HUBUNGAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PUTRA KELAS V SD NEGERI INPRES ARDIPURA II TAHUN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31437Keywords:
Kesegaran Jasmani, Hasil BelajarAbstract
Milka Hawila Amamehi. 20180111114096 “Hubungan Tingkat Kesegaran Jasmani Dengan Hasil Belajar Siswa Putera Kelas V SD Negeri Inpres Ardipura II Tahun Ajaran 2023/2024. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah hubungan yang signifikan antara tingkat kesegaran jasmani dengan hasil belajar penjas siswa putera kelas V SD Negeri Inpres Ardipura II Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat kesegaran jasmani dengan hasil belajar penjas siswa putera kelas V SD Negeri Inpres Ardipura II Tahun Ajaran 2023/2024.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putera kelas V SD Negeri Inpres Ardipura II yang berjumlah 30 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa putera kelas V SD Negeri Inpres Ardipura II yang berumur 10-12 tahun, sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Teknik sampling yang digunakan adalah Total Sampling. Metode pengambilan data menggunakan metode survey dengan metode Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) dan dokumentasi. Data dari hasil tes diolah dengan menggunakan komputernisasi dengan sistem SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan antara tingkat kesegaran jasmani dengan hasil belajar siswa putera kelas V SD Negeri Inpres Ardipura II Tahun 2023/2024, hal ini ditunjukan dari besarnya nilai rhit yaitu 0.601. Berdasarkan tabel interprestasi nilai r, nilai rhit 0,601 termasuk dalam kriteria cukup. Jadi korelasi antara x data hasil TKJI dan y data hasil belajar adalah cukup.References
American College of Sport Medicine. 2008. ACSM’s Health-Related Physical Fitness Manual 2nd ed. Philadelphia,PA: Lippincott Williams & Wilkins. Available from: http://ebook30.com/science/medicine/50959/acsr- nshealthrelated-physical-fitness-assessmdnt-manual.html (Accessed 2 July 2012).
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Achmad Rifa’i R. C dan Catharina Tri Anni. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press
Departemen Kesehatan RI. 1994. Pedoman Pengukuran Kesegaran Jasmani. Jakarta.
Djoko, Pekik. 2004. Pedoman Praktis Berolahraga untuk Kebugaran dan Kesehatan.Yogyakarta: Andi Offset.
Engkos Kosasih. 1985. Olahraga Teknik dan Program Latihan. Jakarta : Depdikbud.
H. Y. S. Santoso G. Dan Dikdik Zafar S. 2012. Ilmu Faal Olahraga. (Fisiologi Olahraga). Bandung : PT Remaja Rosda Karya.
Khomsin (edt). 2010. Buku Panduan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI). Jakarta : Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani
Sajoto. 1988. Pembinaan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Jakarta : Departeman Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Rio Wakhid. (2023). The Influence of Traditional Sports Invitation on Interest in Learning Physical Education Junior High School Students in Jayapura City. Journal of Physical Education, 12(2), 187–193. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr
Sadoso Sumosardjono. 1986. Pengetahuan Praktis Kesehatan Dalam Olahraga. Jakarta : P.T. Gramedia.
Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Sugiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sukardjo, Nurhasan, 1992, Evaluasi Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sutrisno Hadi. 2004. Statistika jilit 2. Yogyakarta: Andi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Milka Hawila Amamehi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.