ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA TATARAN MORFOLOFI, EBI, DAN SINTAKSIS BUKU TEKS SOSIOLOGI KELAS X SMA

Authors

  • Maulana Danar Maaliki H Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
  • Ryan Anggara Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
  • Yumna Nafisah Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
  • Chafit Ulya Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1307

Keywords:

Kesalahan Berbahasa, Buku Teks Sosiologi, Morfologi, EBI, Sintaksis

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Tataran Morfologi, EBI, dan Sintaksis Buku Teks Sosiologi Kelas X SMA”. Tujuan utama pada artikel ini adalah analisis kesalahan dan pembenaran kaidah berbahasa pada tataran morfologi, EBI, dan sintaksis pada buku teks Sosiologi kelas X SMA karya Ruswanto. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode baca-catat, yaitu suatu metode pengumpulan data dengan cara membaca bahan ajar. Kesalahan kaidah penulisan yang dianalisis pada penelitian ini adalah kesalahan morfologi, kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI), dan kesalahan sintaksis. Aspek kesalahan morfologi yang dianalisis pada penelitian ini adalah kesalahan penggunaan prefiks. Analisis kesalahan penulisan pada tataran Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) dalam penelitian ini adalah kesalahan pemakaian tanda baca. Kesalahan sintaksis yang ditemukan penelitian ini berupa kesalahan struktur kalimat efektif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini merupakan buku teks sosiologi kelas X SMA KD 3.1 dan 4.1 yang diambil dari buku karya Ruswanto.

Author Biographies

Maulana Danar Maaliki H, Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret

Ryan Anggara, Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret

Yumna Nafisah, Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret

Chafit Ulya, Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret

References

Abdul Chaer. 2008. Morfologi Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta

Anjarsari, N., Suwandi, S., & Mulyono, S. (2013). Analisis kesalahan pemakaian bahasa Indonesia dalam karangan mahasiswa penutur bahasa asing di Universitas Sebelas Maret.

Angkowo, Kosasih. 2011. Optimalisasi Media Pembelajaran.Jakarta : PT. Grasindo

Ariningsih, N. E., Sumarwati, S., & Saddhono, K. (2012). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas. BASASTRA, 1(1).

Ayudia, A., Suryanto, E., & Waluyo, B. Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Laporan Hasil Observasi Pada Siswa SMP. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 4(1), 34-49.

Ervina, Y. (2017). Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Artikel pada Majalah Dinding di SMA N 2 Solok Selatan (Doctoral dissertation, STKIP PGRI SUMATERA BARAT).

Hasanudin, C. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Penulisan Media Luar Ruang Di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra UPI, 17(1), 120-129.

Jati, R. R. (2019). SEMANTICS IN OBEY CLOTHING T-SHIRT DISCOURSE: A STUDY OF SEMANTICS. Apollo Project: Jurnal Ilmiah Program Studi Sastra Inggris, 8(2). https://doi.org/10.34010/apollo.v8i2.2110

Johan, G. M., & Ghasya, D. A. V. (2017). Analisis kesalahan morfologis dalam proses diskusi siswa sekolah dasar. Visipena Journal, 8(1), 124-134.

Lestari, S. A. (2019). Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia (Ebi) Dalam Website Detik. Com (Doctoral dissertation).

Nurwicaksono, B. D., & Amelia, D. (2018). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada teks ilmiah mahasiswa. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 138-153.

Pateda, Mansoer. 1989. Analisis Kesalahan. Flores: Penerbit Nusa Indah

Priyono, Y. (2012). Analisis kesalahan berbahasa bidang morfologi pada mading di Universitas Muhammadiyah Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Pusat Perbukuan. 2006. Pedoman Penulisan Buku Pelajaran, Pemetaan tentang Nosi dan Fungsi di dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Rindyana, B. S. B., & Chandra, T. D. (2012). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan analisis Newman (Studi Kasus MAN Malang 2 Batu). Artikel Ilmiah Universitas Negeri Malang, 1(2).

Ruswanto. 2009. Sosiologi. Jakarta: Mefi Caraka

Sardila, V. (2016). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. An-Nida', 40(2), 110-117.

Sari, D. R. (2019). ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN BAHASA INDONESIA (EBI) PADA KOLOM OPINI SURAT KABAR SERAMBI. Jurnal Samudra Bahasa, 2(1), 25-31.

Setiawan, D. A. (2016). Analisis Kesalahan Sintaksis Bahasa Indonesia dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VI SDN Kanigoro 02 Kecamatan Pagelaran yang Berbahasa Ibu Bahasa Madura. Pancaran Pendidikan, 5(3), 25-36.

Setyawati, Nanik. 2010. “Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia”. Surakarta: Yuma Pustaka.

Tobing, R. L. (2003). Analisis Kesalahan Sintaksis Bahasa Prancis oleh Pembelajar Berbahasa Indonesia: Sebuah Studi Kasus. Jurnal Humaniora, 15(3), 327-335

Tussolekha, R. (2019). Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada Makalah Karya Mahasiswa. AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 20(1).

Downloads

Published

2020-12-24