ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30956Keywords:
Media Digital, Pembelajaran Bahasa Inggris, Efektivitas, Augmented Reality, Virtual RealityAbstract
Penggunaan media digital dalam pembelajaran bahasa Inggris telah menjadi subjek penelitian yang penting dalam konteks pendidikan modern. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media digital, seperti aplikasi pembelajaran, augmented reality (AR), dan virtual reality (VR), dalam meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa. Metode studi literatur digunakan untuk mengeksplorasi berbagai penelitian terbaru dalam lima tahun terakhir, yang dipublikasikan dalam jurnal internasional. Analisis ini mencakup temuan-temuan utama terkait penggunaan media digital dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris, serta tantangan dan manfaat yang terkait dengan implementasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital dapat signifikan meningkatkan keterampilan berbicara, mendengar, kosa kata, dan pengucapan bahasa Inggris siswa. Meta-analisis menunjukkan bahwa alat pembelajaran digital berkontribusi pada peningkatan yang signifikan dalam keterampilan berbicara dan mendengar. Selain itu, penggunaan AR dalam pembelajaran kosa kata dan VR dalam pengajaran pengucapan telah terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan keterlibatan siswa. Namun, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur teknologi dan keterampilan digital perlu diatasi untuk mengoptimalkan penggunaan media digital dalam konteks pendidikan.References
Dewi, K. C., Ciptayani, P. I., Surjono, H. D., & Priyanto. (2019). Blended Learning Konsep dan Implementasi pada Pendidikan. In Kadek Cahya Dewi, S.T., M.Cs Putu Indah Ciptayani, S.Kom., M.Cs Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D Dr. Priyanto, M.Kom (Issue 28).
Hartanti, D., & Kurniawan, M. (2022). Buku Literasi Augmented Reality sebagai Media Pendukung Pembelajaran Aspek Keaksaraan AUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3100–3110.
Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).
Hasanah, I., & Rodi’ah, S. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbantu Media Book Creator Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(2), 23–35.
Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17–28.
Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 225–232.
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Melati, E., Kurniawan, M., Marlina, M., Santosa, S., Zahra, R., & Purnama, Y. (2023). Pengaruh Metode Pengajaran Berbasis Teknologi Terhadap Kemampuan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Menengah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 14–20.
Mubarok, H., & Sofiana, N. (2023). Meaningful Learning Berbasis Kontekstual Dan Konstruktivisme: Model Pembelajaran Bahasa Inggris Alternatif Pada Kurikulum Merdeka. UNISNU PRESS.
Purandina, I. P. Y. (2020). PLUS-MINUSPEMBELAJARAN DARING BAHASA INGGRIS SELAMA PANDEMI COVID-19. Pengalaman Pembelajaran Bahasa Inggris Daring Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19, 153.
Rahman, A. Z., Hidayat, T. N., & Yanuttama, I. (2017). Media Pembelajaran IPA Kelas 3 Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Semnasteknomedia Online, 5(1), 4–6.
Rahmatullah, M. I. (2019). Pengembangan Konsep Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Media E-Learning Pada Mata Pelajaran PJOK di SMA Kota Yogyakarta. Journal Of Sport Education (JOPE), 1(2), 56. https://doi.org/10.31258/jope.1.2.56-65
Saputra, A. M. A., Ramadhani, K., & Ramadhani, S. (2023). PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DI UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR. TEKNOS: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 1(1), 40–52.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tutuk, T. W., Maliki, O., & Wiyanto, A. (2021). Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Materi Renang Melalui Media Aplikasi Zoom Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Negeri 1 Sale Rembang. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 2(3), 347–356. https://doi.org/10.53869/jpas.v2i3.105
Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213–224.
Chen, B., & Liu, Y. (2019). Effectiveness of Mobile Learning on English Listening Comprehension: A Systematic Review. Language Learning & Technology.
Davis, R., Garcia, J., & Choi, M. (2021). Enhancing English Vocabulary Acquisition with Augmented Reality: An Experimental Study. Computer-Assisted Language Learning.
Liu, S., & Zhao, Q. (2022). Virtual Reality as a Tool for Teaching English Pronunciation: An Exploratory Study. Journal of Second Language Pronunciation.
Martinez, L., & Perez, G. (2023). The Role of Gamification in Enhancing English Language Skills: A Review of Recent Studies. International Journal of Educational Research.
Zhang, Y., Li, X., & Yu, H. (2020). The Impact of Digital Learning Tools on English Language Learning: A Meta-Analysis. Journal of Educational Technology.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fibria Cahyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.