PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND AMBASSADOR DAN E-WOM TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK BENING’S SKINCARE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41260Keywords:
Brand Image, Brand Ambassador, e-Wom dan Purchase IntentionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh brand image, brand ambassador dan e-wom terhadap purchase intention produk Bening’s Skincare. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, teknik pengumpulan data yaitu dengan menyebarkan kuesioner melalui google form, analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Sampelnya terdiri dari 97 responden. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa semua indikator valid dan reliabel. Hasil dari uji T menyatakan bahwa brand image, brand ambassador dan e-wom berpengaruh signifikan terhadap purchase intention. Hasil dari uji F menyatakan bahwa brand image, brand ambassador dan e-wom berpengaruh secara simultan terhadap purchase intention produk Bening’s Skincare. Sedangkan hasil dari uji R² menunjukkan bahwa pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 97,2% sedangkan sisanya 2,8% dipengaruhi variabel lain diluar model penelitian.References
Adri$an, J., Bulle$ti$n, S., Xi$aohong, W., Mi$ngji$e$, X., Ji$an, J., Baoli$ng, Y., Yanlong, S., We$i$, H., Li$, L., & Yi$, Z. (2020). Jurnal Manaje$me$n Unud, Vol. 5, No.8, 2016: 4951-4982 I$SSN : 2302-8912 Pe$ngaruh Ke$putusan Pe$mbe$li$an Se$patu Conve$rse$. Agora, i$. 29(3), 190–195.
Che$vali$e$r, J. A., & Mayzli$n, D. (2021). The$ e$ffe$ct of word of mouth on sale$s: Onli$ne$ book re$vi$e$ws. Journal of Marke$ti$ng Re$se$arch, 43(3), 345–354.
Fakhrudi$n, A., Vale$ri$a, M., & Awan. (2022). Bauran Pe$masaran. Bauran Pe$masaran, 3, 2013–2015. Jurnal I$nspi$rasi$ Bi$sni$s Dan Manaje$me$n, 1(2), 99. https://doi$.org/10.36703/ji$bm.v1i$2.965
He$ri$ Mahyuzar, & Tundo, T. (2022). Pe$ngaruh E$-Wom Dalam Me$me$di$asi$ Hubungan Antara Di$gi$tal Marke$ti$ng Acti$vi$ti$e$s Dan I$nte$nti$on To Buy Di$ Tokope$di$a. Journal of Di$gi$tal Busi$ne$ss and Manage$me$nt, 1(2), 104–113. https://doi$.org/10.32639/jdbm.v1i$2.182
Hanjani$, A., 12prodi$, W., Bi$sni$s, A., Komuni$kasi$, F., & Bi$sni$s, D. (2019). Consume$r Purchase$ I$nte$nti$on: The$ E$ffe$ct of Gre$e$n Brand and Gre$e$n Knowle$dge$ on I$ndone$si$an Ne$stle$ Company Mi$nat Be$li$ Konsume$n: Dampak Gre$e$n Brand dan Gre$e$n Knowle$dge$ pada Pe$rusahaan Ne$stle$ I$ndone$si$a. JURNAL SE$KRE$TARI$S & ADMI$NI$STRASI$ BI$SNI$S Journal Home$page$, I$I$I$(1), 39–50. http://jurnal.asmtb.ac.i$d/i$nde$x.php/jsab
Kotle$r, P., & Ke$lle$r, L. (2020). Marke$ti$ng Manage$me$nt 15th e$di$ti$on. Ne$w Je$rse$y : Pre$ti$nce$ Hall. https://doi$.org/60.36703/jph.v1i$2.647
Kotle$r, P., & Ke$lle$r, K. L. (2019). MARKE$TI$NG MANAJE$ME$N. I$n Solde$ri$ng & Surface$ Mount Te$chnology (Vol. 13, I$ssue$ 3). Https://Doi$.Org/10.1108/Ssmt.2001.21913cab.040
Ke$lle$r, Ke$vi$n Lane$. (2019). Strate$gi$c Brand Manage$me$nt: Journal of Product & Brand Manage$me$nt (Onli$ne$). 14/1, 2005, 4-13 https://doi$.org/1061-0421.html/jop.2020,12
Li$yono, A. (2022). Pe$ngaruh Brand I$mage$, E$le$ctroni$c Word of Mouth (E$-Wom) Dan Harga Te$rhadap Ke$putusan Pe$mbe$li$an Produk Ai$r Mi$num Galon Crystalli$ne$ Pada Pt. Pancaran Kasi$h Abadi$. Jurnal E$konomi$ Manaje$me$n Dan Bi$sni$s, 3(1), 73–91. https://doi$.org/10.32815/jubi$s.v3i$1.1089
Le$a-Gre$e$nwood, G. (2012). Fashi$on marke$ti$ng communi$cati$ons. John Wi$le$y & Sons. Manage$me$nt Sci$e$nce$ Le$tte$rs, 10, 2139–2146. https://doi$.org/10.5267/j.msl.2020.3.023
Luki$tani$ngsi$h, A., Cahya, A. D., & Octavi$an, P. (2024). Pe$ngaruh Brand Ambassador NCT Dre$am, E$-WOM, dan Brand I$mage$ te$rhadap Purchase$ I$nte$nti$on pada Produk Mi$e$ I$nstan Le$moni$lo. Jurnal Maksi$pre$ne$ur: Manaje$me$n, Kope$rasi$, dan E$ntre$pre$ne$urshi$p, 13(2), 497-513.
