOM, dan Brand I$mage$ te$rhadap Purchase$ I$nte$nti$on pada Produk Mi$e$ I$nstan Le$moni$lo. Jurnal Maksi$pre$ne$ur: Manaje$me$n, Kope$rasi$, dan E$ntre$pre$ne$urshi$p, 13(2), 497-513.

Masyi$ta, D. A., & Yuli$ati$, A. L. (2020). Pe$ngaruh brand ambassador di$an sastrowardoyo te$rhadap brand i$mage$ produk make$up L’ORE$AL PARI$S (studi$ pada konsume$n L’ORE$AL kota BANDUNG). Jurnal Ri$se$t Akuntansi$ Me$rcu Buana, 3(1), 41. https://doi$.org/10.26486/jramb.v3i$1.408

Phi$li$p Kotle$r , Bauran Pe$masaran (Marke$ti$ng Mi$x) Pe$ngaruhnya Te$rhadap Loyali$tas Konsume$n pada Fre$sh Mart Bahu Mall Manado Jurnal Plans Pe$ne$li$ti$an I$lmu Manaje$me$n & Bi$sni$s, 14(1), 17–21 https://doi$.org/2341-0421.html/jop.2020,12

Panji$ E$ka Prase$tyo. Brand Ambassador Dan Pe$ngaruhnya Te$rhadap Ke$putusan Pe$mbe$li$an Yang Di$me$di$asi$ Ole$h Ci$tra Me$re$k (Studi$ Kasus Pada XL Axi$ata Di$ Pe$lajar Dan Mahasi$swa Yogyakarta). Jurnal Apre$si$asi$ E$konomi$, 8(2), 203–211. https://doi$.org/10.54106/jae$.r27i$1.89

Purwanto, Y., Sahe$tapy, L., Manage$me$nt, P. B., Manaje$me$n, P. S., Bi$sni$s, F., & Si$walanke$rto, J. (2022). Pe$ngaruh Conte$nt Marke$ti$ng Pada Brand Ski$ncare$ Some$thi$nc. Agora, 10(1). Spani$sh Journal of Marke$ti$ng, Vol. 21 I$ssue$ 1. Spai$n: E$lse$vi$e$r. 77-92 https://doi$.org/10.52316/jptn.v2i$1.90

Rahmani$, R. G., Bursan, R., MS, M., & Wi$ryawan, D. (2022). Pe$ngaruh Ce$le$bri$ty E$ndorse$me$nt, Brand I$mage$ Dan Brand Trust Te$rhadap Ke$putusan Pe$mbe$li$an Produk (Studi$ pada Some$thi$nc by I$re$ne$ Ursula). E$KOMBI$S RE$VI$E$W: Jurnal I$lmi$ah E$konomi$ Dan Bi$sni$s, 10(S1), 431–438. https://doi$.org/10.37676/e$kombi$s.v10i$s1.2006

Ste$ri$e$, W. G., Massi$e$2, J. D. D., & Soe$pono, D. (2019). Pe$ngaruh Brand Ambassador Dan Brand I$mage$ Te$rhadap Ke$putusan Pe$mbe$li$an Produk Pt. Te$le$si$ndo Shop Se$bagai$ Di$stri$butor Utama Te$lkomse$l Di$ Manado. Jurnal E$MBA, 7(4), 3139–3148.

Sugi$yono (2019). Me$tode$ Pe$ne$li$ti$an Kuanti$tati$f, Kuali$tati$f, dan R&D, ALFABE$TAS, Bandung. I$SBN: 978-602-289-533-6.

Wardani$, E$. S., & Santosa, A. (2020). The$ i$nflue$nce$ of Hallyu, brand ambassador and brand i$mage$ on the$ consume$r purchase$ de$ci$si$on on Nature$ Re$publi$c products i$n Yogyakarta. Jurnal Apre$si$asi$ E$konomi$, 8(2), 203–211.

Wi$jayanto, S.H. (2021), “Me$todologi$ Pe$ne$li$ti$an”, KBM I$ndone$si$a, Bojone$goro. I$SBN: 361-452-6221-96-2.

Ye$, Q., Law, R., Gu, B. and Che$n, W. (2019), “The$ i$nflue$nce$ of use$r-ge$ne$rate$d conte$nt on trave$le$r be$havi$or: An e$mpi$ri$cal i$nve$sti$gati$on on the$ e$ffe$cts of e$-word-of-mouth to hote$l onli$ne$ booki$ngs”, Compute$rs i$n Human Be$havi$or, Vol. 27 No. 2, pp. 634–639.

Downloads

Published

2025-02-23

How to Cite

Salsabila, A. E., & Brahmayanti, I. A. S. (2025). PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND AMBASSADOR DAN E-WOM TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK BENING’S SKINCARE. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 2893–2903. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41260

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.