ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN EJAAN PADA MAJALAH TRAVEL CLUB EDISI 396 BULAN SEPTEMBER TAHUN 2021

Authors

  • Nur'aini Oktaviyanti Universitas Sebelas Maret
  • Afi Imroatul Mufidah Universitas Sebelas Maret
  • Ani Nur Aini Rohaniyah
  • Yuslima Bintang Hakiki
  • Chafit Ulya Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Kesalahan Ejaan, Huruf, Kata, Tanda Baca, Kata Serapan.

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Ejaan Pada Majalah Travel Club Edisi 396 Bulan September Tahun 2021”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa pada tataran ejaan dalam penulisan majalah Travel Club Edisi 396/September 2021 serta melakukan pengoreksian sesuai dengan kaidah kebahasaan yang telah ditetapkan. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif menggunakan metode pengumpulan data dengan cara membaca keseluruhan majalah lalu mencatat kesalahan-kesalahan ejaan yang ditemukan. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Langkah penelitian diawali dengan membaca majalah, mengidentifikasi kesalahan, mengklasifikasi kesalahan sesuai kategori, dan melakukan koreksi pada kesalahan tersebut. Kategori kesalahan yang ditemukan meliputi kesalahan penggunaan huruf, kesalahan penulisan kata, kesalahan penggunaan tanda baca, dan kesalahan pemakaian kata serapan kemudian . Hasil pembahasan menunjukkan bahwa terdapat 106 kesalahan pada penulisan majalah Travel Club Edisi 396/September 2021 dengan rincian 66 kesalahan penggunaan huruf, 16 kesalahan penulisan kata, 15 kesalahan penggunaan tanda baca, dan 9 kesalahan pemakaian kata serapan.

Author Biography

Chafit Ulya , Universitas Sebelas Maret

<br data-mce-bogus="1">

References

Abdiah, N. M. 2018. Analisis Kesalahan Huruf Kapital dan Kata Depan Berdasarkan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) pada Paragraf Narasi Siswa Kelas X Semester Genap SMA Syarif Hidayatullah, Bekasi (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Afiana, N. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Tataran Ejaan dalam Karangan. Konferensi Ilmiah Dasar, 1(1), 68-78.

Alfin, J. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surabaya.

Ariningsih, N., Sumarwati, & Saddono, K. 2012. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 1(1), 40-53.

Fitriani, A., Mahardika, E. F., Maulana, M. Y., & Ulya, C. 2021. Analisis kesalahan berbahasa tataran ejaan pada majalah “Mulia” edisi April 2020. Jurnal Genre, III, 1-9.

Juanda, Sobarna, C., & Darheni, N. 2017. Pembinaan Bahasa Indonesia. Yogyakarta: PT Kanisius.

Khotijah, S., & Ismail, B. 2019. Kesalahan Ejaan dalam Penulisan Artikel Web IAIN Surakarta dan Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 di SMP. Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra, 1(1), 63-74.

Lutfiani, K. D. 2020. Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada Teks Eksposisi Karya Siswa Kelas VII SMP. Universitas Negeri Semarang, Fakultas Bahasa dan Seni.

Suryaningsi, D. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII MTs DDI Walimpong Kabupaten Soppeng (Doctoral dissertation, FBS).

Wibowo, I. 2016. Analisis Kesalahan Ejaan dan Kalimat dalam Teks Cerita Pendek Karya Siswa Kelas IX SMP Kanisius Kalasan Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Downloads

Published

2022-01-05