Masyi$ta, D. A., & Yuli$ati$, A. L. (2020). Pe$ngaruh brand ambassador di$an sastrowardoyo te$rhadap brand i$mage$ produk make$up L’ORE$AL PARI$S (studi$ pada konsume$n L’ORE$AL kota BANDUNG). Jurnal Ri$se$t Akuntansi$ Me$rcu Buana, 3(1), 41. https://doi$.org/10.26486/jramb.v3i$1.408
Phi$li$p Kotle$r , Bauran Pe$masaran (Marke$ti$ng Mi$x) Pe$ngaruhnya Te$rhadap Loyali$tas Konsume$n pada Fre$sh Mart Bahu Mall Manado Jurnal Plans Pe$ne$li$ti$an I$lmu Manaje$me$n & Bi$sni$s, 14(1), 17–21 https://doi$.org/2341-0421.html/jop.2020,12
Panji$ E$ka Prase$tyo. Brand Ambassador Dan Pe$ngaruhnya Te$rhadap Ke$putusan Pe$mbe$li$an Yang Di$me$di$asi$ Ole$h Ci$tra Me$re$k (Studi$ Kasus Pada XL Axi$ata Di$ Pe$lajar Dan Mahasi$swa Yogyakarta). Jurnal Apre$si$asi$ E$konomi$, 8(2), 203–211. https://doi$.org/10.54106/jae$.r27i$1.89
Purwanto, Y., Sahe$tapy, L., Manage$me$nt, P. B., Manaje$me$n, P. S., Bi$sni$s, F., & Si$walanke$rto, J. (2022). Pe$ngaruh Conte$nt Marke$ti$ng Pada Brand Ski$ncare$ Some$thi$nc. Agora, 10(1). Spani$sh Journal of Marke$ti$ng, Vol. 21 I$ssue$ 1. Spai$n: E$lse$vi$e$r. 77-92 https://doi$.org/10.52316/jptn.v2i$1.90
Rahmani$, R. G., Bursan, R., MS, M., & Wi$ryawan, D. (2022). Pe$ngaruh Ce$le$bri$ty E$ndorse$me$nt, Brand I$mage$ Dan Brand Trust Te$rhadap Ke$putusan Pe$mbe$li$an Produk (Studi$ pada Some$thi$nc by I$re$ne$ Ursula). E$KOMBI$S RE$VI$E$W: Jurnal I$lmi$ah E$konomi$ Dan Bi$sni$s, 10(S1), 431–438. https://doi$.org/10.37676/e$kombi$s.v10i$s1.2006
Ste$ri$e$, W. G., Massi$e$2, J. D. D., & Soe$pono, D. (2019). Pe$ngaruh Brand Ambassador Dan Brand I$mage$ Te$rhadap Ke$putusan Pe$mbe$li$an Produk Pt. Te$le$si$ndo Shop Se$bagai$ Di$stri$butor Utama Te$lkomse$l Di$ Manado. Jurnal E$MBA, 7(4), 3139–3148.
Sugi$yono (2019). Me$tode$ Pe$ne$li$ti$an Kuanti$tati$f, Kuali$tati$f, dan R&D, ALFABE$TAS, Bandung. I$SBN: 978-602-289-533-6.
Wardani$, E$. S., & Santosa, A. (2020). The$ i$nflue$nce$ of Hallyu, brand ambassador and brand i$mage$ on the$ consume$r purchase$ de$ci$si$on on Nature$ Re$publi$c products i$n Yogyakarta. Jurnal Apre$si$asi$ E$konomi$, 8(2), 203–211.
Wi$jayanto, S.H. (2021), “Me$todologi$ Pe$ne$li$ti$an”, KBM I$ndone$si$a, Bojone$goro. I$SBN: 361-452-6221-96-2.
Ye$, Q., Law, R., Gu, B. and Che$n, W. (2019), “The$ i$nflue$nce$ of use$r-ge$ne$rate$d conte$nt on trave$le$r be$havi$or: An e$mpi$ri$cal i$nve$sti$gati$on on the$ e$ffe$cts of e$-word-of-mouth to hote$l onli$ne$ booki$ngs”, Compute$rs i$n Human Be$havi$or, Vol. 27 No. 2, pp. 634–639.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Annisaa Ermi Salsabila, Ida Ayu Sri Brahmayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.