ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA BIDANG MORFOLOGI PADA PORTAL BERITA ONLINE ESENSINEWS.COM

Authors

  • Nanda Argi Noer Faradilla Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Rismawati Ariesta Wulandari Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Wahyu Putantri Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Chafit Ulya Universitas Sebelas Maret Surakarta

Keywords:

kajian morfologi, portal berita online, afiksasi, kata baku, kata majemuk.

Abstract

Dewasa ini banyak sekali ditemukan kesalahan berbahasa pada portal berita online. Berbagai macam kesalahan berbahasa tersebut mampu dengan bebas menyebar luas dan menciptakan dampak buruk bagi pemakaian bahasa secara baik dan benar dalam masyarakat. Oleh karena itu, dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesalahan penggunaan bahasa dalam tataran morfologi pada portal berita online; (2) memperbaiki kesalahan-kesalahan berbahasa dalam tataran morfologi pada portal berita online. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak catat. Penggunaan teknik simak dilakukan dengan menyimak data penggunaan bahasa dan teknik catat dilakukan dengan mencatat apa saja bentuk kesalahan berbahasa yang dilakukan serta menganalisis sesuai bentuk kesalahannya. Hasil penelitian menunjukkan adanya 25 kesalahan pada 12 artikel yang termuat dalam portal berita online Esensinews.com. Kesalahan tersebut terdiri atas 5 kesalahan penghilangan afiks, 11 kesalahan penggunaan afiks, 2 kesalahan penulisan kata baku, 3 kesalahan penulisan afiksasi yang tidak luluh, dan 4 kesalahan penulisan kata majemuk.

Author Biographies

Nanda Argi Noer Faradilla, Universitas Sebelas Maret Surakarta

<br data-mce-bogus="1">

Rismawati Ariesta Wulandari, Universitas Sebelas Maret Surakarta

<br data-mce-bogus="1">

Wahyu Putantri, Universitas Sebelas Maret Surakarta

<br data-mce-bogus="1">

Chafit Ulya , Universitas Sebelas Maret Surakarta

<br data-mce-bogus="1">

References

Cahya, B. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Morfologi Pada Berita Daring Timlo.net. doi:https://doi.org/10.31227/osf.io/v68t4

Juditha, C. (2013, Desember). Akurasi Berita dalam Jurnalisme Online (Kasus Dugaan Korupsi Mahkamah Konstitusi di Portal Berita Detiknews). Perkommas, 16(3), 145-154.

Ramlan, M. (2012). Morfologi: Suatu Tinjauan Deskriptif (14 ed.). Yogyakarta: CV. Karyono.

Sari, S. W., Qoryah, A. N., Aprilia, O. Y. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi pada Portal Radar Solo Tema Covid-19. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 82-92.

Setyawati, N. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Utami, dkk. (2021). Analisis Kesalahan Morfologi Kata Pada Laman Berita Daring Punlikasi Online.id . Jurnal Skripta, 45-51.

Downloads

Published

2022-01-05