ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN MORFOLOGI DAN EBI PADA SURAT KABAR REPUBLIKA

Authors

  • Eko Wahyu Saputro Universitas Sebelas Maret
  • Intan Puspita Universitas Sebelas Maret
  • Nanda Sukmawati Universitas Sebelas Maret
  • Chafit Ulya Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.2750

Keywords:

Kesalahan Berbahasa, Surat Kabar, Morfologi, EBI.

Abstract

Judul dalam penelitian ini adalah “Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Morfologi dan EBI pada Surat Kabar Republika”. Penelitian ini bertujuan menganalisis kesalahan berbahasa dan pembetulannya pada tataran Morfologi dan EBI pada Surat Kabar Republika edisi 16 Oktober 2021 serta mengetahui pentingnya menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar sesuai kaidah yang berlaku. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Untuk mengumpulkan data, menggunakan teknik membaca, yakni pengumpulan data dengan cara membaca surat kabar. Hasil penelitian Kesalahan berbahasa yang dianalisis dalam penelitian ini adalah kesalahan pada tataran Morfologi dan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI). Pada tataran Morfologi aspek yang dianalisis meliputi kesalahan penggunaan afiksasi (imbuhan). Sementara, pada Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) aspek yang dianalisis meliputi kesalahan penggunaan kata baku, penggunaan kata serapan, penggunaan huruf kapital, penggunaan tanda baca hubung dan koma. Penelitian ini mengambil sampel berupa Surat Kabar Republika Edisi 16 Oktober 2021. Kesalahan penulisan tataran morfologi terdapat satu kesalahan penggunaan prefiks me(N) dan kesalahan penulisan tataran Ejaan terdapat 29 kesalahan, meliputi: 24 kesalahan penggunaan kata baku, dua kesalahan pada penggunaan huruf kapital, satu kesalahan penggunaan tanda hubung, satu kesalahan penggunaan tanda baca koma, dan satu kesalahan penggunaan preposisi di.

Author Biographies

Eko Wahyu Saputro, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret

Intan Puspita, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret

Nanda Sukmawati, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret

Chafit Ulya, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret

References

Alber, Febria, R., & Fatmalia, R. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Morfologi dalam Tajuk Rencana Surat Kabar Kompas. GERAM (Gerakan Aktif Menulis), 6, 1-8.

Andini, I. D. (2018). Analisis Kesalahan Kaidah Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) dalam Artikel Kesehatan dan Artikel Hiburan Radar Mojokerto Edisi Bulan Januari-Februari 2018 Serta Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Matapena: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1, 129-150.

Nisa, K. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Berita dalam Media Surat Kabar Sinar Indonesia Baru. Jurnal Bindo Sastra, 2, 218-224.

Nugroho, E. F. (2018). Kesalahan Afiksasi Pada Judul Berita dalam Surat Kabar Solopos Edisi Mei 2018 dan Implementasinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.

Nurwicaksono, B. D., & Amelia, D. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Teks Ilmiah Mahasiswa. AKSIS, 2, 138-153.

Sari, D. R., Fadhilah, A. M., & Nucifera, P. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) Pada Kolom Opini Surat Kabar Serambi. Samudra Bahasa, 25-31.

Sari, K., Nurcahyo, R. J., & Kartini. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Majalah Toga Edisi III Bulan Desember Tahun 2018. Jurnal IMAJERI, 2, 11-23.

Suardi, I. P., R, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3, 266-273.

Wiana, D. (2019). Kesalahan Bahasa Indonesia Pada Tajuk Rencana Surat Kabar Kota Medan (Fenomena Bahasa di Ranah Media Cetak). Prosiding Sembadra Universitas Sriwijaya, 2, 219-224.

Downloads

Published

2022-01-05