This INOVASI PELAYANAN MASYARAKAT PENYELENGGARAAN ONLINE SINGLE SUBMISSION PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PROVINSI SUMATERA BARAT

Authors

  • Fani Ratny Pasaribu Universitas Ekasakti Padang
  • Nursaadah Khudri Universitas Ekasakti Padang
  • Puryanto Puryanto Universitas Ekasakti Padang
  • Roby Hadi Putra Universitas Ekasakti Padang
  • Onzukrisno Onzukrisno Universitas Ekasakti Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44137

Keywords:

Inovasi, Pelayanan Masyakat, Online Singel Submission

Abstract

Artikel ini membahas inovasi pelayanan masyarakat penyelenggaraan Online Singel Submission pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumatera Barat adalah memberikan pelayanan publik pada masyarakat/investor/penanam modal atas penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan. Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission adalah Perizinan Berusaha yang diterbitkan oleh Lembaga OSS pelaku usaha melalui sistem elektronik yang terintegrasi. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan data berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada pegawai Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sumatera Barat, observasi lapangan, studi kepustakaan dan dari jurnal online.  Hasil dari kegiatan ini adalah menyediakan pelayanan publik atas penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan serta sarana dan prasarana dengan tujuan kemudahan kepada masyarakat mendukung kelancaran pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Selain itu, melalui Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan memberikan pelatihan dan bimtek kepada pelaku usaha dan layanan pendampingan terhadap perizinan yang diatur melalui, Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Pemerintah Pemerintah Nomor 6 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha di Daerah

References

REFERENSI

Kotler, Philip, 1990. Marketing Management: Analysis, Planning, Implernentation, and Control. New Delhi: Prentice-Hall of India.

Mirnasari, R. M. (2013). Inovasi Pelayanan Publik UPTD Terminal Purabaya- Bungurasih. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(1), 71-84.

Mulgan and Albury, David. (2003). Innovation in the Public Sector. Discussion paper. The Mall. London

Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurcholis, Hanif, 2005. Teori dan Praktik Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Ed. Revisi, Jakarta: Grasindo, p289-290.

Permendagri Nomor 24 Tahun 2006 tentang PTSP.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 138 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Daerah Terpusat.

Rowley, J. (2006). An analysis of the e‐service literature: towards a research agenda. In Publisher: Emerald Group Publishing Limited (Vol. 16, Issue 3).

Setijaningrum, E. (2016). Inovasi Kebijakan Pelayanan Publik Best Practice di Indonesia. Airlangga University Press.

Suwarno, Yogi. (2008). Inovasi di Sektor Publik. Jakarta: STIA-LAN Press.

UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Downloads

Published

2025-05-15

How to Cite

Pasaribu , F. R., Khudri, N., Puryanto, P., Putra, R. H., & Onzukrisno, O. (2025). This INOVASI PELAYANAN MASYARAKAT PENYELENGGARAAN ONLINE SINGLE SUBMISSION PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PROVINSI SUMATERA BARAT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5114–5123. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44137

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.