PENGEMBANGAN MEDIA KADO RAYA (KARTU DOMINO RAGAM BUDAYA) BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 2 MASBAGIK TIMUR

Authors

  • Mita Haritsa Universitas Hamzanwadi
  • Sri Setyawati Mulianingsih Universitas Hamzanwadi
  • Muchamad Triyanto Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Husni Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.32583

Keywords:

Canva, Hasil Belajar, Kartu domino, Media, Ragam Budaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ajar berupa KADO RAYA (Kartu Domino Ragam Budaya) yang dibuat melalui aplikasi canva dan untuk menjelaskan keefektifan media KADO RAYA dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Masbagik Timur. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model Borg & Gall. Teknik dalam mengumpulkan data melalui wawancara, angket, dan  tes yakni pre-test dan post-test. Data dianalisis menggunakan data validasi dan analisis uji-t. Hasil penelitian ini berupa produk KADO RAYA (Kartu Domino Ragam Budaya) dengan penilaian uji kelayakan produk dari ahli media sebesar 97,5% dengan kategori sangat valid dan layak, dari ahli materi sebesar 100% dengan kategori sangat valid dan layak, sedangkan hasil penilaian siswa pada uji coba skala kecil sebesar 94,5%, dan hasil validasi ahli praktisi sebesar 100%, validasi ahli soal sebesar 95% dengan kategori sangat valid. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media KADO RAYA yang ditunjukkan dengan hasil nilai pre-test dan post-test menggunakan rumus uji-t yang memperoleh hasil  lebih besar dari pada  yakni 8,738  2,051. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan media KADO RAYA sangat efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Masbagik Timur.

References

Adawiyah, A. R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan Media Kartu Domino pada Pembelajaran Matematika Operasi Perkalian Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2370–2376. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1224

Antara, M., & Yogantari, M. V. (2018). Keragaman Budaya Indonesia Sumber Inovasi Industri Kreatif. Senada, 1, 292–301.

Anwar F & Pajarianto, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran “Telaah Perspektif Pada Era Society 5.0. In Pengembangan Media Pembelajaran.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Bumi Aksara.

Devantari, N. M. A. V., Wiyasa, I. K. N., & Wulandari, I. G. A. A. (2024). Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Berbasis Problem Based Learning Efektif Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda Kelas Iv Sd. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1520–1527.

Febriana, T., Suneki, S., Suyoto, S., & Rochajati, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Sinektik, 6(1), 32–37. https://doi.org/10.33061/js.v6i1.8681

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.

Mulyawati, I., & Kowiyah, K. (2018). Pembelajaran Matematika dan IPA Guru SD Melalui Media Pembelajaran Visual. Jurnal SOLMA, 7(2), 247. https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.1652

Nurani, D., Anggraini, L., Misiyanto, & Mulia, K. R. (2022). Buku Saku Serba-Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. In Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Prebriantri, D., Anwar, K., & Jamhuri. (2020). Rudi Susilana dan Cepi Riyana, Media Pembelajaran , (Bandung: CV Wacana Prima, 2009). Hal 176 18. Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 18–28.

Rizky Baihaqi, M., & Abdul Muiz Lidinillah, D. (2018). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Pengembangan Media Kartu Nusantara untuk Pembelajaran IPS Kelas IV SDN pada Materi Keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya. All Rights Reserved, 5(2), 47. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Sari, D. D. P., Halidjah, S., & Ghasya, D. A. V. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENYIMAK TEKS NARASI BERBANTUAN AUDIO VISUAL DI KELAS IV SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan kuantitatif kualitatif dan R dan D. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Susetyo, B. (2010). Statistika Untuk Analisis Data Penelitian Dilengkapi Cara Perhitungan dengan SPSS dan MS Office Excel. PT. Refika Aditama.

Syafaruddin. (2012). Inovasi Pendidikan Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan. In Psychology Applied to Work: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, Tenth Edition Paul.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003).

Wirda, Y., Ulumudin, I., Widiputera, F., Listiawati, N., & Fujianita, S. (2020). FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2024-09-10

How to Cite

Haritsa, M. ., Mulianingsih, S. S. ., Triyanto, M. ., & Husni, M. . (2024). PENGEMBANGAN MEDIA KADO RAYA (KARTU DOMINO RAGAM BUDAYA) BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 2 MASBAGIK TIMUR . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12926–12934. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.32583