PENGARUH PEMANFAATAN TIKTOK SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN SKRIPSI MAHASISWA SEMESTER 8 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI

Authors

  • Saepul Anwar Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Heni Wulandari Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Arif Yudianto Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32143

Keywords:

TikTok, Sumber Belajar, Pemahaman.

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada survei terhadap mahasiswa-semester 8 Fakultas Keguruan danIlmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Dari 117 mahasiswa, 87 di antaranya memiliki akun TikTok dan 68 di antaranya pernah menggunakan TikTok untuk mencari informasi terkait skripsi. Ketidakmampuan memahami skripsi dapat berdampak negatif pada hasil penelitian, analisis data, penyusunan argumen, dan kelulusan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemanfaatan TikTok terhadap pemahaman skripsi mahasiswa. Penelitian ini menggunakankuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester 8 FKIP dengan sampel 58 mahasiswa. Metode ini mengukur hubungan antara pemanfaatan TikTok (variabel independen) dan pemahaman skripsi (variabel dependen). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara pemanfaatan TikTok dan pemahaman skripsi mahasiswa. Analisis regresi linear sederhana menghasilkan nilai F hitung 5.478 > F tabel 4.012 dan nilai R Square 0,089 (8,9%), yang menunjukkan bahwa pemanfaatan TikTok berkontribusi sebesar 8,9% terhadap pemahaman skripsi mahasiswa.

References

Afandi, K., Arief, M. H., Laily, N. F., & Nugroho, D. M. (2024). Analisis Performa Akademik Mahasiswa Menggunakan Social Network Analysis (Studi Kasus: Prodi Bisnis Digital Universitas dr. Soebandi). Journal of Technology and Informatics (JoTI), 5(2), 64-69. https://doi.org/10.37802/joti.v5i2.514

Aji, W. N. (2019, December). Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia (Vol. 431, No. 2, Pp. 431-440). https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/pibsi40/article/view/114/80

Ambar, K. (2022). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Akhlakul Karimah Remaja Di Desa Bunton Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap Tahun 2021 (Doctoral Dissertation, Universutas Nahdlatul Ulama Al Ghazali). http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1092

Azis, M. F., Latuan, F. P., Penlaana, V. S., & Kaesmetan, Y. R. (2024). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Website Terbaik Mahasiswa Stikom Uyelindo Kupang Menggunakan Metode TOPSIS. Journal of Technology and Informatics (JoTI), 5(2), 93-100. https://doi.org/10.37802/joti.v5i2.565

Databoks (2023). “Indonesia Punya Pengguna TikTok Terbanyak Ke-2 Di Dunia”. Diakses Pada 17 Januari 2024, Dari Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2023/11/22/Indonesia-Punya-Pengguna-TikTok-Terbanyak-Ke-2-Di-Dunia#:~:Text=Data%20terkait%20menurut%20laporan%20we%20are%20social%20ada,Indonesia%20pada%20oktober%202023%2c%20terbanyak%20ke-2%20di%20dunia.

Hidayat, N. M., Nasrullah, M., & Istyanto, N. P. (2022). Analisis Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT) Terhadap Penerimaan Adopsi Teknologi E-Learning Pada Fitur Video Conference Di Kalangan Mahasiswa Kampus Baru (Studi Kasus: ITTelkom Surabaya). Journal of Technology and Informatics (JoTI), 4(1), 18-25. https://doi.org/10.37802/joti.v4i1.258

Hightechteacher.Id (2022). “Pendidikan Makin Asyik Dan Menyenangkan Bersama TikTok”. Diakses Pada 21 Januari 2024, Dari Https://Hightechteacher.Id/Optimalkan-TikTok-Untuk-Pendidikan-Dan-Pembelajaran-Di-Era-Digital/

Jeheman, A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191-202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.552

Marini, R. (2019). Pengaruh media sosial tik tok terhadap prestasi belajar peserta didik di SMPN 1 Gunung Sugih Kab. Lampung Tengah (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/8430/1/SKRIPSI.pdf

Ni'mah Ulyn (2020, February). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam. In Conference On Islamic Studies Fai 2019 (Pp. 326-340). http://dx.doi.org/10.30659/cois.v0i0.8016

Rahmayani, M., Ramdhani M., & Lubis, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Perilaku Kecanduan Mahasiswa. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(7), 3327-3343. https://www.academia.edu/download/95505091/2262.pdf

Rohani, A. (2019) “Media Insteruksional Edukatif”, (Jakarta: Rineka Cipta)

Tuljannah, W. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Perilaku Ibu Rumah Tangga Di Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultam Syarif Kasim Riau). https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/psik/article/view/12749

Umayah, T. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Mi Nu Nurul Ulum Sukoanyar Pakel Tulungagung, Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(1), 80–86. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jpg/article/view/1397

We Are Social (2023). “Pengguna Media Sosial Di Indonesia Sebanyak 167 Juta Pada 2023”. Diakses Pada 7 Januari 2023, Dari Https://Wearesocial.Com/Id/Blog/2023/01/Digital-2023/

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Anwar, S. ., Wulandari, H. ., & Yudianto, A. . (2024). PENGARUH PEMANFAATAN TIKTOK SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN SKRIPSI MAHASISWA SEMESTER 8 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11035–11042. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32143