HUBUNGAN ANTARA FAKTOR DEMOGRAFIS DENGAN GEJALA PSIKOLOGIS: ANALISIS DATA SRQ
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42796Keywords:
Usia, Jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan, Gejala Psikologis, SRQ, Kesehatan MentalAbstract
Kesehatan jiwa merupakan aspek penting yang sering kali kurang mendapat perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara faktor demografis (usia, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan) dengan gejala psikologis menggunakan data SRQ (Self-Reporting Questionnaire) di masyarakat desa. Metode dalam penelitian ini dengan desain crossectional , sampel yang digunakan yaitu total sampling atau seluruh data yang terekap dalam rekap data SRQ sebanyak 215 data responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada hubungan signifikan antara usia (p-value 0.891) dan jenis kelamin (p-value 0.802) dengan gejala psikologis. Namun, tingkat pendidikan menunjukkan hubungan signifikan (p-value 0.036), Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa usia dan jenis kelamin tidak memiliki hubungan signifikan dengan gejala psikologis, sedangkan pada variabel tingkat pendidikan, hasil uji statistik menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dengan gejala psikologis. Penelitian ini menyarankan pentingnya peningkatan akses pendidikan di daerah dengan tingkat pendidikan rendah untuk mendukung kesehatan mental masyarakat. Selain itu, dukungan sosial dan kebijakan yang memperhatikan faktor-faktor demografis diharapkan dapat membantu mengurangi prevalensi gangguan psikologis. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi pengaruh status ekonomi, kondisi keluarga, dan akses ke layanan kesehatan mental terhadap gejala psikologis di masyarakat.References
Alonso Debreczeni, F., & Bailey, P. E. (2021). A systematic review and meta-analysis of subjective age and the association with cognition, subjective well-being, and depression. The Journals of Gerontology: Series B, 76(3), 471-482.
Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Prentice-Hall.
Bennett, H. (2014). The relationship between age and mental health outcomes. Journal of Mental Health, 23(2), 75-82.
Biddle, S. J., & Asare, M. (2011). Physical activity and mental health in children and adolescents: A review of reviews. British Journal of Sports Medicine, 45(11), 886-895. https://doi.org/10.1136/bjsports-2011-090185
Bronfenbrenner, U. (1979). The Ecology of Human Development: Experiments by Nature and Design. Harvard University Press.
Craft, L. L., & Perna, F. M. (2004). The benefits of exercise for the clinically depressed. Primary Care Companion to The Journal of Clinical Psychiatry, 6(3), 104-111. https://doi.org/10.4088/PCC.v06n0301
Chevalier, A., & Feinstein, L. (2006). Sheepskin or prozac: The causal effect of education on mental health. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.923530
Flett, G. L., Hewitt, P. L., & Singer, L. M. (2006). Perfectionism, stress, and psychological distress: The role of self-criticism and dependency. Journal of Social and Clinical Psychology, 25(4), 420-439.
Husni, M., Baidah, B., Yuhansyah, Y., Ernawati, E., Asnuriyati, W., & Mawarni, T. (2024). Faktor determinan yang berpengaruh pada masalah psikososial pada remaja di SMPN 1 Tabunganen. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 739-748.
Husni, M., Baidah, B., Asnuriyati, W., & Mawarni, T. (2024). Hubungan antara kesehatan mental dan kualitas hidup pada individu dengan penyakit kronis. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11385-11392.
Kamaruddin, I., Husni, M., Annisa, F., Andika, A., Judijanto, L., Asman, A., ... & Nizeyumukiza15, E. (2024). Sport and mental health among Indonesian adults: Evidence from Indonesia Family Life Survey.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI.
Kondirolli, F., & Sunder, N. (2022). Mental health effects of education. Health Economics, 31(S2), 22–39. https://doi.org/10.1002/hec.4565
Lengua, L. J., & Stormshak, E. A. (2000). Gender, gender roles, and personality: Gender differences in the prediction of coping and psychological symptoms. Sex Roles, 43, 787-820.
Lantz, P. M., House, J. S., Mero, R. P., & Williams, D. R. (2005). Socioeconomic factors, health behaviors, and mortality: Results from a nationally representative prospective study of US adults. JAMA, 294(21), 2748-2755.
Mahalik, J. R., Burns, S. M., & Syzdek, M. (2007). Masculinity and perceived normative health behaviors as predictors of men’s health behaviors. Social Science & Medicine, 64(11), 2201-2209.
Niemeyer, H., Bieda, A., Michalac, J., & Margraf, J. (2019). Education and mental health: Do psychosocial resources matter? SSM - Population Health, 7, 100392. https://doi.org/10.1016/j.ssmph.2019.100392
Nolen-Hoeksema, S. (2012). Emotion regulation and psychopathology: The role of gender. Annual Review of Clinical Psychology, 8, 161-187.
Östberg, V., Åhlén, J., & Brolin Låftman, S. (2020). Educational attainment and symptoms of anxiety and depression in young adulthood. Journal of Affective Disorders, 264, 108-113. https://doi.org/10.1016/j.jad.2019.11.080
Perry, B. L., et al. (2018). Physical activity, mental health, and social well-being: A systematic review. BMC Public Health, 18, 1088. https://doi.org/10.1186/s12889-018-5935-2
Rebar, A. L., et al. (2015). Physical activity and well-being: The mediating role of psychological factors. Health Psychology Review, 9(3), 327-350. https://doi.org/10.1080/17437199.2014.992231
Sarason, I. G., & Sarason, B. R. (2005). Social Support: Mapping the Terrain. The Guilford Press.
Wilkins, K. (2014). Mental health and social support: The role of education. Psychiatric Services, 65(3), 318-324.
World Health Organization (WHO). (1994). A User's Guide to the Self-Reporting Questionnaire (SRQ). World Health Organization.
World Health Organization (WHO). (2021). Mental health: Strengthening our response. Retrieved from https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/mental-health-strengthening-our-response
World Health Organization (WHO). (2022). Mental health: Strengthening our response. World Health Organization. Diakses dari https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/mental-health-strengthening-our-response
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Husni , Baidah Baidah , Matini Ma’rifatana Humaira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.