EFEKTIVITAS PENGGUNAAN QUIZIZZ DAN KAHOOT SEBAGAI MEDIA PENILAIAN DI SMPN 3 WARUNGKIARA SATU ATAP
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34590Keywords:
Evaluasi Pembelajaran, Media Penilaian, Quizizz, KahootAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan Quizizz dan Kahoot sebagai media penilaian di SMPN 3 Warungkiara Satu Atap pada tahun ajaran 2023-2024. Seiring dengan perkembangan teknologi, integrasi media berbasis TIK dalam proses pembelajaran menjadi semakin penting. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, di mana dua kelompok siswa diberi perlakuan dengan menggunakan Quizizz dan Kahoot. Data dikumpulkan melalui kuesioner, tes pre-test dan post-test, serta wawancara, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik Quizizz maupun Kahoot efektif dalam meningkatkan hasil penilaian siswa, dengan peningkatan nilai post-test yang signifikan pada kedua kelompok. Meskipun terdapat perbedaan kecil dalam efektivitas antara kedua media, perbedaan ini tidak cukup besar untuk menentukan mana yang lebih unggul secara keseluruhan. Kahoot lebih efektif dalam meningkatkan interaktivitas dan motivasi belajar siswa, sementara Quizizz dinilai lebih mudah digunakan. Hasil ini menunjukkan bahwa kedua media penilaian dapat digunakan secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.References
Angraini, T., Saragi, L. N., Jannah, M., & Sopian, M. (2017, December). Perubahan Paradigma Peran Guru Dalam Pembelajaran Era Digital. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. jakarta: Bumi Aksara. Pedagogy.
Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. (2020). Efektifitas kahoot bagi guru dalam pembelajaran di sekolah dasar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 155-162.
Arsyad,azhar 2014. Media Pembelajaran, Jakarta; Raja Grafindo.h.21
Kartika Sari, Fitri. 2020. Analisis Media Pembelajaran berbasis Internet (Quizizz) dalam Pembelajaran Akuntansi. h.1
Lisnani dan Gunadi Emmanuel, 2020 “Analisis Penggunaan Aplikasi Kahoot Dalam Pembelajaran IPA,”Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA,4. 2.hal 155- 167.
LPMP Bengkulu, “Belajar Asyik Dengan Quizizz Ditengah Pandemi Covid-19,” https://lpmpbengkulu.kemdikbud.go.id/blog/belajar-asyik-dengan-quizizz- ditengah-pandemi-covid-19/, akses 08 Desember 2021
Sugiyono, 2018. Metodologi Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta.)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rana Siti Rabiatul Adwiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.