IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X MA DARUL ULUM WARU SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.43076Keywords:
Role Playing Method, Learning Motivation, Akidah Akhlak LearningAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan metode Role Playing dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas X MA Darul Ulum Waru Sidoarjo, mengukur efektivitasnya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Role Playing mampu menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, meningkatkan keterlibatan siswa dalam memahami konsep Akidah Akhlak, serta memperkuat motivasi mereka dalam belajar. Faktor pendukung keberhasilan metode ini meliputi antusiasme siswa dalam berpartisipasi, keterlibatan aktif dalam diskusi, dan adanya apresiasi dari guru. Dengan demikian, metode Role Playing dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Optimalisasi pengelolaan waktu dan pendekatan yang lebih fleksibel diperlukan agar penerapan metode ini lebih maksimal.References
Alfiani, D. A. (2015). Penerapan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Play Group. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 1-18.
Anwar, C. (2014). Hakikat Manusia dalam Pendidikan: Sebuah Tinjauan Filosofis. Suka-press, Yogyakarta.
Azizah, N. (2022). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Motivasi Belajar Siswa dalam Menguasai Congratulations Expressions. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 121-131.
Chadijah, S. (2023). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Penerapan Metode Role Playing Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 161-174.
Daulay, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Pada Materi Akhlak Terpuji Siswa Kelas VIII Mts Alittihadiyah Titi Kuning Medan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 6(9), 43-53.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar. Rhineka Cipta, Jakarta.
Hendrik, D., Berlian, Z. E., & Idi, A. (2023). Internalization of Islamic Religious Educational Values Through Role Playing Methods In The Learning of Akidah Akhlak. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12 (04), 2933-2948.
Ilyas, Y. (2011). Kuliah Akidah Islam, Cet XIV. LPPI Pengkajian dan Pengamalan Islam, Yogyakarta.
Kuo, Y. C., & Rho, J. (2020). The Effects Of Role-Playing Games On Students’ Motivation And Learning Outcomes. Computers & Education, 157, 103964.
Mansir, F., Tumin, T., & Purnomo, H. (2020). Role Playing Learning Method in The Subject of Akidah Akhlak at Madrasa. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 191-201.45.
Munawaroh, S. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Role Playing pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Akhlak Terpuji pada Diri Sendiri Kelas VIII A di MTsN 2 Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018. ILUMINASI: Journal of Research in Education, 1(2), 159-172.
Najmudin, D. (2019). Penerapan Model Role Playing dalam Pembelajaran Akidah Akhlak. Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(01), 28-43.
Nusaibah, A. W., Ramadan, W., Ichsan, Y., Alam, M. S. Q., & Safi’i, I. (2021). Implementasi Metode Pembelajaran Role Playing dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak untuk Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik Era Milenial. Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 107-122.
Oktivianto, O. I., Hudaidah, H., & Alian, A. (2018). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Role Playing dengan Media Film terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pelajaran Sejarah Materi Perang Palembang Kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 3(2), 113-118.
Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. Journal Equilibrium, 5 (9), 1–8.
Salsabilla, A., & Masnawati, E. (2024). Penanaman Nilai Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di Sma Islam Parlaungan Waru Sidoarjo. Educativo: Jurnal Pendidikan, 3(1), 35.
Sulistyorini, E., & Kristin, F. (2017). Penerapan Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 8(1), 44-54.
Sulistyorini, E., & Kristin, F. (2017). Penerapan Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 44-54.
Suyitno, I. (2024). Pengaruh Metode Role Play dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Makassar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 6(3), 261-265.
Tan, C. H., & Toh, Y. J. (2021). Role-Play As a Strategy For Enhancing Student Motivation: A Study Of Student Perceptions. Educational Research Review, 16, 22-34.
Uno, H. (2012). Model Pembelajaran. Bumi Aksara, Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Amalia Salsabilla, Dewi Qurrota A'yun, Anggi Windra Kusuma, Salsa Bella Rahmaniyah, Muhammad Lutfi Hidayat, Aji Ariyanto, Mufaizah Mufaizah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




